Ini Hal yang Menyebabkan Kanker Tulang Ekor Terjadi Pada Tubuh

Penyakit tulang memang banyak jenisnya, termasuk kanker tulang yang juga masih terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Jenis kanker tulang pun ada yang menyerang tulang ekor yang kemudian disebut sebagai kanker tulang ekor. Memang, penyakit ini masih belum banyak ditemukan kasusnya di Indonesia. Akan tetapi, tidak berbeda dari jenis kanker paling mematikan di dunia, kanker tulang ekor juga bisa menyebabkan risiko kesehatan yang buruk.

Sponsors Link

Gejala kanker tulang ekor pun mirip dengan gejala awal kanker tulang belakang, sehingga seseorang harus mengetahui secara pasti dan segera mendeteksinya melalui pemeriksaan medis yang akurat untuk mendapatkan penanganan secepatnya. Beberapa hal yang disinyalir menjadi penyebab kanker tulang ekor pun harus diwaspadai agar penyakit semacam ini bisa dihindari. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1.Pernah Terbentur

Beberapa orang pasti pernah mengalami jatuh terduduk sehingga bagian tulang ekor mereka mengalami benturan yang cukup keras. Bukan hanya rasa nyeri saja, riwayat ini juga bisa menjadi penyebab kanker ketika nyeri tersebut terus-menerus dirasakan dan masih saja diabaikan.

2. Hernia Umbilitikus

Penyakit hernia umbilitikus merupakan salah satu penyebab kanker tulang ekor yang bisa juga terjadi pada mereka di usia muda. Adanya tekanan pada organ dalam perut akan membuat tulang ekor mengalami infeksi dan memicu sel kanker tumbuh.

3. Radiasi

Terpapar radiasi terlalu sering juga bisa menjadi penyebab kanker pada tulang ekor. Ketika seseorang pernah menjalani terapi radiasi dan terkena paparan sinar X, maka kemungkinan sel kanker tumbuh di area tersebut juga semakin besar. Sinar X memang memiliki energi yang kuat untuk bisa merusak materi sel yang ada pada tulang dan membentuk sel kanker.

4. Pola Makan Tidak Sehat

Pola makan yang tidak sehat ditandai dengan seringnya seseorang mengonsumsi makanan berpengawet, makanan cepat saji, atau minuman yang mengandung pemanis dan pewarna buatan. Bahan kimia yang digunakan dalam makanan dan minuman tersebut adalah bahan bakar utama tumbuh dan hidupnya sel kanker dalam tubuh. Ini juga merupakan penyebab dari penyakit kanker lainnya seperti penyebab kanker paru-paru pada wanita, penyebab kanker tulang rahang, dan sebagainya.

5. Terjadi Pukulan

Beratnya aktifitas olahraga juga bisa menjadi pemicu sel kanker. Maka dari itu, melakukan olahraga dengan hati-hati juga disarankan terlebih ketika anda pernah mengalami jatuh, cedera, atau semacamnya di bagian tulang.

6. Tekanan Terus Menerus

Selain benturan, hal lain yang bisa memicu kanker tulang ekor adalah adanya tekananataupun gesekan yang terus-menerus dibiarkan. Misalnya, ketika anda bersepeda terlalu sering, duduk dalam waktu lama, yang bisa memicu sel mengalami kerusakan dan terjadi mutasi genetik menjadi sel kanker.

7. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang dimaksudkan disini adalah merokok dan minuman beralkohol. Kedua kebiasaan ini memang seringkali menjadi pemicu kanker. Inilah yang kemudian menjadikan seseorang terkena beberapa gejala kanker, seperti gejala kanker lidah, gejala kanker paru-paru basah, dan sejenisnya.

8. Pernah Menderita Kanker Tulang

Riwayat ketika pernah menderita penyakit kanker tulang sebelumnya juga bisa memicu sel kanker menyebar ke bagian tulang ekor. Misalnya saja ketika anda pernah mengalami kanker tulang belakang sebelumnya. Antara tulang belakang dengan tulang ekor sangat berkaitan sehingga perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan sel kanker telah hilang.

9. Genetik

Faktor genetik atau keturunan juga bisa menjadi sebab anda terserang sel kanker. Terutama ketika memiliki orang tua yang pernah mengidap penyakit kanker yang sama, terlebih lagi kanker tulang lengan, kanker tulang belakang dan sebagainya.

10. Riwayat Retinoblastoma

Retinoblastoma merupakan penyakit kanker mata yang bisa saja dialami siapapun di semua usia. Bila terindikasi pernah mengalami penyakit ini saat masih kecil, kemungkinan mengidap kanker tulang ekor juga akan semakin besar.

11. Infeksi

Tulang ekor ternyata juga bisa mengalami infeksi yang disebabkan karena virus dan bakteri. Hal ini memang jarang terjadi, namun bila sudah mengalaminya dan membiarkannya terlalu lama tanpa penanganan, kemungkinan tumbuh sel kanker juga akan semakin meningkat.

Sponsors Link

12. Cedera Panggul

Bila pernah mengalami cedera pada panggul, kemungkinan besar untuk mengalami kanker tulang ekor bisa saja terjadi. Biasanya cedera ini akan menimbulkan rasa nyeri cukup lama, dan menjadi sebuah tekanan yang besar pada area tersebut yang kemudian memicu mutasi genetik sel kanker.

13. Sindrom Li-Fraumeni

Sindrom ini jarang terjadi namun bisa membahayakan bila menyerang seseorang. Sindrom Li-Fraumeni juga menjadi faktor penyebab kanker tulang ekor dalam sedikit kasus kanker tulang di dunia.

Sekian artikel seputar penyebab kanker tulang ekor yang bisa kami sampaikan. Dengan mengetahui penyebab kanker tulang ekor, diharapkan kita semua bisa semakin tahu bahwa pola hidup sehat harus diterapkan sejak sekarang. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca!

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Tulang

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.