8 Jenis Kanker yang Bisa Disembuhkan Dengan Mudah

Di dunia ini, penyakit kanker menjadi penyakit yang paling ditakuti manusia apalagi setiap tahunnya jumlah penderita kanker semakin meningkat. Kebanyakan dari mereka harus kehilangan nyawa dan sebagian lagi menghabiskan sisa usianya dengan rasa takut dan sakit yang sangat menyiksa. Jenis kanker sendiri jumlahnya cukup banyak sesuai dengan lokasi tubuh tempat sel kanker muncul pertama kali. Dalam dunia medis, penyakit kanker hanya bisa diatasi dengan pengobatan kanker konvensional seperti kemoterapi kanker, operasi maupun terapi radiasi. Dan sebelum itu, dokter akan melakukan biopsi kanker untuk dilihat jenis kankernya agar dapat menentukan metode pengobatan yang paling tepat.

Sponsors Link

Dari seluruh kanker yang pernah diderita manusia, beberapa di antaranya termasuk jenis kanker paling mematikan di dunia seperti kanker paru-paru dan kanker hati. Namun sebagian lagi termasuk jenis kanker yang bisa disembuhkan, dengan catatan dapat terdeteksi saat masih stadium awal. Nah, berikut ini merupakan jenis kanker yang dimaksud.

1. Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan jenis kanker yang paling jinak dan pertumbuhannya sangat lambat. Bahkan pria yang terkena kanker prostat tidak merasakan gejala yang aneh karena kanker yang menyerang tidak agresif. Meski begitu penyakit kanker yang sudah stadium lanjut tentu lebih kecil peluang kesembuhannya. Karena itu jika dapat dideteksi pada tahap awal, kanker ini sangat mudah disembuhkan bahkan lebih dari 90% penderita kanker prostat dapat disembuhkan. Jika Anda para pria merasakan kesulitan buang air kecil, muncul rasa sakit saat berkemih dan tidak mampu menahan kencing dalam waktu lama sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit, karena gejala tersebut bisa menandakan gejala awal kanker prostat.

2. Kanker Limfoma Hodgkin

Kanker limfoma terbagi dua, yaitu kanker limfoma hodgkin dan kanker limfoma non-hodgkin. Umumnya kanker limfoma non-hodgkin tidak merespon pengobatan dengan baik dan lebih agresif sehingga sulit disembuhkan. Namun berbeda dengan kanker limfoma hodgkin, jenis kanker satu ini lebih mudah disembuhkan karena sel kankernya termasuk lebih jinak. Jika dapat diketahui pada gejala awal maka penyakit ini dapat lebih mudah disembuhkan. Karena itu pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu mendeteksi penyakit ini sehingga dapat segera mendapat penanganan yang tepat.

3. Kanker Tiroid

Kanker tiroid pun juga masih bisa disembuhkan dengan dilakukannya pemeriksaan rutin dan deteksi dini. Pertumbuhan sel kanker pada kelenjar tiroid lebih mudah menunjukkan gejala bahkan pada tahap awal sehingga penyakit ini dapat segera ditangani. Jika tenggorokan terasa sakit, muncul benjolan dan sulit untuk menelan makanan sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Jika memang terdeteksi adanya sel kanker maka tindakan pengobatan harus segera dilakukan agar kanker tiroid lebih mudah disembuhkan.

4. Kanker Payudara

Kanker payudara umumnya lebih mudah terdeteksi karena dari penampakan luar pun kita bisa melihat dengan jelas jika ada yang tidak beres terjadi pada payudara. Jika payudara sering terasa sakit, muncul ruam kemerahan di sekitar payudara, ukuran payudara berubah dan adanya benjolan yang tidak wajar maka kemungkinan hal tersebut merupakan gejala awal kanker payudara. Jika para wanita rutin memeriksa payudaranya sendiri dan menyadari adanya perubahan secara tiba-tiba, itu tandanya Anda harus segera ke rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan.

5. Kanker Melanoma

Kanker melanoma atau disebut juga kanker kulit menunjukkan gejala yang jauh lebih jelas terlihat sehingga seharusnya penyakit ini mudah dideteksi pada stadium awal. Artinya, penyakit ini dapat diketahui dengan cepat sehingga dapat segera diobati dan lebih besar peluang sembuhnya. Gejala yang sering terlihat adalah adanya ruam, bercak atau perubahan warna kulit yang secara tiba-tiba, atau muncul tahi lalat yang banyak dan sering berdarah.

Sponsors Link

6. Kanker Testis

Kanker testis pun tidak jauh berbeda dengan kanker prostat yang kemungkinan sembuhnya cukup besar. Apalagi jika kanker menyebabkan perubahan pada fungsi organ reproduksi maka sebaiknya Anda lebih waspada dan segera memeriksakannya. Penyakit ini juga tidak begitu ganas, asalkan bisa ditemukan lebih dini maka kanker testis masih dapat disembuhkan dengan mudah.

7. Kanker Serviks

Kanker serviks memang dianggap sebagai pembunuh wanita tertinggi setelah kanker payudara. Namun penyakit ini sebenarnya juga bisa disembuhkan jika lebih dini dideteksi. Sangat diperlukan tingkat kesadaran wanita untuk lebih peduli dengan perubahan yang terjadi pada organ reproduksinya. Jika perut bagian bawah sering terasa sakit dan mengalami keputihan yang tidak normal sebaiknya segera periksakan diri agar dapat diketahui apakah terdapat penyakit kanker serviks atau tidak. Deteksi dini dapat membantu menyembuhkan kanker serviks lebih mudah.

8. Kanker Tulang

Kanker tulang umumnya memang sulit terdeteksi karena letaknya berada di dalam. Namun kanker ini lebih mudah menunjukkan gejala seperti rasa sakit pada tulang yang bersifat konstan dan tulang menjadi lebih rapuh. Jika ini terjadi pada Anda, segeralah melakukan pemeriksaan lebih detail. Jika dapat diketahui lebih cepat kanker tulang masih bisa disembuhkan.

Itulah jenis kanker yang bisa disembuhkan dan sebaiknya memang tetap perlu kita waspadai. Semakin cepat penyakit kanker terdeteksi maka akan semakin mudah pula penyakit tersebut diobati. Jika sudah masuk stadium akhir maka pengobatan pun hanya bertujuan untuk memperpanjang harapan hidup pasien.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.