Tumor Jinak Bisa Hilang Dengan Sendirinya? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Tumor merupakan salah satu benjolan yang tumbuh disebabkan karena adanya sel yang memperbanyak diri secara berlebihan. Selain itu, tumor juga merupakan benjolan yang diakibatkan oleh sel alam yang seharusnya mati namun masih bertahan hidup, dimana pada sisi lain pembentukan sel baru tetap terus terjadi. Tumor sendiri dapat tumbuh diberbagai macam bagian tubuh mana pun, dan ada yang bersifat jinak dan ada pula yang bersifat ganas.

Sponsors Link

Tumor yang bersifat jinak merupakan jenis tumor yang diketahui memiliki perkembangan yang lambat dan tidak menyerang sel-sel normal, bahkan tumor jinak juga tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya seperti tumor ganas atau kanker. Lantas benarkah bawa tumor jinak dapat hilang tanpa diobati atau dengan sendirinya? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai tumor jinak bias hilang dengan sendirinya atau tidak.

Tumor Jinak

Mendengar istilah tumor biasanya seseorang akan langsung mengarah pada penyakit kanker, padahal seperti yang telah disebutkan sebelumnya jenis tumor sendiri dapat dibedakan menjadi tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak biasanya akan memiliki sifat pertumbuhan yang lambat dan tidak meluas, hal ini berbeda dengan tumor ganas yang dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar luas. Tumor ganas tersebutlah yang sebenarnya lebih berisiko terhadap pertumbuhan kanker.

Setidaknya ada beberapa contoh tumor jinak yang dapat anda kenali pada kulit, diantaranya seperti:

  • Tahi lalat atau Nevus Pigmentosus – biasanya berbentuk bulat atau lonjong hitam dan muncul sejak lahir.
  • Keratosis seboraik – bintik-bintik putih yang biasanya tumbuh atau muncul pada orang tua.
  • Xantelasma – bintik-bintik putih yang biasanya tumbuh pada sekitar mata dan berisi lemak
  • Keloid – daging tumbuh yang berada pada bekas luka di tubuh
  • Veruka Vulgaris – benjolan yang tumbuh pada bagian kaki maupun tangan

Lantas apa yang seharusnya perlu dilakukan pada tumor jinak? Benarkan tumor jinak bisa hilang dengan sendirinya? Tumor jinak sendiri sebenarnya selama tidak menimbulkan keluhan maka tidak perlu untuk diangkat atau dibuang, hanya saja demi masalah estetika kulit biasanya tumor jinak juga dapat dihilangkan dengan metode bedah minor, terlebih lagi dengan banyaknya jenis-jenis tumor jinak. Dari kondisi tersebut dapat diketahui bahwa tumor jinak tidak dapat hilang dengan sendirinya, namun dapat dibantu dihilangkan dengan bantuan medis.

Karena tidak dapat hilang dengan sendirinya, pastinya diperlukan perawatan khusus terhadap tumbuhnya tumor jinak tersebut. Tidak hanya perawatan khusus saja namun juga perlu diperhatikan dengan baik perkembangannya agar tidak mengarah atau berubah menjadi suatu tumor ganas. Dalam pengangkatan tumor jinak sendiri dapat melalui metode bedah pisau, bedah listrik, maupun juga melalui bedah beku dengan bantuan medis.

Penyembuhan Tumor Jinak

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tumor jinak tidak dapat hilang dengan sendirinya, hal ini juga berkaitan dengan adanya kemungkinan risiko munculnya kanker kulit maupun pertumbuhan kanker ganas. Tumor jinak yang beresiko menjadi tumor ganas sendiri biasanya disebabkan karena adanya infeksi. Salah satu contohnya adalah keloid, dimana merupakan jenis tumor jinak yang apabila mengalami infeksi dapat menyebabkan pertumbuhan tumor ganas hingga kanker. Maka dari itu infeksi pada tumor jinak menjadi salah satu penyebab tumor jinak menjadi ganas.

Dari kondisi diatas dapat dipahami bahwa walaupun tumor yang tumbuh bersifat jinak maka tetap perlu diwaspadai terutama jika menimbulkan gejala-gejala yang tidak normal. Oleh sebab itu, ada beberapa metode penyembuhan tumor jinak yang biasanya dilakukan oleh para medis, diantaranya adalah:

  • Metode bedah pisau

Metode yang pertama adalah dengan metode bedah pisau, dimana metode ini biasa dilakukan untuk mengangkat tumor jinak di kulit dengan bentuk ataupun ukuran yang cukup besar. Walaupun demikian, bedah pisau dianggap sebagai metode yang memiliki hasil lebih rapi debandingkan dengan metode penyembuhan lainnya.

Sponsors Link

  • Metode sinar laser

Metode yang kedua adalah dengan metode sinar laser. Metode ini sendiri biasanya akan digunakan untuk mengangkat atau menghilangkan tumor jinak dengan ukuran atau bentuk yang kecil dibandingkan dengan tumor yang harus diangkat dengan metode bedah pisau.

  • Bantuan obat

Selain dengan kedua metode diatas, untuk menyembuhkan atau menghilangkan tumor jinak juga dapat dibantu dengan bantuan obat. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter terkait dengan tumor jinak yang tumbuh pada tubuh anda, sehingga dapat diketahui metode terbaik untuk penyembuhannya.

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan tumor jinak bias hilang dengan sendirinya atau tidak. Perlu untuk diperhatikan kembali bahwa kesehatan tubuh merupakan hal yang penting untuk dijaga, terlebih lagi yang berhubungan dengan nyawa.

Walaupun perbedaan kanker dan tumor secara umum terutama pada tumor jinak cukup signifikan namun hal tersebut tetap tidak bias dianggap remeh, terlebih lagi banyak faktor penyebab tumbuhnya kanker seperti bahan makanan penyebab kanker yang memungkinkan peningkatan resiko pertumbuhan tumor juga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan meningkatkan kewaspadaan anda terhadap kesehatan tubuh masing-masing.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.