Kanker Sumsum Tulang Belakang Stadium 3 – Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Kanker tulang dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja dan termasuk jenis kanker yang jarang ditemukan kasusnya. Salah satu jenis kanker tulang yang sangat berbahaya adalah kanker sumsum tulang belakang, dimana pada area tersebut banyak sekali sistem saraf yang terhubung dengan organ tubuh lainnya. Kanker ini termasuk kanker yang langka, karena dalam 100.000 orang, kemungkinan yang terkena kanker sumsum tulang belakang hanya berkisar 2-3 orang saja. Meski langka, penyakit ini tidak boleh diabaikan dan kita harus mengenal penyakit ini lebih dalam agar dapat lebih waspada.

Sponsors Link

Sama seperti kanker lainnya, kanker sumsum tulang belakang pun terbagi atas beberapa stadium untuk menentukan keparahan kanker tersebut. Pada stadium 3, kanker sumsum tulang belakang sudah memasuki stadium lanjut dan kanker kemungkinan telah bermetastasis ke organ lainnya sehingga pengobatan yang dibutuhkan akah lebih intensif dan lama. Penyebab kanker tulang memang belum dapat dipastikan, namun pola hidup sehat seseorang dapat mempengaruhi munculnya kanker tersebut.

Penyebab Kanker Sumsum Tulang Belakang

Penyebab kanker tulang belakang hingga sekarang memang masih diperdebatkan dan belum dapat dipastikan. Namun beberapa faktor diduga kuat sebagai pemicu munculnya sel kanker pada sumsum tulang belakang yang juga terjadi pada penyebab kanker tulang ekor, yaitu seperti berikut.

  1. Pemasangan implan pada tulang belakang, sehingga tulang belakang mengalami infeksi hingga memicu munculnya sel kanker.
  2. Menjalani terapi radiasi, sinar radiasi tidak hanya membantu mengatasi penyakit tertentu namun juga menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh lain yang ikut terpapar radiasi sehingga memicu mutasi genetik dan menjadi sel kanker.
  3. Kanker pada bagian tubuh lain yang bermetastasis, jika sampai pada tulang belakang maka kanker sumsum tulang belakang akan terjadi. Hal ini berarti kanker tersebut merupakan kanker sekunder akibat adanya kanker lain di dalam tubuh.
  4. Menjalani pengobatan tertentu, seperti misalnya kemoterapi dan beberapa jenis obat berdosis tinggi dapat mempengaruhi kesehatan bahkan memicu kerusakan sel pada sumsum tulang belakang.
  5. Faktor keturunan, sifat bawaan yang diwariskan orang tua pada anaknya juga dapat menyebabkan penyakit kanker sumsum tulang belakang muncul.
  6. Senyawa karsinogen, yang dapat berasal dari makanan, polusi, rokok, alkohol dan obat tertentu yang dapat merusak sel sumsum tulang belakang.
  7. Penyakit paget, merupakan kelainan pada tulang yang menyebabkan rasa nyeri dan tulang sulit digerakkan, namun hal ini jarang terjadi.
  8. Infeksi tulang belakang akibat banyak faktor seperti pernah mengalami kecelakaan atau terinfeksi mikroorganisme tertentu.
  9. Pertumbuhan tulang yang abnormal atau berlebihan juga bisa menyebabkan tulang belakang tida sempurna dan beresiko terkena kanker.

Gejala Kanker Sumsum Tulang Belakang Stadium 3

Gejala awal kanker tulang belakang umumnya hanya berupa nyeri ringan bahkan tidak terasa apapun sama sekali. Namun saat sudah memasuki stadium 3 akan muncul gejala seperti berikut.

  1. Tulang belakang terasa sangat nyeri hingga mengganggu aktivitas, yang juga menjadi ciri-ciri kanker tulang secara umum.
  2. Sulit duduk dalam posisi tegak, tulang terasa lemah bahkan menjadi lebih rapuh.
  3. Terjadi pembengkakan pada tulang belakang sehingga muncul benjolan yang tidak wajar.
  4. Kondisi tubuh semakin lemah dan nafsu makan terus berkurang  sehingga tubuh menjadi kurus.
  5. Beberapa indera dan saraf dalam tubuh mengalami penurunan fungsi atau kepekaan, karena kanker telah menekan saraf pada tulang belakang.
  6. Mengalami inkontenesia sehingga kehilangan kontrol pada usus dan kandung kemih.
  7. Mengalami kelumpuhan jika sel kanker sangat ganas dan mematikan fungsi sel sehat tulang belakang sehingga sarafnya tidak lagi berfungsi.
Sponsors Link

Pengobatan Kanker Sumsum Tulang Belakang

Metode pengobatan kanker tulang khususnya kanker sumsum tulang belakang stadium 3 memerlukan beberapa cara yang dikombinasikan, mengingat sel kanker telah menyebar dan menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Beberapa pengobatan yang biasanya disarankan dokter antara lain sebagai berikut.

  • Tindakan Operasi dan Pencangkokan Sumsum Tulang Belakang. Jika kanker masih dalam tahap awal operasi mungkin hanya dilakukan dengan mengangkat jaringan tulang yang terkena kanker. Namun pada stadium 3, biasanya dokter akan mengamputasi beberapa bagian tulang belakang agar kanker tidak semakin menyebar. Pencangkokan tulang belakang mungkin bisa dilakukan dengan mengambil jaringan yang masih bagus atau mendapatkan donor dari orang lain yang cocok.
  • Kemoterapi. Terkadang kanker yang sudah memasuki stadium 3 sudah menyebar cukup jauh sehingga tindakan operasi saja tidak akan membuahkan hasil yang bagus. Karena itu kemoterapi perlu dilakukan dengan cara menyuntikkannya ke infus melalui pembuluh darah.
  • Radioterapi. Radioterapi dilakukan dengan mengarahkan sinar khusus berenergi tinggi pada sumsum tulang belakang guna menghancurkan sel kanker secara bertahap. Cara ini dapat menimbulkan efek samping baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Kanker sumsum tulang stadium 3 bukan lagi penyakit yang bisa dianggap remeh. Bahaya kanker tulang belakang dapat menyebabkan kematian jika kanker telah menggerogoti seluruh tubuh. Karena itu sangat penting melakukan pencegahan kanker tulang sebelum terkena penyakit tersebut.

, , ,