Manfaat Apel Untuk Kanker dan Efek Sampingnya

Buah apel merupakan buah yang sangat dekat dengan lingkungan kita sehari-hari. Buah ini merupakan salah satu buah yang kaya akan senyawa antioksidan. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa apel mampu mengobati berbagai jenis kanker. Berikut ini pembahasan artikel kali ini, manfaat apel untuk kanker.

Sponsors Link

Apel Untuk Kanker Paru-paru

Apel mampu mencegah sekaligus mengobati penyakit kanker paru-paru. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan fitokimia yang termasuk dalam senyawa antioksidan dan berfungsi untuk menangkal senyawa radikal bebas terutama yang berasal dari udara, seperti polusi asap kendaraan dan asap rokok dari orang sekitar. Selain itu, kandungan quercetin yang banyak terdapat pada kulit apel juga dapat membunuh berbagai macam sel kanker dari berbagai jenis. Selain itu quercetin dapat membantu untuk meningkatkan fungsi paru-paru. Senyawa quercetin akan mempengaruhi trombosit agar dapat mengikat oksigen secara optimal sehingga kebutuhan oksigen pada setiap organ tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

Baca Artikel : Gejala Kanker Paru-paru dan Cara Pencegahannya Paling Mudah15 Pengobatan Kanker Paru-paru secara Alami dan Ampuh

Apel Untuk Kanker Usus

Apel merupakan buah yang kaya akan serat. Kandungan pectin pada daging buah apel mampu menyerap zat-zat berbahaya yang terdapat di dalam usus sehingga dapat mencegah sekaligus mengobati kanker usus besar. Selain itu, ketika sudah melalui proses pencernaan senyawa pectin ini akan membentuk senyawa polisakarida yang melapisi dinding lambung dan usus. Adapun fungsi dari senyawa pectin adalah sebagai berikut:

  1. Merangsang gerak peristaltic pada lambung dan usus sehingga pencernaan dapat berjalan sempurna
  2. Mencegah sembelit, karena zat yang terkandung dalam pectin mampu melunakkan sekaligus memadatkan sisa sari makanan yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh
  3. Mencegah penyerapan lemak dan kolesterol sehingga organ hati tepatnya getah empedu tidak perlu bekerja ekstra
  4. Membentuk lapisan pelindung pada dinding lambung dan usus sehingga tidak mudah terserang penyakit maag saat terlambat makan
  5. Mencegah terjadinya kanker usus besar

Apel Untuk Kanker Hati

Senyawa pectin pada apel mampu membentuk perlindungan awal pada sistem pencernaan manusia, sehingga organ hati tidak perlu bekerja ekstra keras untuk menetralisir zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Dengan demikian, sel hati tidak mengalami kerusakan sebagai akibat kontaminasi zat berbahaya. Selain itu kandungan senyawa procynidins mampu menghambat perkembangan sel kanker secara alami, sehingga sel sehat dapat tetap mendominasi dan organ tubuh berfungsi secara optimal. Secara singkat terjadinya kanker hati pada awalnya adalah organ hati mengalami kelelahan, sehingga fungsinya semakin menurun dan mulai terkontaminasi dengan zat berbahaya. Hal inilah kemudian yang menyebabkan rusaknya sel-sel hati dan sel kanker mulai berkembang.

Baca artikel : Penyebab Kanker Hati Yang Harus Diwaspadai – Stadium Kanker Hati dan Pengobatannya

Sponsors Link

Apel Untuk Kanker Payudara

Pada penderita kanker payudara, buah apel memiliki kandungan glukoronat sehingga mampu menghambat perkembangan sel kanker sehingga penderita mulai mencapai perkembangan kondisi yang lebih baik. Bekerja sama dengan fitokimia yang mampu mengikat kolesterol baik, sehingga mendukung metabolisme secara optimal. Selain itu, alangkah baiknya pengobatan bersama buah apel juga dikombinasikan dengan pengobatan alternative lainnya seperti dengan konsumsi tanaman obat kanker dan juga menggunakan metode akupuntur untuk kanker.

Apel Untuk Kanker Kulit

Senyawa flavonoid, karoten, serta kandungan vitamin C merupakan kombinasi senyawa antioksidan yang mampu melindungi tubuh saat terpapar sinar UV secara langsung. Hal ini tentu saja dapat meminimalisir tubuh menderita penyakit kanker kulit. Dengan kandungan senyawa antioksidan yang ada di dalam tubuh, selain mampu mencegah terjadinya kanker kulit juga membantu untuk meregenerasisel. Sehingga kulit tampak lebih segar dan tidak kusam.

Manfaat buah apel lainnya

Buah apel terkenal kaya akan manfaat, selain bermanfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai jenis kanker, buah apel juga memiliki manfaat sebagai berikut ini:

  1. Menyehatkan jantung
  2. Mengontrol gula darah dalam tubuh
  3. Menurunkan resiko asma
  4. Mencegah kolesterol muncul pada tubuh
  5. Menyehatkan sistem pencernaan seperti meminimalisir terjadinya penyakit maag
  6. Mencegah katarak
  7. Menyehatkan gigi
  8. Meningkatkan daya tahan tubuh
  9. Mencegah terjadinya alzheimer

Efek Samping Konsumsi Buah Apel Berlebihan

Ternyata, jika buah apel dikonsumsi setiap hari dapat menimbulkan efek samping terhadap tubuh kita. Seperti hal lain secara umum, segala macam yang berlebihan bukan hal yang baik. Oleh karena itulah penting untuk dijelaskan efek samping yang akan terjadi, yaitu sebagai berikut :

  1. Dapat merusak gigi

Konsumsi buah apel sesekali dapat membersihkan gigi dari kuman yang ada di sela-sela gigi. Hal ini merupakan salah satu kandungan asam yang mampu meningkatkan produksi air liur dan enzim untuk membunuh kuman di sela-sela gigi. Namun demikian fungsi ini akan menjadi merugikan tubuh jika Anda mengkonsumsi apel setiap hari. Kandungan asam dan gula pada apel akan mengeroposkan gigi. Oleh karena itu hal ini dapat dinetralisir dengan banyak mengkonsumsi air mineral setelah Anda mengkonsumsi apel. Dan jangan lupa untuk meningkatkan kalsium di dalam tubuh Anda agar tidak terjadi pengeroposan gigi.

  1. Meningkatkan berat badan

Apel banyak mengandung gula dan mineral. Meskipun apel dapat mengontrol gula darah namun jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak penambahan berat badan yang cukup cepat. Sehingga lakukan food combined jika Anda mulai memutuskan untuk melakukan diet. Jangan hanya mengkonsumsi apel saja.

Sponsors Link

Tips Mengkonsumsi Buah Apel

Buah apel merupakan buah yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Namun demikian justru seringkali banyak orang yang ceroboh dalam mengkonsumsinya sehingga kurang bisa memperoleh manfaat secara optimal. Berikut ini tips untuk mengkonsumsi buah apel:

  1. Mencuci buah dengan air hangat

Buah apel sangat sehat. Namun Anda perlu memperhatikan bagian kulit dari buah apel. Warnanya yang mengkilat sangat menarik untuk langsung mengkonsumsi buah apel secara langsung. Fakta berbicara, jika pada buah apel asli Indonesia banyak ditemukan pestisida di kulitnya, sedangkan pada buah apel impor dari luar negeri banyak ditemukan zat lilin di kulitnya.

Tentu saja akan sangat berbahaya jika buah apel langsung dikonsumsi atau hanya dicuci sebentar dengan air. Karena banyak senyawa bermanfaat pada kulit buah apel, sehingga sangat disayangkan jika membuang kulitnya, maka untuk mengatasi masalah tersebut Anda dapat menggunakan air hangat untuk mencuci. Gosok-gosok permukaan kulit secara merata. Jangan menggunakan air panas, dikarenakan air panas malah dapat merusak nutrisi yang terkandung pada kulitnya.

  1. Jus atau dimakan langsung

Jus atau dikonsumsi langsung sama-sama baik. Namun demikian jika Anda memutuskan untuk meminum apel dengan cara jus, sebisa mungkin jangan menambahkan campuran gula atau susu. Lebih baik gunakan kombinasi dengan sayur atau buah lainnya.

  1. Potong buah apel dalam ukuran kecil

Banyak orang yang mengkonsumsi buah apel langsung dengan menggit. Sesekali, hal ini bagus untuk memperkuat gigi depan Anda. Namun jika terlalu sering dapat menyebabkan gigi kropos. Lebih baik Anda memotong apel dalam ukuran kecil sehingga Anda dapat langsung mengunyah dengan menggunakan gigi belakang. Dengan mengunyah apel menggunakan gigi belakang, maka juga akan membantu membersihkan gigi dari kuman di daerah yang tidak terjangkau oleh sikat gigi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.