5 Jenis Kanker yang Disebabkan oleh Virus Berbahaya

Kanker adalah sebuah penyakit mematikan yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Jenis kanker yang bersemayam di tubuh kita ini cukup beragam. Perlu Anda ketahui bahwa kanker dapat menyerang siapapun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sponsors Link

Tentunya kita bertanya-tanya sebetulnya yang menjadi penyebab terjadinya kanker pada manusia? Umumnya, kanker bisa terjadi karena adanya bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Namun, ada juga yang berasal dari virus yang berasal dari gaya hidup. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh virus yang dapat menyebabkan kanker pada manusia.

1. Epstein-Barr Virus (Kanker Nasofaring)

Kanker yang Disebabkan oleh Virus yang pertama adalah Epstein-Barr Virus atau bisa juga disebut dengan EBV adalah semacam virus yang pergerakannya di daerah tenggorakan. Jika virus ini sudah menyebar dengan luas, maka akan terasa nyeri di daerah tenggorakan. Virus inilah yang menyebabkan terjadinya kanker nasofaring di sekitar tenggorokan.

Terjadinya kanker nasofaring pada tenggorokan tidak secepat ketika kita terkena flu atau batuk. Namun, terjadinya kanker bisa muncul beberapa tahun kemudian. Percepatan tumbuhnya kanker pun juga dipengaruhi oleh gaya hidup yang buruk. Contohnya adalah sering merokok atau bahkan sering mengonsumsi alkohol. Jika kebiasaan itu terus menerus dilakukan, maka kanker nasofaring bisa menjadi lebih cepat tumbuhnya.

2. HTLV-1 (Kanker darah)

Kanker yang Disebabkan oleh Virus selanjutnya adalah HTLV-1 atau jika diperpanjang adalah Human T-Cell Leukimia Virus Type 1. Sesuai dengan namanya bahwa jenis virus ini adalah salah satu penyebab terjadinya kanker darah atau leukimia. Virus yang satu ini dapat menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sistem penyebaran virus ini adalah melalui hubungan seksual, transfusi darah, bahkan menyusui anak jug dapat terjadi.

Apabila penyebaran virus ini belum terlalu parah, kita dapat mengatasinya dengan cara melakukan kemoterapi secara rutin sampai 8 bulan lamanya. Apabila proses kemoterapi ini berhasil, maka kesembuhan dari kanker darah bisa dilakukan.

3. Hepatitis B (Kanker Hati)

Jenis virus ini mungkin tidak begitu asing buat Anda. Hepatitis B merupakan sebua virus yang bisa ditularkan melalui hubungan seksual, transfer darah, atau bahkan melalui jarum suntik. Virus Hepatitis B ini merupakan pemicu terjadinya kanker Hepatocellular atau dalam bahasa nasional adalah Kanker hati.

Kanker Hati ini tidak hanya menyerang bagian hati saja. Kanker ini dapat merusak beberapa bagian usus, paru-paru dan berbagai beberapa organ penting lainnya seperti organ reproduksi. Untuk dapat mencegah dampak buruk dari Hepatitis B ini, orang tersebut harus dikasih vaksinasi sejak kecil dengan vaksinasi Hepattis B. Selain itu, cara mencegah terjadinya Hepatitis B ini adalah dengan melarang pembagian barang-barang yang sifatnya konsumsi sendiri seperti handuk, pakaian, celana, sikat gigi dan berbagai barang pribadi lainnya. Hal tersebut berupaya untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Hepatitis B.

Sponsors Link

4. Hepatitis C  (Kanker hati)

Selain Hepatitis B, virus Hepatitis C juga bisa menjadi penyebab terjadinya kanker pada manusia. Hepatitis C sendiri merupakan salah satu jenis virus yang berasal dari jenis RNA. Virus dapat masuk melalui aktivitas seksual atau juga bisa melalui transfusi darah yang tertular dari Hepatitis C.

Hepatitis C ini juga dapat menyebabkan terjadinya kanker hati atau kanker Hepatocellular yang gejalanya hampir mirip dengan Hepatitis B. Virus ini juga dapat menyerang organ-organ vital lainnya seperti paru-paru, usus, dan juga alat reproduksi. Virus Hepatitis C ini juga dapat menyebabkan terjadinya Sirosis Hati yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya.

5. HPV (Kanker Serviks)

Jenis virus selanjutnya adalah HPV. HPV ini merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kanker serviks pada wanita. Virus ini menular melalui aktivitas seks yang sering bergonta-ganti pasangan. Akibatnya akan muncul kutil kelamin yang berada di sekitar kemaluan yang nantinya akan menyebar ke bagian leher dan beberapa tubuh lainnya.

Jika pada wanita akan mengalami kanker serviks, maka pada pria virus ini dapat menyebabkan terjadinya kanker penis. Apalagi jika seseorang tersebut terkena infeksi, maka pertumbuhan kanker akan semakin cepat. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir jika tubuh Anda apakah terkena jenis virus HPV ini atau tidak.

Hal ini dikarenakan sudah ada cara untuk mendeteksi secara dini mengenai keberadaan virus HPV ini. caranya adalah dengan Pap Smear. Pap Smear sendiri adalah sbuah alat yang berfungsi sebagai pendeteksi adanya kutil di daerah kemaluan. Jika penderita tersebut mengalami tanda-tanda adanya kanker serviks maupun kanker penis, maka dia harus melakukan terapi dengan vaksinasi HPV. Anda bisa bekonsultasi dengan dokter mengenai vaksin kanker serviks maupun vaksin untuk kanker penis.

Itulah 5 kanker yang disebabkan oleh virus yang perlu diketahui. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi tambahan yang cukup akurat untuk Anda dan pembaca semuanya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Jenis Jenis Kanker

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.