11 Jenis Kanker yang Sulit Disembuhkan

Semua orang pasti takut dengan penyakit kanker, sebuah penyakit misterius yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Meski saat ini ilmu kedokteran telah lebih maju dalam mengatasi penyakit kanker, nyatanya masih banyak pasien kanker yang sulit untuk disembuhkan. Kebanyakan dikarenakan mereka terlambat mendapat pengobatan kanker akibat tidak merasakan gejala awalnya. Sebagian lagi memilih pengobatan alternatif kanker, saat sudah parah baru ke dokter sehingga hal tersebut menjadikan penyakit kanker tidak dapat lagi diobati secara medis. Jenis kanker pun sangat banyak yang bergantung di lokasi tubuh atau organ mana sel kanker muncul. Ada jenis kanker yang bisa disembuhkan, namun ada juga penyakit kanker yang sulit disembuhkan.

Sponsors Link

Bagaimana kanker bisa terjadi, semuanya memang masih belum bisa dijabarkan secara pasti. Bahkan dokter pun masih belum dapat mengungkapkan bagaimana seseorang bisa terkena kanker meski telah menjalani pola hidup sehat. Tim medis pun berusaha menjawab masalah utama kenapa kanker sulit disembuhkan, karena beberapa metode pengobatan dapat efektif pada seseorang namun tidak berpengaruh pada orang lain. Bahkan tindakan biopsi kanker pun dapat merangsang sel kanker berkembang lebih cepat, sehingga kemoterapi kanker menjadi kurang efektif. Terlebih beberapa jenis kanker memang lebih sulit disembuhkan dibandingkan yang lainnya, sehingga termasuk jenis kanker paling mematikan di dunia. Adapun jenis kanker yang sulit disembuhkan tersebut yaitu sebagai berikut.

1. Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru masih menduduki peringkat nomor satu sebagai jenis kanker yang paling sulit disembuhkan dan paling banyak merenggut jiwa penderitanya. Penyebab utamanya adalah paparan asap rokok maupun tembakau, karena itu kebanyakan penderitanya adalah kaum laki-laki. Kanker ini sulit disembuhkan karena baru menunjukkan gejala saat sudah masuk stadium lanjut atau akhir sehingga sulit diobati.

2. Kanker Hati

Kanker hati pun sangat sulit disembuhkan, karena saat hati sudah mengalami kerusakan yang cukup parah barulah penyakit ini dapat terdeteksi dan menunjukkan gejala yang nyata. Sayangnya, pengobatan kanker pun menjadi tidak berpengaruh banyak karena kerusakan hati tidak dapat diperbaiki lagi.

3. Kanker Pankreas

Kanker yang sulit disembuhkan selanjutnya adalah kanker pankreas, dimana kanker menyerang organ pankreas yang memiliki peranan penting dalam mengatur metabolisme. Jika sel kanker telah muncul, perkembangannya sangat cepat dan sayangnya pengobatan yang diberikan jarang memberikan respon yang baik sehingga sulit untuk menghilangkan penyakit kanker tersebut.

4. Kanker Usus Besar

Kanker usus pun termasuk jenis kanker yang sering menyerang dan sulit untuk diobati, terutama kanker usus besar. Umumnya sel kanker atau tumor akan muncul pada usus besar yang sudah mendekati anus, sehingga umumnya ditandai dengan gejala sakit saat buang air besar, mengeluarkan darah dan sakit pada perut.5

5. Leukemia

Leukemia atau kanker darah termasuk kanker ganas yang penyebarannya juga cepat. Penyakit ini sangat sulit diobati karena sel kanker menyerang sel darah darah yang sehat sehingga membuat kondisi fisik pasien mengalami penurunan yang drastis. Salah satu pengobatan leukemia yang bisa dilakukan yaitu pencangkokan sumsum tulang belakang dengan resiko yang sangat tinggi.

6. Kanker Payudara

Meski belakangan ini banyak penderita kanker payudara yang dapat sembuh, penyakit ini tetap berbahaya dan sulit diobati jika terdeteksi sudah masuk stadium lanjut. Penyakit kanker payudara dapat menyebar ke jaringan atau organ lainnya sehingga penyakit ini perlu diwaspadai sejak dini.

7. Kanker Esophageal

Kanker esophageal atau esofagus juga sangat berbahaya, sangat sulit diobati karena umumnya saat masih stadium awal tidak menunjukkan gejala. Jadi, saat terdeteksi penyakit ini sudah parah dan menjadi sulit disembuhkan. Esophageal sendiri merupakan saluran yang bermula dari tenggorokan hingga perut untuk membawa makanan.

Sponsors Link

8. Kanker Serviks

Kanker serviks yang sering menyerang wanita ini sebenarnya dapat disembuhkan, namun seringkali terlambat didiagnosis sehingga pengobatan pun menjadi terlambat. Jika sudah terlanjur parah tentu saja penyakit ini menjadi sulit untuk diobati karena sudah menyebabkan kerusakan disejumlah bagian tubuh.

9. Kanker Limfoma Non-Hodgkin

Kanker limfoma non-hodgkin sangat sulit disembuhkan, bahkan pengobatan yang dilakukan biasanya tidak memberikan respon positif sehingga penyakit kanker akan terus bertambah parah. Jika terjadi pembengkakan yang tidak wajar pada kelenjar getah bening sebaiknya segera diperiksakan agar dapat dipastikan bengkak tersebut dikarenakan kanker atau tidak.

10. Kanker ovarium

Kanker ovarium sebenarnya juga bisa disembuhkan seperti kanker serviks, namun penyakit ini juga tidak menunjukkan gejala pada tahap awal. Keterlambatan diganosis membuat penyakit ini sulit ditangani karena sudah terlanjur bertambah parah.

11. Kanker Kantung Empedu

Sama seperti kanker hati dan kanker pankreas, kanker kantung empedu yang masih saling berhubungan salurannya juga sulit disembuhkan. Hanya sebagian kecil saja penderita kanker kantung empedu yang bisa disembuhkan karena penyakit ini tidak menunjukkan gejala awal sehingga sering terlambat terdeteksi.

Itulah jenis kanker yang sulit disembuhkan karena adanya sifat sel kanker yang ganas, menyebar dengan cepat dan tidak menunjukkan gejala awal sehingga pengobatan sering terlambat dan tidak efektif lagi untuk melawan kanker. Pastikan untuk selalu hidup sehat agar dapat terhindar dari penyakit kanker dan jangan lupa untuk memeriksakan diri ke dokter secara rutin agar dapat mendeteksi penyakit lebih awal

, , ,