10 Jenis Jenis Tumor Jinak Kulit dan Payudara

Tumor adalah pertumbuhan sel abnormal yang terus membelah tanpa tujuan yang jelas. Tumor dapat bersifat ganas maupun jinak, perbedaannya terletak pada kecepatan tumbuh dan tingkat penyebaran. Pada kanker jinak, sifat tumor membelah tidak terlalu cepat dan terbatas pada lokasi tersebut. Tumor jinak dapat terjadi di bagian tubuh manapun tergantung dari jenis sel yang bermutasi. Dalam beberapa kasus, prognosis kanker jinak sangat bagus. Tetapi tumor jinak dapat menjadi serius jika pertumbuhannnya menggangu atau menekan struktur vital seperti pembuluh darah atau saraf. Karena itu, beberapa kasus kanker jinak memerlukan terapi dan yang lainnya tidak.

Sponsors Link

baca juga : penyebab tumor jinak menjadi ganas

Penyebab tumor jinak belum diketahui secara pasti. Tetapi pertumbuhan tumor jinak dihubungkan dengan racun yang meracuni lingkungan seperti radiasi, genetik, diet, stress, trauma lokal atau injury, radang atau infeksi. Di banyak kasus, tumor jinak perlu terapi. Namun, dokter mungkin dapat melakukan ‘watchful waiting’ untuk memastikan tidak ada masalah terkait tumor jinak tersebut. Tujuan untuk menghilangkan tumor tanpa merusak jaringan sekitar. Tipe lain dari terapi terapi adalah menggunakan medikasi atau radiasi. Berikut adalah jenis- jenis dari tumor jinak.

baca juga: perbedaan tumor payudara dan tumor payudara

1. Adenoma

Adenoma adalah tumor jinak yang berasal dari sel epitel. Sel epitel adalah sel yang menyelubungi organ tubuh. Dan adenoma adalah jenis tumor jinak yang berasal dari jaringan epitel kelenjar atau struktur yang menyerupai kelenjar seperti kelenjar susu, kelenjar tiroid, kelenjar ludah, kelenjar pituitari dan kelenjar hipofisis di otak dan kelenjar lendir di usus dan lain sebagainya.

Tipe yang paling umum dari adenoma adalah polip yang muncul di kolon. Adenoma juga dapat tumbuh di organ liver karena organ ini memiliki fungsi seperti kelenjar. Selain itu adenoma juga bisa muncul di kelenjar adrenal yang terletak di atas organ ginjal. Jika terdapat indikasi dapat dilakukan tindakan operasi. Karena walaupun tidak biasa, tipe tumor ini dapat menjadi ganas. Pada kolon, kurang dari 1 kasus diantara tiap 10 adenoma dapat menjadi kanker ganas.

baca juga: penyebab kanker buah zakar paling sering terjadi

2. Fibroma

Fibroma adalah tumor yang berasal dari jaringan ikat fibrosa atau jaringan ikat serabut yang dapat tumbuh di organ manapun. Contoh dari fibroma adalaha mioma uteri yang disebut fibroid. Walapun bukan kanker, fibroid rahim dapat menyebabkan perdarahan dari jalan lahir yang cukup parah dan bila berlebihan dapat menyebabkan anemia dan syok hipvolemik yang dapat mengancam nyawa.

Selain itu fibroid rahim dapat menyebabkan masalah pada kandung kemihnya seperti nyeri saat berkemih, susah berkemih atau tidak dapat berkemih sama sekali. Selain itu, keluhan yang sangat menggangu adalah nyeri panggul atu tekanan pada daerah panggul. Tumor yang berasal dari jaringan ikat fibrosa memiliki tipe lain yaitu tumor desmoid. Tumor ini dapat menyebabkan masalah ke organ sekitar dengan tumbuh dan mengganggu jaringan sekitar. Karena dapat menyebabkan sejumlah masalah, tumor jaringan fibrosa perlu dibuang dengan jalan pembedahan.

baca juga: operasi kanker payudara

Sponsors Link

3.Hemangioma

Hemangioma adalah tumor jinak yang berasal dari sel pembuluh darah yang ada di kulit atau organ- organ yang berasal dari dalam tubuh. Hemangioma sering dianggap sebagai tanda lahir yang dapat muncul di kepala, leher dan tubuh. Hemangioma dapat muncul dan berwarna merah atau kebiruan. Beberapa kasus hemangioma dapat hilang dengan sendirinya secara spontan. Namun, kasus lain dapat mengganggu penglihatan, pendengaran atau makan sehingga memerlukan terapi seperti suntik dengan kortikosteroid agar mengecil atau dengan pengobatan lain.

baca juga: manfaat vitamin c untuk kanker – manfaat chia seed untuk kanker

4.Lipoma

Lipoma adalah tumor jinak yang berasal dari sel lemak. Bila dilihat di bawah mikroskop sel lemak adalah sel yang sitoplasmanya mengandung asam lemak yang disimpan untuk keperluan cadangan makanan tubuh. Bentuknya seperti cincin signet dengan permata diatasnya. Permata itu adalah inti sel dan cincinnya adalah selaput sel. Pada sel ganas, inti sel menjadi besar dan mengandung kromosom yang kasar. Lipoma tumbuh dari sel lemak dan merupakan tumor jinak yang paling sering ditemukan. Lipoma dapat muncul di leher, bahu, punggung atau lengan. Lipoma merupakan tumor jinak yang tumbuh lambat dan biasanya berbentuk bulat dan dapat digerakan.

Saat disentuh konsistensinya lunak. Penyebab lipoma bisa terjadi karena faktor keturunan dan terkadang bisa berasal dari trauma di daerah tersebut. Lipoma tidak harus diterapi jika tidak menggangu. Indikasi untuk membuang tumor jika terasa nyeri atau tumbuh dengan sangat cepat. Lipoma memerlukan injeksi steroid atau membuang melalui liposuction atau operasi. Dua tipe lain dari tumor lemak jinak adalah lipoblastoma yang muncul pada usia anak.

baca juga: perbedaan kanker dan tumor secara umum

ads

5.Meningioma

Meningioma adalah tumor yang berkembang dan berasal dari membran yang menyelubungi otak dan sum- sum tulang. Dari sekitar 9 dari 10 tumor adalah jinak. Banyak tumor yang tumbuh dengan sangat lambat dan lainnya tumbuh dengan sangat cepat. Terapi bervariasi berdasarkan lokasi meningioma dan gejala yang menyebabkan. Gejala bisa berupa sakit kepala, lemah separuh badan, kejang, perubahan tingkah laku dan gangguan penglihatan. Terkadang dokter memilih hanya akan menunggu dan melihat perkembangan tumor dari waktu ke waktu. Jika pembedahan diperlukan, kesuksesannya tergantung dari usia, lokasi tumor dan apakah tumor menempel pada benda yang lain. Terapi radiasi dilakukan untuk tumor yang tidak dapat dibuang.

baca juga: gejala kanker otak stadium awal

6.Mioma

Mioma adalah tumor yang berasal dari otot. Leiomioma tumbuh dari otot polos dimana ditemukan pada organ dalam seperti perut dan rahim.  Pertama kali, mioma dapat muncul di dinding pembuluh darah. Pada dinding pembuluh uterus, leiomioma sering disebut fibroid. Tumor jinak otot rangka yang amat jarang adalah rhabdomyosarcoma. Tumor ini mudah terlihat, untuk menghilangkan gejala, tumor ini dapat dikurangi perkembangannya dengan medikasi atau dibuang melalui pembedahan.

baca juga: perbedaan kanker rahim dan kanker leher rahim

7.Nevi

Nama lain dari nevi adalah tahi lalat yaitu pertumbuhan jenis tumor jinak pada organ kulit. Warna dari tumor ini bervariasi mulai dari berwarna pink hingga berwarna kecoklatan atau hitam. Anda dapat melihat pertumbuhan tahi lalat baru hingga usia 40 tahun. Tahi lalat yang berubah menjadi kanker dapat terlihat berbeda dibandingkan dengan tahilalat biasa. Pada tahi lalat yang displasia dapat berkembang menjadi berbagai tipe kanker atau melanoma

Untuk alasan ini, merupakan hal yang penting untuk memeriksakan kulit anda secara teratur pada petugas kesehatan profesional jika menemukan bahwa tahi lalat anda tidak biasa, pertumbuhan atau terjadi perubahan bentuk, memiliki batas tidak tegas dan perubahan warna. Terkadang perlu untuk mengeliminasi tahi lalat yang memiliki tanda- tanda kanker seperti ini.

baca juga: manfaat air lemon untuk kanker

8.Neuroma

Neuroma adalah tumor jinak yang berasal dari saraf. Dua tipe tumor saraf lainnya adalah neurofibroma dan schwannoma. Tumor saraf jinak ini dapat terjadi dimanapun pada saraf dan terdapat di seluruh tubuh. Neurofibroma sering ditemukan pada orang- orang yang mendapat mutasi genetik turunan yang disebut neurofibromatosis. Pembedahan adalah cara yang paling umum untuk menyingkirkan tumor ini.

baca juga: gejala kanker otak stadium 4

Sponsors Link

9.Osteokondroma

Tumor ini adalah tumor jinak tulang yang berasal dari sel tulang keras dan sel tulang rawan. Tumor ini biasanya muncul sebagai benjolan yang tidak nyeri atau benjolan disekitar lutut atau bahu. Terkadang, dokter dengan sederhana akan melihat perkembangan dari tumor hanya dengan sinar x-rays. Pembedahan mungkin diperlukan jika tumor dapat menyebabkan gejala seperti nyeri dan penekanan pada saraf atau pembuluh darah.

baca juga: gejala tumor mata –  jenis kanker tulang jinak

10.Papilloma

Papiloma adalah tumor yang berasal dari jaringan epitel juga dan memiliki penonjolan- penonjolan massa yang berbentuk jari- jari tangan. Papiloma dapat bersifat jinak maupun ganas dan dapat tumbuh di jaringan kulit, leher rahim, saluran air susu payudara dan membran mukus atau selaput lendir yang membungkus bagian dalam kelopak mata dan dapat muncul di usus besar dan usus halus. Tumor ini berasal dari kontak langsung jaringan dengan infeksi HPV (human papillomavirus). Karena infeksi ini sel akan mengalami mutasi dan memecah belah dengan tidak terkendali. Karena itu penting untuk melakukan pencegahan dengan imunisasi HPV.

baca juga: gejala kanker leher rahim stadium awal

Imunisasi HPV memiliki dua tipe yaitu bivalen dan quadrivalen. Perbedaaan vaksin ini terletak dari virus yang dicegah yaitu HPV  tipe 16 dan HPV tipe 18, tipe 11 dan tipe 6. Pada vaksin HPV bivalen perlindungan yangdibeirkan adalah untuk HPV tipe 16 dan 18 sedangkan vaksinasi HPV quadrivalen memberikan perlindungan untuk keempat tipe HPV diatas. Beberapa tipe papilloma dapat hilang dengan sendirinya namun sebagian besar perlu tindakan medis untuk mengatasi papiloma. Dalam beberapa kasus, pembedahan diperlukan untuk membuah papiloma.

baca juga: penyebab tumor jinak payudara yang paling berbahaya

,
Post Date: Tuesday 12th, September 2017 / 04:37 Oleh :
Kategori : Kanker Umum