Waspadai 6 Gejala Kanker Tulang Rusuk Yang Berbahaya

Tulang rusuk merupakan tulang yang terletak di bagian dada, membentuk sebuah rongga yang besar dan berisi berbagai organ vital bagi tubuh. Salah satu fungsi tulang rusuk adalah melindungi jantung dan paru-paru dari tekanan atau desakan dari luar tubuh. Sebagai tulang yang letaknya dekat dengan banyak organ penting, tulang rusuk rentan mengalami masalah kesehatan, salah satunya adalah kanker tulang. Gejala kanker tulang ini mirip dengan gejala penyakit lain seperti infeksi saluran pernapasan dan radang paru-paru.

Sponsors Link

Tanda kanker tulang memang tidak dapat terlihat dengan jelas karena letak tulang rusuk yang berada di dalam, dibaluti oleh daging dan kulit. Ditambah lagi gejala awal kanker tulang tidak terasa dan baru diketahui saat kanker telah menyebar luas. Penyebab kanker tulang sendiri masih belum bisa dipastikan, namun setidaknya beberapa faktor seperti sindrom penyakit tertentu, faktor genetik, dan pertumbuhan tulang yang terlalu cepat bisa memicu munculnya sel kanker pada tulang rusuk. Ada beberapa gejala yang menunjukkan adanya kanker pada tulang rusuk seperti berikut ini.

Gejala Kanker Tulang Rusuk

Nyeri pada Tulang Rusuk

Adanya sel kanker pada tulang rusuk bisa menyebabkan munculnya rasa nyeri di sekitar tulang rusuk dan rongga dada. Hal tersebut dikarenakan sel tulang rusuk secara perlahan akan mengalami serusakan akibat serangan sel kanker yang sangat mematikan. Rasa nyeri ini juga tidak mudah reda meski telah diberi tindakan pengobatan, justru semakin parah dari waktu ke waktu.

Kelelahan

Penderita penyakit kanker selalu disertai dengan gejala kelelahan yang begitu berat, meski tanpa melakukan aktivitas yang berat. Rasa lelah ini kian bertambah seiring meluasnya sel kanker. Sel kanker akan terus melemahkan sel tubuh yang sehat serta menurunkan imunitas tubuh sehingga tubuh tidak mampu beraktivitas dengan normal. Jika Anda sering merasa lelah tanpa penyebab yang jelas, sebaiknya waspada dan segera periksakan diri ke dokter.

3. Benjolan pada Tulang Rusuk

Gejala yang paling umum terjadi pada penderita kanker adalah munculnya benjolan pada bagian tubuh yang terserang kanker, dan dalam hal ini benjolan dapat muncul pada tulang rusuk. Benjolan ini terasa tidak wajar dan muncul tiba-tiba, bahkan terkadang disertai rasa sakit. Benjolan tersebut muncul karena sel kanker terus berkembang dan membentuk massa yang padat dan besar.

4. Tulang Rusuk Menjadi Rapuh

Sel kanker yang merusak sel sehat pada tulang rusuk akan membuat tulang rusuk menjadi sangat rapuh hingga mudah terjadi patah tulang. Karena itu penderita kanker tulang rusuk sangat beresiko terkena patah tulang meski tidak terkena benturan yang kuat.

5. Demam dan Menggigil

Penderita kanker sering mengalami demam tanpa sebab yang jelas, namun secara bersamaan tubuh juga bisa menggigil meski udara sedang tidak dingin. Hal tersebut terjadi karena sel kanker menyebabkan peradangan hingga infeksi pada tulang rusuk serta jaringan di sekitarnya sehingga tubuh akan bereaksi dan suhu tubuh ikut naik.

6. Berkeringat di Malam Hari

Orang yang mengalami kanker tulang rusuk juga sering berkeringat di malam hari, padahal biasanya suhu udara di malam hari sudah lebih sejuk. Namun tubuh akan mengeluarkan keringat sepanjang malam sehingga membuat penderita kanker merasa kesulitan untuk tidur. Akibatnya tubuh pun akan mengalami gangguan dalam menjalani fungsinya karena kurang beristirahat.

Demikian gejala kanker tulang rusuk yang paling umum terjadi. Jika kita bisa lebih tanggap dengan gejala yang muncul maka penderita kanker akan lebih cepat mendapat pengobatan dan segera sembuh dari sakitnya. Karena itu sanga penting mengetahui gejala kanker sejak awal agar dapat mencegah dampak buruk dari penyakit tersebut.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.