6 Pengobatan Kanker Tulang Belakang secara Medis

Kanker tulang belakang merupakan salah satu jenis kanker tulang yang termasuk langka dan jarang ditemukan kasusnya. Namun penyakit tersebut sangat berbahaya karena dapat mengganggu fungsi syaraf dan menyebar ke organ tubuh lainnya. Kanker tulang belakang kebanyakan menyerang pria dewasa dengan usia 40 tahun ke atas. Sama seperti kanker tulang lainnya, kanker tulang belakang bisa disebabkan adanya pertumbuhan sel kanker yang bermula dari dalam tulang tersebut, dan bisa juga disebabkan metastatis sel kanker dari jaringan atau organ di sekitarnya yang telah terserang kanker duluan. (Baca juga : Bahaya Kanker Tulang BelakangKanker Tulang)

Sponsors Link

Kanker tulang belakang ditandai dengan rasa nyeri di bagian tulang belakang, hingga ke bahu dan leher. Rasa nyeri tersebut berlangsung dalam waktu yang lama dan sering terjadi. Selain itu tubuh menjadi lebih lemas dan mudah lelah, serta kepekaan terhadap lingkungan kian menurun. Jika tidak segera mendapat perawatan, sel kanker akan menjalar ke bagian lainnya dan penyakit akan semakin parah. Bahkan kanker tulang belakang dapat menyebabkan kelumpuhan karena sel kanker menekan syaraf untuk menggerakkan otot. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Rahim , Gejala Kanker Usus Besar)

Sebelum kanker menyerang tulang belakang, kita sebaiknya waspada dan melakukan berbagai tindakan pencegahan. Namun jika sudah terlanjur terkena kanker tulang belakang, ada baiknya untuk segera mengambil tindakan dengan mengkonsultasikan pada dokter ahli dan memutuskan pengobatan mana yang tepat untuk dijalani. Penanganan sedini mungkin akan memperbesar harapan hidup dan sembuh dari penyakit berbahaya tersebut. Karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala kanker tulang belakang dan segera memeriksakan diri ke rumah sakit jika merasakan sesuatu yang tidak nyaman pada bagian punggung atau tulang belakang. (Baca juga : Jenis Kanker TulangPenyebab Kanker Tulang)

Pengobatan Kanker Tulang Belakang

Ada beberapa cara yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi atau mengobati penyakit kanker tulang belakang ini. Pemilihan metode pengobatan disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit kanker dan asal mula berkembangnya sel kanker. Berikut ini beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penderita kanker tulang belakang. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Lambung)

1. Kemoterapi

Kemoterapi merupakan metode yang lazim digunakan oleh tim medis untuk menghancurkan dan menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk dalam hal ini adalah kanker tulang belakang. Dengan memasukkan senyawa kimia ke dalam tubuh, baik dengan suntikan ataupun secara oral, senyawa kimia tersebut akan membunuh seluruh sel kanker. Namun efek samping dari cara ini adalah sel sehat tubuh juga ikut diserang sehingga tubuh pasien menjadi semakin lemah. Bahkan kemoterapi seringkali menyebabkan mual dan rambut rontok. Kemoterapi dilakukan dalam beberapa tahap dengan rentang waktu beberapa minggu guna memberi kesempatan pada tubuh pasien untuk memulihkan diri. (Baca juga : Gejala Kanker Tulang , Manfaat Sambiloto Untuk Kanker)

2. Amputasi

Jika sel kanker telah menggerogoti tulang dan tulang tidak dapat diselamatkan lagi, jalan amputasi adalah langkah yang akan diambil oleh dokter. Hal ini bertujuan untuk memutus penyebaran sel kanker sekaligus menghindari kerusakan yang lebih parah pada tulang. Apalagi jika sel kanker telah bertambah luas penyebarannya dan menyebabkan kerusakan pada jaringan lain, amputasi akan menjadi jalan terbaik untuk menyelamatkan nyawa pasien. Setelah proses amputasi pasien akan menjalani fisioterapi agar pasien dapat menyesuaikan diri dengan kondisi barunya.  (Baca juga : Gejala Awal Kanker Tulang ,  Gejala Kanker Tulang Kaki)

Sponsors Link

3. Radioterapi

Radioterapi dilakukan dengan cara mengarahkan pancaran radiasi dengan energi khusus pada bagian tubuh yang terserang penyakit kanker. Radioterapi akan melemahkan sel kanker dan menghambat perkembangannya sehingga sel tidak dapat berkembang lebih jauh lagi. Cara ini memiliki efek samping yang hampir sama dengan kemoterapi, yaitu rambut rontok, ruam kulit, sariawan dan kelelahan. Namun efek tersebut akan hilang setelah metode pengobatan dihentikan. Radioterapi dipilih jika metode kemoterapi tidak dapat dijalankan untuk menyembuhkan pasien. (Baca juga: Manfaat Ciplukan untuk Kanker , Gejala Kanker Empedu)

4. Imunoterapi

Metode imunoterapi dilakukan sebagai pengobatan pendamping selain radioterapi dan kemoterapi. Karena kedua metode tersebut memiliki efek samping yang cukup menyiksa sementara masih dianggap paling efektif dalam mengatasi penyakit kanker, maka terapi imun diperlukan untuk mendukung ketahanan tubuh pasien. Dengan begitu, pasien lebih kuat dalam menjalani pengobatan dan tidak mudah sakit. Metode ini akan mengurangi efek samping yang ditimbulkan dari kedua metode yang telah disebutkan. (Baca juga : Tanda Kanker TulangCiri-Ciri Kanker Tulang)

5. Memanfaatkan Obat-obatan Herbal

Adakalanya pasien tidak mendapat harapan dari pihak medis, dan berusaha untuk menggunakan obat herbal demi mencapai kesembuhan. Dan ternyata banyak jenis tumbuhan yang dapat berkhasiat dalam mengobati berbagai jenis penyakit kanker, termasuk kanker tulang belakang. Selain karena dokter yang sudah lepas tangan, metode pengobatan tradisional dengan memanfaatkan bahan herbal dirasa jauh lebih murah dan efek samping tidak sebesar kemoterapi maupun radioterapi. Obat herbal seperti jus kulit manggis dan sarang semut Papua mengandung senyawa polifenol, tanin dan flavonoid yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah munculnya sel kanker di dalam tubuh. (Baca juga: Daftar Tanaman Obat Kanker dan Cara Menggunakannya)

6. Donor Sumsum Tulang Belakang

Meski di Indonesia masih sangat jarang dilakukan, donor sumsum tulang belakang dapat membantu menyembuhkan pasien penderita kanker tulang belakang. Tetapi di luar negeri cara ini sering dilakukan, bahkan orang yang baru saja meninggal dapat mendonorkan tulangnya untuk pasien lain sehingga angka kesembuhan dari penderita penyakit tersebut menjadi lebih besar. (Baca juga : Gejala Kanker Anal , Manfaat Vitamin C Untuk Kanker )

Sponsors Link

Peluang Sembuh

Peluang kesembuhan bagi penderita kanker tulang belakang tergantung dari seberapa besar sel kanker telah menyerang. Jika sel kanker terdeteksi pada stadium awal dan belum menyebar ke jaringan manapun, maka pengobatan akan menjadi lebih mudah. Bahkan pasien dapat sembuh lebih mudah. Namun jika sel kanker telah menyerang organ lainnya, maka tindakan pengobatan menjadi lebih sulit dan membutuhkan waktu lebih lama. Bahkan jika sudah sangat parah sel kanker tidak dapat dihancurkan, melainkan hanya dapat diperlambat saja penyebarannya.  (Baca juga : Jenis Kanker Tulang , Manfaat Chia Seed Untuk Kanker)

Sampai saat ini masih belum dapat dipastikan penyebab dari penyakit kanker tulang belakang. Penyakit ini tidak disebabkan oleh makanan seperti jenis kanker lainnya, namun kemungkinan besar radiasi memberikan peluang lebih besar bagi seseorang terkena kanker tulang belakang. Dokter akan memeriksa dan mendiagnosis seberapa besar persebaran sel kanker di dalam tulang belakang, baru memutuskan metode yang tepat dilakukan untuk mengobati pasien. (Baca juga: Manfaat cuka Apel Untuk Kanker , Manfaat Bekicot Untuk Kanker)

Bagaimanapun menjaga kesehatan lebih utama ketimbang memilih pengobatan setelah jatuh sakit. Karena itu biasakan untuk menjalani pola hidup sehat dan hindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Jika merasakan gejala yang aneh dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan secepat mungkin. (Baca juga: Daftar Makanan Sehari-hari Pencegah Kanker)

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.