11 Pengobatan Tumor Tulang Jinak yang Wajib Dicoba

Penyakit tulang bisa dibilang cukup beragam, dan banyak sekali penyakit yang ternyata dapat berbahaya jika tidak segera ditangani. Salah satu penyakit yang dapat menyerang tulang adalah tumor tulang. Tumor tulang bukan termasuk jenis kanker tulang, namun bisa berpotensi menjadi kanker tulang jika tumor jinak menjadi ganas. Banyak yang tidak menyadari jika seseorang mengalami tumor tulang, terutama saat masih stadium awal. Namun saat massa tumor semakin membesar, barulah terlihat jelas bahwa tulang sudah tidak memiliki bentuk yang normal dan menjadi sangat sakit.

Sponsors Link

Tumor tulang biasanya terbagi menjadi tumor tulang jinak dan tumor tulang ganas. Tumor jinak maupun ganas dapat ditandai dengan adanya benjolan yang merupakan massa tumor dan tumbuh pada tulang, yang juga merupakan ciri-ciri kanker tulang dan gejala kanker tulang. Tumor tulang pun biasanya juga dipicu oleh penyebab kanker tulang sehingga kemungkinan gejala kanker tulang kaki dapat terjadi. Metode pengobatan kanker tulang sangat diperlukan untuk mengatasi tumor tulang yang terjadi, baik yang bersifat jinak maupun ganas atau menunjukkan tanda kanker tulang. Beberapa pengobatan tumor tulang jinak yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut.

1. Tindakan Operasi

Operasi biasanya dilakukan untuk mengangkat tumor dari tulang, dengan catatan tumor belum menyebar dan tidak merusak jaringan tulang. Tumor akan diangkat secara total, dan jika ada jaringan tulang yang terkena maka sebagian jaringan tulang tersebut juga perlu untuk diangkat agar tumor tidak kembali muncul.

2. Kemoterapi

Meski tumor bersifat jinak, seringkali tumor yang telah diobati muncul kembali. Hal ini biasanya disebabkan ada sel tumor yang mungkin tertinggal sehingga dapat tumbuh kembali di kemudian hari. Untuk mencegah hal tersebut, kemoterapi biasanya akan dianjurkan dokter agar tumor benar-benar hilang. Metode ini juga menjadi cara penyembuhan tumor tulang belakang yang sering dilakukan.

3. Radioterapi

Radioterapi biasanya tidk dibutuhkan jika tumor yang tumbuh pada tulang termasuk tumor jinak. Namun jika dikhawatirkan dapat menjadi tumor ganas, radioterapi dapat dilakukan untuk menghancurkan sel tumor tersebut. Tentu saja ada efek samping yang muncul, namun akan segera hilang setelah pengobatan selesai.

4. Amputasi

Proses amputasi juga dilakukan di ruang operasi, namun tindakan yang dilakukan dokter bukan hanya mengangkat tumor atau jaringan tulang yang terkena tumor, melainkan seluruh bagian tulang yang terserang tumor. Hal ini dilakukan jika tulang sudah rusak dan jika tidak diamputasi dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

5. Bergabung dengan Komunitas Peduli Kanker

Terkadang tumor jinak pada tulang dapat sembuh sendiri dan mengecil, yang sering terjadi pada anak-anak di masa pertumbuhan. Untuk mendukung dan meningkatkan semangat agar dapat sembuh, bergabung dengan komunitas peduli kanker akan membantu pikiran menjadi lebih positif sehingga dapat menekan laju pertumbuhan tumor.

6. Fisioterapi

Pasca pengobatan atau saat pengobatan sedang berlangsung, seringkali tulang menjadi lemah sehingga sulit untuk digerakkan. Jika tidak dilatih, tubuh dapat menjadi kaku dan mengalami kelumpuhan. Untuk mengatasi masalah tersebut, fisioterapi dapat dilakukan agar tubuh dapat bergerak dengan normal kembali.

7. Pengobatan Herbal

Bagi yang tidak ingin melakukan pengobatan medis, tindakan lainnya yang dapat dilakukan untuk mengobati tumor jinak pada tulang adalah pengobatan herbal. Pengobatan ini menggunakan bahan alami atau tanaman obat yang dipercaya dapat menghancurkan tumor dan kanker secara alami.

8. Akupuntur

Tindakan pendukung lainnya yang juga dapat membantu mengatasi tumor jinak adalah tindakan akupuntur. Metode akupuntur dapat dilakukan oleh orang yang ahli dan dilakukan dalam beberapa sesi untuk mengurangi rasa sakit sekaligus mempercepat penyembuhan tumor tulang.

Sponsors Link

9. Pola Hidup Sehat

Sebaik apapun pengobatan yang dijalani, tidak akan bisa menjamin kesembuhan tumor tulang jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat. Karena itu, mulailah untuk rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta selalu berpikir positif.

10. Menjauhi Kebiasaan Buruk

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol juga bisa mempengaruhi munculnya tumor pada tulang, meski penyebab lainnya juga turut berpengaruh. Namun dengan menghindari kebiasaan tersebut, tumor dapat lebih mudah disembuhkan dan tidak membesar dalam waktu yang cepat.

11. Rutin Konsultasi dengan Dokter

Tumor jinak mungkin hanya perlu pengawasan dari dokter dan hanya perlu mengkonsumsi beberapa jenis obat yang membantu mengecilkan tumor. Karena itu, jangan malas untuk mengunjungi dokter yang ahli agar dapat memantau kondisi tumor jinak yang diderita. Jika tumor mengecil, maka penyakit tersebut umumnya akan segera sembuh. Namun jika dokter menemukan gejala dimana tumor jinak berpotensi menjadi ganas, beberapa tindakan medis lainnya dpaat segera dilakukan.

Nah, itulah pengobatan tumor tulang jinak yang bisa dilakukan yang juga efektif untuk pengobatan kanker tulang belakang. Selain itu, penting pula untuk mengkonsumsi makanan untuk penderita kanker tulang agar tumor tulang bisa segera sembuh.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.