3 Jenis Kanker yang Menyebabkan Mimisan pada Anak

Apakah Anda pernah mimisan? Mimisan merupakan suatu keadaan saat darah keluar pada hidung. Umumnya darah yang keluar dari hidung disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah yang berada di sekitaran naso faring. Kejadian mimisan hanya terjadi sangat singkat, yakni sekitar beberapa menit saja dan nantinya pendarahan akan berhenti dengan sendirinya.

Sponsors Link

Di masyarakat kita, mimisan terkadang tidak begitu diperhatikan, apalagi jika mimisan yang terjAdi dapat berhenti. Sebab, adanya mimisan pun bisa terjadi karena tubuh terkena penyakit yang serius seperti kanker. Kira-kira apa saja Kanker yang Menyebabkan Mimisan, berikut ulasannya.

Kanker yang Menyebabkan Mimisan

Nah setelah mengetahui apa saja penyebab mimisan selain kanker, kini kita bahas apa saja kanker yang bisa menyebabkan mimisan. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

  • Leukemia

Penyakit Leukemia atau kanker darah merupakan salah satu jenis kanker yang dapat membuat seseorang akan terjadi mimisan. Bahkan penyakit leukemia ini merupakan jenis kanker yang sulit disembuhkan. penyakit satu ini adalah salah satu jenis kanker yang menyerang sel-sel darah merah di seluruh tubuh. Biang kerok dari kanker darah adalah sel darah putih yang “mengamuk” sehingga sel yang harusnya melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit malah menyerang sel-sel lain, terutama sel darah merah.

Salah satu tanda-tanda leukemia adalah sering merasakan pendarahan ketika terjadinya luka. Ditambah lagi, luka tersebut akan sulit membeku karena sel-sel pembekuan darah yakni trombosit tidak dapat melakukan pembekuan darah sebagaimana mestinya. Pada penderita leukemia juga akan sering mengalami memar pada sekujur tubuhnya.

Para penderita leukemia ini juga akan mengalami mimisan dan hal itu sulit dihentikan seperti halnya terjadinya luka di sekitar tubuh. Bahkan tidak jarang penderita leukemia akan meninggal karena kehabisan darah. Maka dari itu, jika ada orang terkena mimisan dan tidak pernah berhenti, bisa jadi itu adalah efek kanker darah atau tanda-tanda leukemia yang serius.

  • Karsinoma Nasofaring

Kanker ini sering terjadi pada bagian nasofaring yang letaknya di atas faring atau tenggorokan. Karsinoma nasofaring atau bisa jug disebu Squamous Cell carcinoma (SCC) merupakan jenis kanker yang timbul di bagian jaringan lapisan hidung.

Mimisan yang terus menerus atau berulang menjadi pertanda seseorang terkena Karsinoma nasofaring. Selain mimisan, gejala lainnya yang menjadi tanda seseorang terkena kanker Karsinoma nasofaring adalah munculnya ingus yang diikuti bercak darah. Mimisan yang disebabkan oleh kanker ini tidak sampai menjadi pendarahan hebat seperti Leukimia. Meskipun begitu, tetap saja penderita kanker ini akan mersakan kesakitan setiap kali mimisan.

Sampai saat ini masih sulit mendeteksi bagaimana ciri-ciri awal seseorang terkena kanker Karsinoma Nasofaring. Hal itu disebabkan gejala yang timbul karena kanker ini hampir sama dengan penyebab mimisan pada umumnya seperti mimisan yang tidak begitu banyak dan seseorang nampak sehat-sehat saja. Hal yang mengerikan dari kanker Karsinoma Nasofaring ini adalah dapat menyerang organ lain melalui jaringan tubuh. Contohnya saja kanker ini bisa menyerang sisitem limfa, sistem aliran darah, tulang, paru-paru, bahkan hati.

Sponsors Link

  • Limfoma

Limfoma atau kanker kelenjar getah bening merupakan kanker yang terjadi di dalam sistem limfatik yang menjadi penghubung kelenjar limfa atau bagian kelenjar getah bening pada seluruh tubuh. Limfoma sendiri tumbuh pada bagian limfosit yang merupakan salah satu tipe sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi.

Limfosit yang mengalami abnormal akan mengganggu atau bahkan merusak sistem kekebalan tubuh kita sendiri. Hal tersebut menyebabkan sistem imun tubuh akan berkurang dan tubuh akan mudah terserang penyakit. Ada dua jenis penyakin yang disebabkan limfoma ini, pertama adalah penyakit hodgkin limfoma serta nonhodgkin limfoma atau biasa disingkat (NHL).

Limfoma ini bisa muncul pada hampir semua tubuh termasuk pada bagian hidung atau bagian sinus. Hal tersebut dikarenakan kelenjar getah bening serta jaringan limfatik terjadi pada seluruh tubuh. Jaringan limfoid pada bagian hidung yang terus tumbuh membuat bagian dalam pembuluh darah terjadi pengikisan secara kontinyu. Akibatnya mimisan pun tidak bisa dihindarkan.

Itulah tiga jenis kanker yang menyebabkan mimisan yang perlu diwaspadai. dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa mimisan yang disebabkan oleh kanker cukup serius. Baik itu mimisan yang tidak begitu banyak hingga terjadi pendarahan yang hebat. Maka dari itu, jika Anda atau orang-orang yang anda kenal terjadi mimisan, sebaiknya langsung diperiksakan pada dokter.

Jika Anda ingin membaca informasi lain mengenai jenis-jenis kanker yang telah disebutkan tadi, Anda bisa membaca beberapa referensi seperti buah untuk mengobati kanker nasofaring, gejala kanker limfoma non hodgkin, dan berbagai gejala kanker yang sering diabaikan dan berbahaya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semuanya.  

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Jenis Jenis Kanker

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.