Penyebab Kanker Sumsum Tulang Belakang dan Faktor Risikonya

Salah satu jenis kanker yang terbilang langka namun juga mematikan dibanding dengan jenis kanker lainnya adalah kanker sumsum tulang belakang, dimana perbandingannya hanya satu atau dua dibanding satu juta orang. Kanker sumsum tulang belakang atau Multiple Myeloma sebenarnya masih termasuk dalam kanker darah, hanya saja dengan jenis yang berbeda dan tergolong sangat langka. Hal ini disebabkan karena Multiple Myeloma sendiri merupakan salah satu jenis sel darah putih atau plasma pada sumsum tulang. Lantas apa yang menjadi penyebab kanker sumsum tulang belakang yang langka ini, dimana gejala kanker sumsum tulang belakang juga sulit diketahui? Dalam ulasan berikut ini akan dibahas secara lebih lengkap mengenai penyebab dan juga faktor risiko Multiple Myeloma atau kanker sumsum tulang belakang.

Sponsors Link

Kanker Sumsum Tulang Belakang

Kanker sumsum tulang belakang atau Multiple Myeloma merupakan kanker ganas yang berasal dari sel plasma, yaitu sejenis sel darah putih yang dihasilkan di sumsum tulang. Pada dasarnya, sel plasma berfungsi untuk memproduksi antibiotik yang bertugas untuk mengatasi infeksi yang terjadi didalam tubuh. Namun pada kondisi kanker sumsum tulang belakang atau Multiple Myeloma, sel plasma justru memproduksi protein yang tidak normal dengan jumlah yang berlebih. Kondisi tersebut kemudian menyebabkan adanya gangguan pada beberapa organ ditubuh, seperti merusak ginjal dan juga tulang.

Tidak hanya menjadi kanker yang langka saja, bahkan Multiple Myeloma juga akan menimbulkan gejala yang berbeda-beda pada penderitanya, sehingga menjadikannya lebih sulit untuk dideteksi sejak dini. Pada masa pertumbuhan atau perkembangan awal, memang sama dengan jenis kanker lainnya seperti gejala kanker darah awal maupun gejala awal kanker tulang yang tidak menimbulkan gejala apapun. Namun setelah kanker berkembang dan menyebar, seperti pada kanker sumsum tulang belakang stadium 3, maka baru akan timbul beberapa gejala yang dialami. Secara umum akan menimbulkan beberapa gejala seperti:

  • Mual, kehilangan nafsu makan, hingga penurunan berat badan.
  • Rasa nyeri pada tulang, dan juga tulang yang menjadi lebih mudah patah.
  • Mudah terserang infeksi didalam tubuh.
  • Mudah berdarah, dan juga timbul banyak lebam-lebam, dan lain sebagainya.

Penyebab dan Faktor Risiko

Hampir semua jenis kanker yang tumbuh didalam tubuh belum diketahui penyebabnya secara pasti, termasuk juga bagi kanker sumsum tulang belakang atau Multiple Myeloma. Jika dilihat dari penjelasan diatas, maka penyebab yang paling memungkinkan adalah karena adanya antibodi yang di hasilkan namun merugikan tubuh yang disebabkan karena adanya sel plasma abnormal yang dapat berlipat ganda dengan cepat dan juga melebihi pertumbuhan sel normal. Namun secara pasti penyebab dari kanker sumsum tulang belakang ini memang masih belum diketahui.

Selain itu terdapat juga Multiple Myeloma yang bersifat jinak, yaitu Monoclonal Gammopathy of Undetermined Significance atau MGUS. MGUS ini juga bisa menjadi penyebab awal dari kanker sumsum tulang belakang, dimana antibodi abnormal dihasilkan oleh sel myeloma tetapi tidak menyebabkan adanya kerusakan maupun gangguan pada tubuh. Diperkirakan sekitar seratus orang penderita MGUS, satu diantaranya dapat berkembang menjadi Multiple Myeloma atau kanker sumsum tulang belakang pada setiap tahunnya.

Walaupun penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko dari Multiple Myeloma. Beberapa faktor penyebab tersebut diantaranya adalah:

  • Jenis Kelamin

Jenis kelamin merupakan faktor penyebab yang pertama, karena dilihat dari besarnya penderita Multiple Myeloma atau kanker sumsum tulang belakang yang lebih banyak diderita oleh laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

  • Usia

Usia juga dapat menjadi faktor penyebab atau faktor risiko terkena Multiple Myeloma pada sebagian orang. Kasus Multiple Myeloma sendiri juga lebih banyak di diagnosis pada usia pertengahan 60 tahun. Dimana terdapat anggapan pula bahwa semakin bertambahnya usia maka risiko seseorang menderita penyakit ini juga akan ikut meningkat.

  • Ras

Selain dari jenis kelamin dan juga usia, ternyata ras juga menjadi salah satu faktor risiko Multiple Myeloma. Dimana penyakit ini lebih banyak ditemukan pada orang kulit hitam dibandingkan pada orang kulit putih atau orang asia.

  • Menderita MGUS

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa MGUS sebagai salah satu Multiple Myeloma yang bersifat jinak juga dapat meningkatkan risiko menderita Multiple Myeloma atau kanker sumsum tulang belakang yang telah berkembang.

Sponsors Link

  • Riwayat Keluarga

Risiko seseorang mengalami Multiple Myeloma juga akan semakin meningkat ketika didalam riwayat penyakit keluarganya juga terdapat anggota yang menderita penyakit ini.

  • Obesitas

Memang penyebab dari Multiple Myeloma belum diketahui secara pasti, namun ada anggapan pula bahwa faktor obesitas juga dapat meningkatkan risiko seseorang menderita Multiple Myeloma.

Demikian penjelasan mengenai penyebab kanker sumsum tulang belakang dan juga faktor risikonya. Karena penyebab dari penyakit ini masih belum bisa diketahui secara pasti, maka sebaiknya selalu berwaspada dan menjaga kondisi tubuh dengan baik. Dan apabila mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan sebelumnya, maupun merasa tidak seperti seharusnya segeralah melakukan pemeriksaan dan juga konsultasi dengan dokter, agar risikonya dapat diturunkan dengan pengobatan kanker sumsum tulang belakang maupun penanganan dini penyakit kanker.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Tulang

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.