20 Makanan Anti Kanker yang Wajib Dikonsumsi Setiap Hari

Setiap tahunnya, jumlah penderita kanker terus saja bertambah akibat pola hidup yang tidak sehat termasuk jenis makanan yang dikonsumsi. Jika kita ingin terhindar dari segala jenis kanker, mulailah untuk mengkonsumsi makanan anti kanker setiap hari, karena daftar makanan pencegah kanker sehari-hari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus menekan pertumbuhan sel kanker. Daftar makanan anti kanker berikut ini termasuk juga dalam makanan pencegah kanker payudara yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi baik anak-anak hingga orang dewasa dan lanjut usia.

Sponsors Link

1. Alpukat

Buah alpukat selain dikenal untuk kecantikan ternyata juga terdapat manfaat alpukat untuk kanker, terutama kanker hati karena adanya kandungan glutathione. Senyawa tersebut bersifat antioksidan untuk menghambat sel kanker di dalam tubuh.

2. Ubi Jalar

Ubi jalar juga dikenal sebagai makanan anti kanker yang sangat efektif dalam menghambat terbentuknya sel kanker di dalam tubuh. Di dalamnya terdapat kandungan beta karoten dan vitamin C yang bersifat antioksidan dalam menangkal senyawa radikal bebas penyebab kanker.

3. Cabai

Siapa sangka cabai yang biasa diandal sebagai bumbu dapur memiliki khasiat sebagai anti kanker. Kandungan capsaicin dalam cabai mampu menjaga kesehatan organ dalam perut sehingga terhindar dari resiko penyakit kanker.

4. Bawang Putih

Selain cabai, bumbu dapur lainnya yaitu bawang putih juga memiliki manfaat yang sama dalam mencegah munculnya sel kanker. Bawang putih mengandung banyak nutrisi dan senyawa antioksidan, salah satunya allyl sulfur yang terbukti dapat mencegah penyakit kanker terutama kanker lambung.

5. Rumput Laut

Rumput laut yang sering kita temui dalam bentuk agar-agar pun kaya akan berbagai nutrisi serta antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker, terutama kanker payudara pada wanita. Jika rutin mengkonsumsi rumput laut, maka kesehatan tubuh akan terjaga dan terhindar dari mutasi genetik.

6. Teh Hijau

Kandungan senyawa seperti polifenol dalam teh hijau sangat bermanfaat dalam melawan sel kanker. Teh hijau sangat bagus dikonsumsi setiap hari, selain karena manfaatnya untuk kesehatan teh satu ini juga sudah dikenal akan khasiatnya dalam mempertahankan kecantikan kulit.

7. Apel

Manfaat apel untuk kanker juga sudah terbukti karena adanya kandungan vitamin C maupun senyawa antioksidan lainnya. Apel juga memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga dengan mengkonsumsinya kita dapat mengkonsumsi nasi lebih sedikit dan mencegah munculnya sel kanker.

8. Madu

Mengkonsumsi madu untuk penderita kanker sangat bagus dilakukan setiap hari, mengingat madu merupakan sumber segala pengobatan yang alami dan sudah terbukti sejak ribuan tahun yang lalu. Usahakan untuk mengkonsumsi madu asli, bukan madu yang telah diproses di pabrik.

9. Singkong

Selain ubi jalar, singkong pun dapat mencegah munculnya penyakit kanker. Manfaat singkong untuk kanker lebih besar didapat jika singkong direbus atau dikukus. Karena itu biasakan makan singkong rebus setiap hari untuk mencegah kanker muncul.

10. Jeruk

Jeruk yang dikenal sebagai sumber antioksidan seperti vitamin C memang sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya melawan kanker. Manfaat ini lebih jelas dirasakan dari lemon. Manfaat lemon untuk kanker dapat diperoleh dengan mencampur air perasan satu buah lemon dalam segelas air hangat dan diminum secara rutin.

11. Wortel

Sayuran berwarna cerah seperti wortel mengandung betakaroten yang cukup tinggi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai makanan anti kanker. Wortel juga bisa dijadikan jus untuk kanker payudara yang tentunya harus dikonsumsi setiap hari.

Sponsors Link

12. Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran hijau seperti buncis, bayam, brokoli dan lainnya juga dapat mencegah penyakit kanker. Sayuran hijau juga termasuk makanan sehat untuk penderita kanker payudara dan bisa dimakan setiap hari dalam menu makanan yang berbeda.

13. Pepaya

Buah pepaya selain dapat melancarkan proses pencernaan juga dapat mencegah penyakit kanker termasuk kanker serviks. Hal ini dikarenakan adanya kandungan berbagai nutrisi dan senyawa antioksidan seperti papain.

14. Jamur

Memang tidak semua jamur bisa dimakan dan mengandung nutrisi tinggi. Namun jenis jamur seperti shiitake, reishi dan maitake mengandung senyawa yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

15. Kiwi

Mengkonsumsi buah kiwi setidaknya 2 buah dalam sehari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh termasuk mencegah munculnya penyakit kanker.

16. Anggur Merah

Anggur merah pun kaya akan antioksidan yang sangat penting manfaatnya dalam mencegah pembentukan sel kanker di dalam tubuh akibat serangan senyawa radikal bebas.

17. Jeruk Bali

Mungkin sekarang ini sudah sedikit sulit menemukan jeruk bali, namun jika Anda bisa mendapatkannya rutinlah mengkonsumsi buah tersebut karena kandungan nutrisi dan antioksidannya dapat mencegah penyakit kanker.

18. Tomat

Bagi para pria, tomat bagus dikonsumsi secara rutin untuk mencegah penyakit kanker prostat. Namun senyawa likopen dalam tomat juga mampu menghadapi jenis kanker lainnya jika dimakan setiap hari.

19. Ikan Salmon

Selain jenis buah dan sayur, ada makanan yang juga dapat bersifat anti kanker, yaitu ikan salmon. Ikan salmon kaya akan lemak baik dan juga kandungan nutrisi lainnya cukup tinggi sehingga bagus dikonsumsi jika ingin terhindar dari kanker.

20. Delima

Buah delima dapat mencegah berbagai jenis kanker muncul, karena senyawa antioksidan dan senyawa aktif lainnya yang terdapat dalam delima dapat mencegah terjadinya mutasi genetik yang memicu munculnya kanker.

Itulah makanan anti kanker yang mudah dijumpai dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Tindakan pencegahan tentu lebih baik dilakukan daripada mengobati karena pengobatan kanker sangat mahal dan membutuhkan waktu yang lama.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.