6 Jenis Kanker yang Sering Terjadi pada Anak

Kanker bisa menyerang siapa saja. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa punya potensi memiliki kanker di dalam tubuhnya. Hanya saja ada sedikit perbedaan antara kanker pada orang dewasa dengan kanker yang menyerang anak-anak.

Sponsors Link

Kanker pada orang dewasa pada umumnya disebabkan oleh konsumsi serta gaya hidup yag sering dilakukan pada sehari-harinya. Akan tetapi, kanker yang terjadi pada anak-anak hingga remaja lebih banyak dipicu oleh mutasi gen. Bisa dikatakan penyebab kanker pada anak merupakan turunan dari orang tuanya. Untuk lebih memahami apa saja jenis Kanker yang Sering Terjadi pada Anak, berikut ulasannya.

1. Leukimia

Jenis Kanker yang Sering Terjadi pada Anak yang pertama adalah leukemia atau kanker darah. Jenis kanker yang menyebabkan mimisan yang satu sangatlah berbahaya dan bisa menyebabkan kematian pada siapapun yang menderitanya. Kanker darah ini terjadi karena pembentukan sel darah putih yang tumbuh secara abnormal. Karena pembentukan Leukosit terganggu, hal tersebut menyebabkan gangguan juga terjadi pada pembentukan trombosit serta eritrosit. Hal inilah yang membuat penderita leukimia sulit sembuh jika terjadi luka. Anda pun bisa pelajari apa saja gejala leukimia pada anak yang sering terjadi dari berbagai sumber.

2. Kanker sistem syaraf pusat

Jenis kanker selanjutnya yang sering dialami oleh anak-anak adalah kanker sistem syaraf pusat atau bisa disebut sebagai kanker otak dan menjalar ke sumsum tulang belakang. Kanker ini juga bisa kita temukan pada usia anak-anak. Jenis kanker ini termasuk ke dalam kanker yang sering dialami oleh anak-anak setelah leukimia.

Gejala pada penderita kanker ini umumnya berbeda antara satu pasien dengan pasien yang lain. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang mirip sehingga bisa dikatakan hal tersebut adalah salah satu gejala dari kanker otak ini. pertmaa adalah sering merasakan sakit kepala pada pagi hari. Kedua sakit kepala yang dirasakan disertai dengan muntah-muntah.

Sedangkan pada gejala tumor yang terdapat di sumsum tulang belakang, biasanya si penderita akan merasakan sakit di punngung yang bahakn bisa menjalar ke bagian kaki dan juga bagian tangan. Selain itu, penderita pun akan kesulitan dalam berjalan serta susah dalam buang air besar maupun buang air kecil.

3. Limfoma

Kanker kelenjar getah bening atau istilah ilmiahnya Limfoma merupakan jenis kanker selanjutnya yang bisa menyerang anak-anak. Kanker limfoma ini dibagi menjadi dua jenis. Jenis yang pertama adalah Limfoma Hodgkin dan jenis yang kedua adalah Limfoma nonHodgkin atau disingkat (NHL).

Ciri-ciri kanker kelenjar getah bening pada anak ini adalah terjadinya pembesaran pada bagian kelenjar getah bening, khususnya di bagian leher. Selain itu pembesaran kelenjar getah bening juga bisa terjadi pada bagian tulang selangka, di bawah ketiak, dan juga bagian pangkal paha.

Sponsors Link

Sedangkan gejala kanker limfoma non hodgkin sendiri adalah sulit bernafas, terjadi mengi, sering batuk-batuk, pembengakakan pada bagian kepala, dan berbagai tubuh di bagian atas. Ditambah lagi, gejala ini juga bisa terlihat saat penderita susah menelan makanan, terjadinya penurunan berat badan, dan selalu berkeringan pada malam hari.

4. Melanoma

Kanker kulit melanoma ini juga sering ditemukan pada anak-anak meskipun sejatinya kanker ini cukup ditemukan pada orang dewasa. Anak-anak yang dialami biasanya remaja yakni sekitar umur 10 tahun hingga 19 tahun. Penyebab terjadinya kanker Melanoma ini penderita kanker mendapat keturunan dari orang tuanya. Cara untuk tidak membangkitkan kanker Melanoma ini adalah lindungi kulit dari radiaso sinar UV secara langsung. Anda bisa memakaikan tabir surya saat berada di luar. Selain menggunakan krim tabir surya, bisa juga dengan menggunakan pakaian tertutup saat di luar.

Sponsors Link

5. Nephroblastoma

Jenis Kanker yang Sering Terjadi pada Anak yang satu ini umumnya menyerang salah satu ginjal atau bahkan menyerang kedua ginjal sekaligus. Pada umumnya, kanker ini akan menyerang anak-anak yang usianya sekitar 3 hingga pada usia 4 tahun. Gejala yang sering dialami penderita saat mendapatkan jenis kanker ini adalah terjadinya pembengkakan di bagian perut yang lebih dekat dengan ginjal. Selain itu, gejala ini juga sering ditambah dengan demam, mual serta anak tersebut kehilangan nafsu makan.

6. Retinablastoma

Jenis kanker selanjutnya adalah Retinablastoma. Sesuai dengan namanya, jenis kanker ini menyerang pada bagian mata. Umumnya, penderita yang mengalami jenis kanker ini adalah anak-anak yang baru berusia dua tahun. Gejala kanker pada mata anak bisa terlihat pada bagian matanya. Apabila terdapat warna merah di bagian pupilnya, maka bisa jadi itu adalah ciri anak terkena retinablastoma. Selain itu, jika mata anak terlihat bersinar seperti mata kucing, atau terlihat bercahaya, Anda patut waspada karena hal tersebut juga merupakan ciri mata anak juga terkena kanker Retinablastoma.

Inilah 6 jenis kanker yang sering terjadi pada anak. Jika Anak anda mengalami gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter. Umumnya karena masih anak-anak, perawatannya jauh lebih mudah ditangani dan masih bisa disembuhkan. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi terbaik untuk Anda.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Jenis Jenis Kanker

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.