5 Jenis Kanker yang Paling Berbahaya dan Sulit Disembuhkan

Secara umum, penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan di dunia. Menurut catatan dari badan kesehatan dunia, WHO, jumlah orang yang meninggal karena kanker mencapai lebih kurang 84 juta orang sekitar tahun 2005 sampai 2015.

Sponsors Link

Angka yang cukup besar tersebut telah membuktikan bahwa kanker sudah menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi umat manusia. Namun, tahukah Anda bahwa penyakit kanker di dunia ini ada yang berbahaya dan bahkan sulit disembuhkan? Berikut beberapa contoh Kanker yang Paling Berbahaya yang perlu Anda perhatikan.

1. Kanker Paru-paru

Jenis kanker pertama yang sangat berbahaya dan juga sangat mematikan adalah kanker paru-paru. Kanker paru-paru ini lebih banyak diderita oleh orang-orang yang usianya rata-rata 55 sampai 65 tahun. Penyebab utama dari kanker paru-paru ini adalah kebiasaan merokok, baik itu aktif maupun pasif.

Kanker paru-paru sendiri memiliki dua jenis. Jenis pertama adalah kanker paru-paru primer. Jenis kanker paru-paru primer juga dibagi lagi menjadi dua tipe, yakni jenis SCLC atau singkatan dari Small Cell Lung Cancer dan jenis yang kedua Non-small Cell Lung Cancer atau disingkat dengan (NSCLC). Pada jenis SCLC adalah jenis kanker yang daya tumbuhnya sangat cepat serta cepat membesar. Umumnya, kanker ini lebih sering diderita oleh perokok aktif. Untuk mengatasi penderita kanker jenis SCLC, dapat dilakukan dengan terapi radiasi dan juga kemoterapi.

Tipe yang kedua adalah tipe NSCLCini adalah jenis kaner yang pertumbuhannya dari sel tunggal. Meskipun sel kanker yang tumbuh adalah tunggal, namunn area penyebarannya bisa lebih dari satu area paru-paru. Umumnya, jenis ini menyerang bagian hamartoma, sarkoma, dan kondromatus.

Jenis kedua kanker paru-paru adalah kanker paru-paru sekunder. Jenis kanker yang satu ini umumnya terjadi karena dampak dari penyebaran kanker bagian tubuh lainnya. Pada kasus kanker paru-paru ini, bagian tubuh yang sering diserang sela kanker tipe ini adalah payudara dan juga bagian usus.

2. Kanker hati

Meskipun korban penderita kanker hati cukup jarang ditemukan atau tidak termasuk jenis kanker umum, namun penderita kanker hati termasuk Kanker yang Paling Berbahaya dan juga sulit disembuhkan. Kanker ini pada dasarnya terjadi di luar organ hati itu sendiri. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, sel kanker yang sudah ganas akan menyebar dan berkumpul pada bagian hati. Karena sifatnya yang cukup jarang terjadi, sampai saat ini masih belum ditemukan obat untuk mengatasi kanker hati ini.

3. Kanker Payudara

Kanker payudara termasuk ke dalam jenis kanker yang sering terjadi pada wanita di seluruh dunia. Meskipun begitu, bukan berarti kaum pria aman dari jenis kanker payudara ini. Sebab berdasarkan catatan dari WHO, sejak tahun 2003 sampai 2008 sudah ada kasus pria yang terkena kanker payudara yang mencapai lebih kurang 2.000 kasus. Kanker yang satu ini juga dapat menyebabkan kematian cukup tinggi di dunia.

Sponsors Link

Pada dasarnya, kanker payudara ini masih bisa diselamatkan dengan catatan sudah dapat dideteksi sejak dini. Sayangnya sebagian orang baru diperiksa setelah kanker payudara sudah mencapai tahapan yang cukup ganas. Dengan kondisi seperti itu, tentunya penanganan terhadap kanker tersebut sudah dianggap terlambat. Untuk itu, sebaiknya Anda pelajari cara mengetahui adanya kanker di tubuh kita agar langsung ditangani dengan cepat oleh tim dokter.

4. Kanker Darah

Leukimia atau yang biasa kita ketahui dengan kanker darah termasuk jenis kanker yang sanagt berbahaya dan juga sulit disembuhkan. Salah satu penderita yang baru-baru ini meninggal karena jenis kanker ini adalah Ibu Ani Yudhoyono. Menurut WHO, sejak tahun 2003 sampai 2007, paling tidak sudah ada 41.000 oang yang meninggal akibat menderita kanker darah.

Leukimia ini dapat menyerang berbagai jaringan pembentuk sel darah merah di dalam tubuh kita seperti sistem limfatik dan juga bagian tulang belakang. Hal tersebut membuat sel darah putih diproduksi menjadi lebih banyak atau berlebihan. Akibatnya, sel darah putih ini yang seharusnya melindungi tubuh justru berbalik dengan menyerang beberapa sel tubuh kita.

Sponsors Link

5. Kanker prostat

Siapa yang menyangka bahwa kanker prostat termasuk ke dalam jenis kanker yang berbahaya dan sulit disembuhkan. Berdasarkan NCI AS, sejak tahun 2010 beberapa orang telah meninggal karena kanker prostat ini. Pada dasarnya kanker prostat ini berasal dari kelenjar prostat yang sejatinya berperan dalam memproduksi air mani pada pria. Sebetulnya penderita kanker prostat ini masih dapat disembuhkan jika sebelumnya telah dideteksi sejak dini. Akan tetapi, ada juga jenis kanker prostat yang memiliki sifat sangat agresif serta sangat cepat penyebarannya. Akibatnya, sel kanker sudah menyebar luas sebelum ditangani dengan cepat secara medis. Oelh sebab itu, jika Anda merasakan gejala kanker prostat, sebaiknya langsung secepatnya ke dokter setempat.

Itulah 5  kanker yang paling berbahaya dan sulit disembuhkan. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk pembaca.

, , ,
Oleh :
Kategori : Jenis Jenis Kanker

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.