12 Penyebab Kanker Tulang Ekor yang Sangat Berbahaya

Kanker tulang ekor merupakan jenis kanker tulang yang jarang terjadi, namun penyakit ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian. Gejala kanker tulang ekor terkadang mirip dengan gejala penyakit ringan lainnya sehingga penyakit ini keseringan tidak dapat terdeteksi pada stadium awal. Terkadang pula gejala penyakit ini hampir sama dengan gejala kanker tulang belakang karena memang letaknya yang saling terhubung. Tentunya kita harus mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya kanker tulang ekor pada seseorang, dan jika dapat dideteksi lebih dini maka metode pengobatan kanker tulang dapat dilakukan secepat mungkin untuk menghindari efek yang lebih buruk dari kanker tersebut. Nah, berikut ini merupakan beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker tulang ekor yang dapat menyerang siapa saja.

Sponsors Link

1. Paparan Radiasi

Jika seseorang pernah menjalani terapi radiasi untuk mengobati penyakit kanker atau yang lainnya dan berdekatan dengan lokasi tulang ekor, maka kemungkinan terjadinya kanker tulang ekor sangat besar. Radiasi yang menggunakan sinar X ini memiliki energi yang cukup besar sehingga mampu merusak materi genetik di tulang ekor dan terbentuk sel kanker.

2. Hernia Umbilitikus

Seseorang yang pernah mengalami penyakit hernia umbilitikus terutama sejak lahir juga rentan terkena kanker tulang ekor. Tekanan dari organ dalam perut yang berulang terjadi membuat tulang ekor mengalami infeksi dan lama kelamaan memicu munculnya sel kanker. Karena itu kanker tulang ekor lebih banyak menyerang kaum pria dibandingkan wanita.

3. Benturan yang Keras

Saat seseorang jatuh terduduk dan tulang ekornya terhantam keras, maka tulang ekor akan terasa sangat nyeri. Jika terus dibiarkan maka sel kanker bisa saja muncul. Karena itu segeralah lakukan tindakan jika tulang ekor mengalami benturan yang keras yang umumnya terjadi karena jatuh terduduk dan menghantam lantai dengan kuat.

4. Tekanan pada Tulang Ekor

Bukan hanya benturan saja yang menyebabkan tulang ekor mengalami cedera hingga muncul sel kanker. Bahkan gesekan dan tekanan yang terus terjadi secara berulang seperti kebiasaan bersepeda juga dapat menyebabkan tulang ekor meradang. Peradangan yang berlangsung lama seringkali menyebabkan sel-sel mengalami kerusakan dan mutasi genetik sehingga muncullah sel kanker.

5. Makanan yang Tidak Sehat

Meski secara tidak langsung, ternyata makanan juga memberikan pengaruh terhadap terjadinya kanker tulang ekor. Sekarang ini memang banyak sekali jenis makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet, pewarna dan penguat rasa sehingga dapat menjadi senyawa karsinogen atau racun dalam tubuh dan memicu perkembangan sel kanker termasuk pada tulang ekor.

6. Pukulan Langsung ke Tulang Belakang

Aktivitas berat seperti berolahraga terkadang dapat menimbulkan efek samping jika tidak dilakukan secara berhati-hati, dan salah satunya menyebabkan pukulan mengenai tulang ekor seseorang. Pukulan tersebut bisa saja terjadi tanpa disengaja namun dapat berakibat fatal karena tulang ekor menjadi nyeri hingga dapat meningkatkan resiko kanker.

7. Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan buruk yang terus dipertahankan seperti merokok dan minum minuman beralkohol dapat berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk meningkatkan resiko terjadinya kanker tulang ekor. Kandungan senyawa kimia dalam rokok dan alkohol dapat merusak sel, sistem saraf, berbagai fungsi organ hingga memicu penyakit kanker akibat mutasi genetik.

8. Adanya Infeksi

Meski sangat jarang terjadi, tulang ekor dapat mengalami infeksi baik disebabkan oleh virus maupun bakteri. Infeksi yang terjadi dan dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan sel mengalami kerusakan hingga mengalami perubahan materi genetik sehingga resiko kanker tulang ekor pun semakin besar.

Sponsors Link

9. Menderita Kanker Tulang Belakang

Tulang belakang terhubung dengan tulang ekor, jadi saat tulang belakang mengalami gangguan kesehatan maka dapat berdampak pada tulang ekor juga. Demikian juga jika seseorang menderita kanker tulang belakang, maka akan lebih besar menghadapi resiko terkena kanker tulang ekor karena sel kanker telah menyebar atau bermetastasis.

10. Riwayat Retinoblastoma

Jika seseorang memiliki riwayat penyakit retinoblastoma atau sejenis kanker mata sejak kecil, maka ia berpeluang besar mengalami kanker tulang ekor. Hal ini dikarenakan sel kanker yang menyerang mata dapat menyerang tulang belakang sehingga sel kanker trus berkembang hingga akhirnya mengenai tulang ekor.

11. Sindrom Li-Fraumeni

Meski sangat jarang ditemukan, sindrom Li-Fraumeni juga dikaitkan dapat menyebabkan munculnya sel kanker pada tulang ekor. Sindrom ini sangat langka sehingga kasusnya sangat jarang dijumpai. Namun begitu penyakit ini harus diwaspadai agar dapat dicegah dan diatasi sedini mungkin.

12. Cedera pada Panggul

Cedera yang mengenai panggul seringkali menyebabkan nyeri yang hebat, dan tak jarang menghambat aktivitas orang yang mengalaminya. Cedera pada panggul yang berlangsung lama dapat menekan tulang ekor sehingga tulang ekor mengalami gangguan kesehatan dan meningkatkan resiko terkena kanker tulang ekor.

Itulah penyebab kanker tulang ekor yang perlu untuk kita ketahui.Untuk mencegah penyakit tersebut kita harus menghindari penyebabnya dan mengkonsumsi daftar makanan sehari-hari pencegah kanker. Kita juga perlu tahu mengenai gejala kanker tulang agar dapat segera mendeteksinya sebelum penyakit tersebut bertambah parah.

, , ,