Manfaat Buah Nanas Untuk Kanker dan Efek Sampingnya

Buah nanas merupakan buah yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Tidak mengenal musim, buah nanas dapat Anda jumpai setiap saat ketika Anda berada di swalayan, supermarket, toko buah, bahkan pasar tradisional. Buah ini dinilai cukup merakyat dikarenakan harganya yang sangat terjangkau. Namun demikian masih belum banyak orang yang mengenal manfaat buah nanas untuk kanker. Rata-rata buah nanas dikenal dapat menyebabkan keguguran jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai kandungan di dalam buah nanas sehingga dapat memberikan manfaat untuk mencegah sekaligus mengobati penyakit kanker.

Sponsors Link

Buah nanas untuk kanker

Buah nanas memiliki manfaat untuk mengobati penyakit kanker. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa antioksidan dan juga enzim bromelain mampu membunuh sel kanker. Ada beberapa jenis kanker yang dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah nanas secara teratur, antara lain kanker payudara, kanker usus, kanker lambung, kanker tiroid, kanker hati, dan kanker darah. Pada prosesnya, banyak orang yang salah kaprah terhadap kandungan buah nanas. Tidak jarang orang menganggap kandungan enzim bromelain inilah yang dapat membunuh sel kanker.

Padahal, pada kenyataannya, enzim bromelain memiliki fungsi utama untuk meningkatkan sel tubuh dalam melakukan penyerapan. Jadi dengan enzim bromelain yang masuk ke dalam tubuh merangsang membran sel agar dapat menyerap nutrisi dan cairan secara optimal. Dengan penyerapan maksimal inilah tubuh dapat memperoleh nutrisi secara optimal, sehingga organ tubuh dapat melakukan fungsi secara optimal. Dengan demikian, konsumsi buah nanas saja tidak dapat membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit kanker. Sehingga dibutuhkan nutrisi pendukung lainnya yang diperoleh dari sumber lain seperti tanaman obat kanker yang dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit kanker yang diderita.

Berikut ini merupakan proses penyembuhan kanker dengan mengkonsumsi buah nanas:

  1. Buah nanas yang kaya akan enzim bromelain merangsang membran sel untuk menyerap cairan nutrisi di luar sel
  2. Pada proses penyembuhan, penderita kanker disarankan untuk mengkonsumsi tanaman obat kanker sehingga nutrisi penghambat pertumbuhan sel kanker dapat terserap sempurna. Sedangkan pada fase pencegahan, Anda harus memperbanyak konsumsi makanan sehat yang dapat mencegah kanker seperti makanan yang banyak mengandung senyawa antioksidan.
  3. Nutrisi tambahan yang dikonsumsi oleh penderita kanker terserap sempurna dan seiring berjalannya waktu kondisi penderita mulai membaik. Hal ini ditandai dengan area kanker mulai mengering dan peradangan mulai berkurang

Efek Samping Konsumsi Berlebihan Buah Nanas

Meskipun buah nanas dapat digunakan sebagai pencegah sekaligus obat untuk penyakit kanker, bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak. Berikut merupakan efek samping konsumsi buah nanas berlebihan:

1. Menyebabkan nyeri pada persendian

Buah nanas memiliki kandungan glukosa yang sangat tinggi, sehingga saat berada di dalam lambung ketika mengalami bereaksi dengan enzim pencernaan berubah menjadi alkohol. Hal inilah yang mengakibatkan muncul nyeri pada persendian.

2. Keguguran

Pada wanita yang sedang mengandung, tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah nanas terutama buah nanas yang masih muda (biasanya berwarna hijau). Hal ini dikarenakan kandungan senyawa bromelain yang sifatnya memecah protein. Sehingga dapat membahayakan perkembangan janin. Anda dapat mengganti pengobatan alternatif yang lebih aman untuk dikonsumsi dengan berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter atau ahli gizi.

ads

3. Gatal-gatal

Buah nanas dapat memicu alergi. Yang sering terjadi adalah gatal-gatal di permukaan kulit bahkan tidak jarang mengalami gatal di permukaan lidah. Jika Anda memiliki riwayat alergi, ada baiknya untuk menghindari konsumsi buah nanas secara berlebihan.

  1. Gula darah meningkat

Kandungan glukosa yang sangat tinggi dapat meningkatkan gula darah Anda dengan pesat. Oleh karena itu, bagi Anda penderita diabetes jangan mengkonsumsi nanas secara berlebihan.

Kandungan buah nanas

Buah nanas memiliki ciri berwarna kekuningan dengan kulit buah yang kasar. Selain itu daunnya yang tajam menyerupai duri juga menjadi salah satu ciri buah nanas. Selain itu, buah nanas juga memiliki aroma yang mudah dikenali. Buah nanas kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Kandungan tersebut antara lain:

  1. Vitamin

Buah nanas kaya akan senyawa antioksidan, yaitu vitamin A dan vitamin C. Dengan banyaknya kandungan vitamin A dan vitamin C tersebut maka tidak heran jika buah nanas memiliki banyak manfaat. Per 100 gram buah nanas, memiliki kandungan vitamin A sebesar 130 IU dan vitamin C sebesar 24 mg.

Baca artikel: 8 Manfaat Antioksidan Untuk Pencegahan Kanker

  1. Mineral

Buah nanas memiliki kandungan mineral penting yaitu fosfor, zat besi, kalium, dan kalsium. Fosfor dan mineral memberikan manfaat dalam pembentukan tulang dalam tubuh manusia. Selain itu, juga berfungsi untuk mendukung proses metabolism di dalam tubuh sehingga dapat berfungsi secara optimal. Dengan metabolisme secara optimal, maka penyerapan nutrisi yang dilakukan oleh tubuh juga dilakukan dengan maksimal sehingga, zat-zat yang tidak bermanfaat dalam tubuh juga dapat dikeluarkan secara optimal.

  1. Enzim

Enzim dalam buah nanas adalah senyawa bromelain. Yang mana kandungan tersebut paling banyak terdapat di bagian hati nanas. Hati nanas terletak di tengah-tengah buah nanas. Sangat jarang orang-orang yang mengkonsumsi hati nanas dikarenakan bentuknya yang sangat keras. Padahal, pada bagian ini banyak mengandung molekul CCS dan CCZ yang dapat menangkal serangan sel kanker. Selain itu, enzim ini juga berfungsi untuk memecah protein lemak sehingga mudah dicerna oleh usus. Fungsi utama dari enzim bromelain ini adalah untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi yang dimasukkan di dalam tubuh, sehingga dapat di serap sempurna dan membantu untuk perbaikan kondisi penderita kanker.

Bagian buah nanas yang baik dikonsumsi

Pada buah nanas selain daging buah yang dapat dikonsumsi, ada bagian tengah yang biasa dikenal dengan “hati nanas” atau ada juga yang menyebut “jantung nanas”. Teksturnya yang sangat keras membuat orang seringkali membuang bagian ini. Pada bagian ini adalah bagian nanas yang paling baik untuk dikonsumsi terutama bagi penderita kanker yaitu terdapat kandungan enzim bromelain.

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Kandungan buah nanas yang memiliki manfaat baik bagi tubuh. Adapun manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan

Tubuh sangat banyak memperoleh kebutuhan nutrisi untuk beraktivitas melalui berbagai macam makanan yang masuk melalui mulut. Sehingga diperlukan pencernaan yang sehat agar segala macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat diserap dengan sempurna. Pada nanas memiliki kandungan air yang cukup banyak, sekitar 85,3 gram/ 100gram potongan buah nanas. Kandungan air tersebut berfungsi sebagai serat yang membantu untuk memperlancar sistem pencernaan. Sehingga sangat baik bagi Anda yang merasa kekurangan serat.

  1. Mengatasi radang atau pembengkakan pada tubuh

Senyawa bromelain yang bekerja sama dengan vitamin C dalam nanas berfungsi untuk mengurangi pembengkakan atau peradangan pada tubuh. Senyawa tersebut berusaha untuk membantu sel rusak dalam melakukan regenerasi, sehingga jaringan yang mengalami pembengkakan dapat teratasi dengan baik.

  1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium pada nanas membantu tubuh untuk mengontrol penyerapan lemak dari asupan makanan yang dikonsumsi, sehingga dapat menjadikan darah lebih sehat. Selain dapat menurunkan tekanan darah, kandungan kalium pada nanas juga dapat mencegah terjadinya penyakit stroke, serangan jantung, dan batu ginjal.

  1. Membantu tubuh untuk mengeluarkan racun

Dengan berkembangnya berbagai macam gaya hidup, tentu tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh terhadap pola konsumsi makanan sehari-hari. Selain itu, tidak jarang tubuh akan terkontaminasi dengan racun serta polusi udara. Buah nanas yang kaya akan senyawa antioksidan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun sehingga tubuh dapat terhindar dari segala macam penyakit.

Sponsors Link

  1. Mencegah penyakit gondok

Kandungan mineral yang ada dalam buah nanas cukup tinggi, sehingga dengan konsumsi secara rutin dapat bermanfaat untuk mengatur kelenjar tiroid agar tidak terserang penyakit gondok.

Baca juga :

Olahan Buah Nanas

Untuk mengkonsumsi buah nanas, dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, antara lain:

  1. Membuat jus

Konsumsi buah nanas dalam bentuk jus sangat membantu proses pencernaa. Cairan dalam bentuk jus akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Namun demikian Anda tetap tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah nanas dalam kondisi perut kosong, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit maag atau lambung.

  1. Mengkonsumsi langsung

Buah nanas seringkali dikonsumsi secara langsung. Tentu tidak asing bagi Anda yang sering mengkonsumsi rujak buah. Mengkonsumsi buah nanas dengan buah lainnya tentu saja tidak akan menghilangkan manfaat asli buah nanas. Justru akan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dari buah lainnya secara maksimal.

  1. Mencampurkan dalam olahan masakan

Buah nanas seringkali juga dikombinasikan pada beberapa masakan, terutama yang mengandung daging. Dengan menambahkan potongan buah nanas dalam masakan yang berbahan dasar daging, seperti krengsengan atau steak dapat memberikan manfaat melunakkan tekstur daging, sehingga dapat mudah dicerna oleh sistem pencernaan tubuh kita. Selain itu, potongan buah nanas dapat menghancurkan lemak yang ada pada daging, sehingga tubuh tidak mengalami kelebihan lemak meskipun mengkonsumsi daging.

, , , ,
Post Date: Wednesday 25th, May 2016 / 06:46 Oleh :
Kategori : Pencegahan