Waspada 6 Jenis Kanker yang Paling Banyak di Indonesia

Penyakit kanker masih menjadi penyumbang angka kematian yang cukup besar di Indonesia dan menjadi ancaman kesehatan utama di seluruh dunia. Selain penyebab utamanya yang sulit untuk dideteksi atau diprediksi sebelumnya, pengobatan kanker juga masih banyak diperbincangkan di dunia kesehatan.

Sponsors Link

Oleh sebab itulah, angka pengidap kanker baik di Indonesia maupun di dunia selalu meningkat setiap tahunnya. Lantas jenis kanker apa saja yang paling banyak diderita? Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jenis kanker yang paling banyak di Indonesia, mari simak ulasan berikut ini.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kanker memang masih menjadi penyumbang angka kematian yang cukup besar di Indonesia. Beberapa jenis kanker yang banyak di derita di Indonesia sendiri diantaranya adalah:

  • Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan jenis kanker pertama yang diketahui paling banyak diderita di Indonesia, baik yang dialami oleh wanita maupun pria. Kanker payudara sendiri disebabkan karena adanya pertumbuhan atau berkembangan sel-sel payudara yang menjadi tumor ganas karena adanya sel tidak normal. Tumor ganas merupakan suatu kumpulan sel kanker yang biasanya bersifat cepat berkembang baik ke jaringan yang ada di sekitarnya maupun juga menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Salah satu gejala awal kanker payudara secara umum adalah adanya benjolan yang terasa berbeda tumbuh pada sekitar payudara, biasanya juga akan disertai dengan timbulnya rasa sakit hingga adanya cairan yang tidak normal keluar dari dada. Walaupun kanker payudara secara umum memang lebih banyak ditemukan pada wanita, namun tetap tidak menutup kemungkinan diderita oleh para pria.

  • Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang juga menyumbang angka besar pada jumlah kasus kanker di Indonesia. Bahkan banyak yang menganggap bahwa kanker paru-paru merupakan suatu penyakit yang mematikan secara tenang atau sebagai silent killer. Mengapa demikian? Karena kanker paru-paru sangat sulit dideteksi dari dini, bahkan biasanya ketika seseorang terdiaknosa dengan kanker paru-paru sudah masuk pada stadium 3.

Oleh sebab itulah, kanker ini disebut sebagai silent killer. Salah satu penyebab kanker paru-paru atau peningkatan risiko seseorang terhadap kanker paru-paru adalah dari merokok, baik bagi perokok pasif maupun aktif pada pria atau wanita. Walaupun begitu, masih ada pula beberapa penyebab kanker paru-paru selain merokok yang perlu untuk diwaspadai.

  • Kanker Serviks

Salah satu jenis kanker yang paling banyak di Indonesia selanjutnya adalah kanker serviks. Kanker serviks pada wanita sendiri juga merupakan jenis kanker yang menjadi ancaman besar bagi wanita setelah kanker payudara. Bahkan tidak hanya di Indonesia saja namun juga di seluruh dunia. Penyebab utama dari kanker ini adalah adanya virus Human Papillomavirus, walaupun sebenarnya tidak semua jenis virus ini akan menyebabkan kanker.

Sebagai contoh, virus tersebut juga dapat menyebabkan  kutil pada kulit kelamin dan bahkan ada pula yang tidak menimbulkan gejala apapun. Salah satu penyebab penyebaran virus ini dan menyebabkan kanker serviks adalah karena sering melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan. Oleh sebab itulah, bagi para wanita penting untuk secara rutin melakukan tes Pap Smear agar dapat menemukan jika ada perubahan-perubahan pada sel leher rahim yang berpotensi menjadi kanker.

  • Kanker Hati

Kanker hari merupakan jenis kanker yang disebabkan karena adanya perkembangan tumor ganas dari sel hati itu sendiri. Menjadi salah satu bagian tubuh yang juga banyak mengalami penyebaran sel kanker, sel-sel kanker yang menyebar ke Hati tidak dapat disebut sebagai kanker hati, namun disebut sebagai kanker metastatic atau kanker yang menyebar.

Salah satu jenis kanker hati yang paling umum adalah karsinoma hepatoseluler dimana banyak disebabkan oleh adanya kondisi penyakit hati kronis, baik yang disebabkan oleh infeksi hepatitis B maupun infeksi hepatitis C.

  • Kanker Kolorektal

Kanker kolorektal merupakan jenis kanker yang bermula pada rektrum atau yang lebih dikenal dengan usus besar. Jenis kanker ini banyak di tandai dengan munculnya polip di dinding bagian dalam usus besar yang kemudian berkembang menjadi kanker. Oleh sebab itu, untuk mencegah kanker kolokteral dapat dimulai dengan menghilangkan polip yang tumbuh tersebut.

  • Kanker Prostat

Jenis kanker yang paling banyak di Indonesia terakhir adalah kanker prostat, dimana kemungkinan seorang pria dapat terserang kanker prostat adalah setelah menganjak usia 50 tahun. Bahkan banyak ditemukan para pria yang berumur lebih dari 65 tahun mengidap penyakit yang satu ini.

Penyebab kanker prostat pada pria sendiri masih belum diketahui secara pasti, hanya hanya banyak yang menyebutkan seperti adanya perubahan gen, pola makan seperti sering mengonsumsi daging merah atau produk susu tinggi lemak, dan lain sebagainya. Sebenarnya perkembangan kanker prostat biasanya tumbuh secara perlahan-lahan. Namun saat kanker prostat mulai menyebar ke daerah lain, maka pergerakannya akan sangat cepat dan mengurangi tingkat harapan hidup pengidap kanker.

Demikian penjelasan terkait dengan jenis kanker yang paling banyak di Indonesia, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan meningkatkan kewaspadaan anda terhadap kesehatan tubuh.

, , , , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.