11 Gejala Kanker Tulang Lutut yang Patut Diwaspadai

Kanker merupakan penyakit yang hingga sekarang tidak dapat dipastikan kesembuhannya, meski berbagai metode pengobatan telah ditemukan untuk mengobati penderita kanker. Penyakit kanker dapat menyerang bagian tubuh mana saja, salah satunya pada tulang. Kanker tulang sendiri dapat terbagi lagi sesuai dengan letaknya, seperti misalnya kanker tulang lutut. Lutut yang merupakan bagian dari kaki memiliki peranan yang sangat penting untuk mendukung pergerakan dan aktivitas lainnya yang melibatkan kaki. Namun saat kanker menyerang lutut, berbagai gangguan akan terjadi hingga dapat menyebabkan berbagai aktivitas terganggu.https://faktakanker.com/wp-admin/post.php?post=2949&action=edit

Sponsors Link

Gejala kanker tulang pada tulang lutut sama seperti jenis kanker lainnya, yaitu tidak begitu terasa gejala awal kanker tulang sehingga rasa nyeri yang muncul pun dianggap hanya nyeri biasa yang bisa segera sembuh. Tanda kanker tulang lutut perlu diketahui karena kanker ini dapat menyebabkan proses amputasi dilakukan demi menyelamatkan nyawa penderitanya. Jika diketahui lebih dini maka pengobatan bisa dilakukan segera sehingga tindakan amputasi bisa dihindari. Berikut ini merupakan gejala kanker tulang lutut yang umumnya dirasakan oleh para penderitanya.

1. Rasa Nyeri pada Lutut

Adanya kanker atau tumor pada tulang lutut tentu akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, namun sayangnya ciri-ciri kanker tulang satu ini sering dianggap nyeri sendi biasa atau bahkan reumatik sehingga sering diabaikan.

2. Lutut Sulit Digerakkan

Karena lutut mengalami gangguan akibat aktivitas sel kanker, maka lutut menjadi lebih kaku, sulit digerakkan dan pergerakannya juga cenderung terbatas. Kondisi ini sebaiknya tidak diabaikan dan harus segera diperiksakan ke dokter yang ahli demi mendapatkan diagnosa yang tepat. Hal tersebut akan membantu proses penyembuhan sebelum kanker semakin menyebar.

3. Lutut Sakit Bila Disentuh

Lutut juga kerap terasa sangat sakit saat disentuh akibat adanya kanker tulang lutut. Kanker tersebut menimbulkan peradangan dan juga kerusakan sel sehingga semakin lama akan semakin terasa sakit meski hanya tersenggol sedikit.

4. Terdapat Benjolan di Lutut

Penyebab kanker tulang seperti halnya penyebab kanker tulang belakang dan penyebab kanker tulang ekor, dapat memicu terbentuknya benjolan sebagai akibat dari aktivitas sel kanker membentuk massa yang berkembang secara abnormal. Jika pada lutut terdapat benjolan yang muncul tiba-tiba dan mencurigakan jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit.

5. Lutut Membengkak

Selain ditemukan benjolan, seringkali kanker tulang lutut ditandai dengan adanya pembengkakan yang semakin hari semakin parah. Pembengkakan ini merupakan reaksi tubuh yang berusaha melawan sel kanker dan akhirnya memicu peradangan dan infeksi.

6. Gerakan Berjalan Tidak Seperti Biasanya

Kanker tulang lutut juga dapat menyebabkan gerakan berjalan menjadi tidak seperti biasanya, terasa berbeda bahkan terlihat seperti orang yang sedang berjalan pincang. Selain karena rasa sakit yang ditimbulkan, cara berjalan yang berubah juga dikarenakan struktur tulang lutut yang mungkin sudah terganggu akibat penyebaran sel kanker.

7. Lutut Sakit saat Digerakkan

Selain munculnya rasa sakit saat digunakan untuk berjalan atau disentuh, lutut juga kerap terasa sakit saat dicoba untuk digerakkan baik dalam posisi duduk maupun berdiri. Kondisi ini awalnya hanya terjadi sesekali namun lama kelamaan terjadi setiap hari bahkan setiap saat hingga akhirnya banyak aktivitas yang tidak dapat dilakukan secara normal.

8. Patah Tulang pada Lutut

Pada beberapa kasus yang terjadi, kanker tulang lutut juga dapat menyebabkan tulang lutut menjadi rapuh hingga akhirnya mudah patah. Patahnya tulang lutut bisa jadi hanya karena sedang melakukan aktivitas sehari-hari atau saat sedang berolahraga. Kondisi ini juga dapat menjadi ciri kanker tulang tangan yang patut diwaspadai.

Sponsors Link

9. Kesulitan Bangun Tidur

Saat bangun tidur biasanya tubuh lebih segar dan siap untuk beraktivitas, namun tidak terjadi jika seseorang mengalami kanker tulang lutut. Ia justru akan mengalami kesulitan untuk bangun dari posisi tidurnya sehingga hal ini sangat mengganggu dan menghambat aktivitas. Gejala tersebut juga bisa menjadi gejala kanker tulang kaki sehingga perlu segera diperiksakan ke rumah sakit.

10. Tubuh Merasa Lemas dan Mudah Lelah

Sama seperti kanker lainnya, sel kanker yang menyerang tulag lutut juga menyebabkan seseorang merasa selalu lemas dan mudah sekali lelah meski tidak beraktivitas berat. Kondisi ini akan terus memburuk jika terus dibiarkan, karena itu jangan diabaikan dan segera periksakan ke dokter.

11. Sering Demam dan Berat Badan Menurun

Kanker tulang lutut juga dapat dikenali dengan gejala seperti sering terjadi demam hingga berat badan menurun drastis. Kondisi ini membuat penderitanya menjadi sangat kurus, tidak bertenaga dan sangat mudah sakit. Jangan biarkan jika kondisi tersebut terjadi pada Anda. Jika segera didiagnosis dan diobati, kesempatan sembuh masih cukup besar.

Itulah gejala kanker tulang lutut yang perlu untuk diwaspadai, terutama oleh anak-anak dan remaja yang sangat beresiko mengalaminya. Pengobatan tumor tulang jinak dan manfaat lemon untuk kanker dapat dilakukan untuk membantu mengurangi gejala sekaligus mendukung pengobatan kanker tulang lutut sehingga diharapkan bisa segera disembuhkan.

, , , ,