Kanker Umum

Kanker adalah salah satu penyakit paling ganas di dunia dimana terjadi kerusakan sel-sel (tumbuh tidak normal) yang dapat menyerang jaringan sel lainnya. Penyebaran sel-sel kanker terjadi dan menyebar di seluruh bagian tubuh melalui sistem limfe dan melalui darah. Kadang kanker juga disebut sebagai TUMOR GANAS. Kanker bukan hanya salah satu penyakit, setidaknya adalah lebih dari 100 jenis kanker yang dikenal di dunia kedokteran.

Bagaimana Kanker Berkembang?

Kanker disebabkan oleh tumbuhnya sel-sel yang tidak terkendali dan terus tumbuh namun tidak dapat dimatikan. Pada umumnya sel-sel normal dalam tubuh memiliki proses yang baik mulai dari pertumbuhan, pembelahan, sampai pada kematian sel tersebut. Kematian sel normal disebut dengan apoptosis, namun ketika proses ini menjadi kacau maka kanker akan mulai terjadi dan terbentuk. Tidak adanya proses Apoptosis membuat sel terus tumbuh dan sangat tidak terkendali sehingga dapat menyerang sel normal lainnya.

pertumbuhan sel kanker

Pertumbuhan sel kanker, Sumber Gambar: Cancer.gov

5 Kelompok Kanker

Kanker dapat dijadikan menjadi 5 kelompok utama dengan total lebih dari ratusan jenis kanker yang dikategorikan berdasarkan lokasi yang diserang.

  1. Carcinoma : Seluruh kanker yang tergabung pada jenis ini dimulai pada jaringan kulit yang menutupi organ dalam (internal). Kanker kategori carcinoma memiliki sub tipe : karsinoma sel basal, adenokarsinoma, karsinoma sel skuamosa, dan karsinoma sel transisional.
  2. Sarkoma : Jenis sarkoma merrupakan kategori kanker yang terdapat dan diawali pada tulang, lemak, otot, tulang rawan, pembuluh darah, dan jaringan pendukung lainnya.
  3. Leukemia – Kategori kanker yang menyerang jaringan darah termasuk di dalamnya kanker sum-sum tulang yang membuat sel darah tumbuh abnormal.
  4. Limfoma dan myeloma : Kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
  5. Kanker sistem saraf : Kanker yang dimulai dari jaringan dalam otak dan sumsum tulang belakang.

Bagaimana Kanker di Bedakan?

Kanker dibedakan berdasarkan tipe kanker yang menyerang bagian bagian tertentu. Setiap jenis kanker tentu memiliki penyebab, pencegahan, pengobatan, dan gejala dan ciri ciri yang berbeda. Contoh kanker darah dan kanker serviks tentu memiliki lokasi dan karakteristik yang berbeda.

Kanker = Tumor ?

Tumor merupakan salah satu bentuk benjolan yang tidak normal, didalamnya tumbuh sel-sel tidak normal. Namun tidak semua tumor dapat dikatakan kanker, ada beberapa jenis tumor yang bukan kanker.

Tumor Jinak

Tumor jinak merupakan tumor dapat dikatakan bukan kanker. Tumor jenis ini dapat menyebabkan berbagai masalah sehingga dapat tumbuh menjadi lebih besar dan terjadi pada organ atau jaringan yang sehat. Karakteristik tumor jinak adalah mereka tidak dapat menyerang sel jaringan lain didalam tubuh. Karena itulah mereka tidak dapat Tapi mereka tidak bisa tumbuh menjadi (menyerang) jaringan lain. Karena hal tersebut mereka tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain atau dikenal dengan istilah metastatis, tumor jinak juga tidak mengancam nyawa.

Tumor Ganas

Tumor ganas juga dikatakan kanker, tumor jenis ini berkembang diseluruh bagian tubuh dan dapat merusak jaringan sel lainnya.

Penyebab Kanker

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kanker di antaranya adalah sebagai berikut :

  1. Radiasi
  2. Sinar matahari
  3. Makanan dan Minuman dalam kaleng (soda)
  4. Makanan olahan
  5. Keturunan
  6. Lingkungan kerja
  7. Infeksi bakteri
  8. Sistem imun tubuh

Sesuai dengan jenisnya kanker disebabkan oleh beberapa hal yang spesifik, silakan baca : Penyebab Kanker untuk mengetahui penyebab kanker secara umum.

Jenis Kanker Yang Dikenal di Dunia Medis

Artikel Dalam Kategori Kanker Umum