Benarkah Kanker Menular Lewat Ludah? Ini Penjelasannya secara Medis!

Penyakit kanker memang dianggap sebagai penyakit berbahaya, sangat ditakuti dan cukup mematikan. Ada banyak jenis kanker paling mematikan di dunia, dan sebagian kanker diduga dapat menular dari satu orang ke orang lainnya. Awalnya penelitian mengenai kanker menyatakan kanker tidak menular dan kita bisa melakukan aktivitas normal dengan para penderita kanker. Namun belakangan muncul fakta baru bahwa kanker dapat menular. Tentunya hal ini membuat banyak orang merasa cemas dan panik, takut bila dirinya tertular dan ikut mengidap kanker. Kita perlu menyikapi hal ini dengan bijak, dan mencari fakta sebenarnya tentang penularan kanker yang dikhawatirkan banyak orang.

Sponsors Link

Benarkah Kanker dapat Menular lewat Ludah?

Memang benar ada beberapa jenis kanker yang bisa menular dari individu satu ke yang lainnya, dimana cara penularannya tersebut biasanya melalui kontak seksual maupun kontak dengan ludah penderita. Namun ada yang perlu dipahami, bahwa penularan kanker yang dimaksud bukanlah sel kanker yang menyebar langsung dari tubuh penderita ke orang di dekatnya. Seperti yang kita tahu, beberapa jenis kanker ada yang terjadi karena dipicu infeksi dari virus atau bakteri. Nah, mikroorganisme tersebut lah yang dapat menular lewat ludah, jika si penderita bersin atau batuk dan percikan ludahnya menempel pada benda atau terkena pada orang lain maka penularan akan terjadi.

Namun jangan buru-buru panik menyikapi fakta ini, karena tidak semua orang yang terinfeksi virus dan bakteri penyebab kanker akan mengalami kanker yang sama. Hal tersebut bisa terjadi kalau orang yang tertular memang memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah sehingga tidak mampu melawan masuknya virus atau bakteri ke dalam tubuh. Bisa juga karena tubuh tidak mendapat asupan makanan yang bergizi dan sering terpapar bahan kimia sehingga memungkinkan sel dalam tubuhnya mengalami mutasi genetik.

Jenis kanker yang menular yaitu kanker hati (yang disebabkan infeksi virus Hepatitis B dan C), kanker paru-paru (yang disebabkan infeksi bakteri Tuberkulosis), kanker serviks dan kanker tenggorokan (disebabkan oleh virus HPV), kanker kelenjar getah bening (disebabkan virus Epstein-Barr), dan lain sebagainya. Jadi yang menular virus atau bakterinya, bukan sel kankernya. Orang yang terkena virus dan bakteri tersebut juga belum tentu semuanya akan berakhir dengan penyakit kanker. Bagi yang imunitasnya kuat atau infeksi yang terjadi dapat cepat ditangani, maka kesehatan akan kembali normal dan pembentukan sel kanker dapat dihindari.

Virus HPV terkadang juga dapat memicu penyebab kanker air liur dan menjadi penyebab kanker mulut yang sering terjadi. Kanker mulut pun cukup berbahaya jika sudah menjadi parah karena sel kanker dapat menyebar kemana-mana dan merusak organ tubuh lainnya. Tentu saja cara mencegah kanker mulut perlu dilakukan sebelum penyakit tersebut menyerang dan mengancam nyawa. Jadi jika ada pertanyaan apakah kanker mulut bisa menular, maka jawabannya adalah bisa dengan catatan yang menular adalah virus penyebabnya.

Cara Mencegah Penularan Kanker lewat Ludah

Meski tidak semua orang berpeluang mengalami kanker setelah terkena ludah penderita kanker, ada baiknya jika kita selalu waspada dan berhati-hati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat mencegah penularan dan munculnya penyakit kanker di dalam tubuh, yaitu sebagai berikut.

  • Selalu menjaga kebersihan baik pada diri maupun lingkungan dan area sekitar penderita kanker.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi, banyak makan sayur dan buah serta protein nabati untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Rutin melakukan olahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu dengan durasi setengah jam.
  • Hindari menggunakan barang yang digunakan oleh penderita kanker yang dikhawatirkan menular. Terutama peralatan makan karena virus dari ludah penderita bisa menempel dan menular para pengguna lainnya.
  • Mengkonsumsi daftar makanan sehari-hari pencegah kanker agar tubuh dapat melawan berbagai faktor pemicu munculnya sel kanker.
  • Selalu biasakan berpikir positif, jauhi stres dan segala hal yang dapat membebani pikiran. Jika pikiran dan hati tenang maka semua aktivitas dapat berjalan lancar tanpa adanya tekanan.
Sponsors Link

  • Usahakan untuk mendapatkan vaksinasi yang lengkap seperti vaksin hepatitis dan HPV untuk mencegah tubuh terinfeksi virus tersebut.
  • Mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya, karena jika tubuh kurang tidur maka imunitas akan melemah dan mudah terinfeksi virus dan bakteri.

Jadi, kanker memang menular lewat ludah namun Anda tidak perlu langsung panik karena takut tertular. Jika daya tahan tubuh selalu fit maka hal tersebut tidak akan menjadi ancaman yang berarti, karena tubuh secara alami akan melawannya dan mengatasi infeksi yang terjadi. Penderita kanker yang dikhawatirkan dapat menularkan virus penyebab kanker sebaiknya dirawat dengan sebaik-baiknya, utamakan kebersihan diri dan jalani perawatan sesuai dengan saran dokter agar bisa segera sembuh dari penyakit kanker yang mematikan.

, , , , , ,