8 Gejala Awal Kanker Tulang Belakang Paling Berbahaya

Kanker tulang termasuk jenis kanker yang jarang ditemukan kasusnya, dan sangat sulit dideteksi pada tahap awal pertumbuhan sel kanker. Kanker tulang terbagi ke dalam dua jenis, yaitu kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder. Penyakit kanker tulang biasanya menyerang pada usia remaja hingga lansia dan kebanyakan kanker tulang menyerang persendian seperti siku dan lutut. Banyak yang menganggap sepele dengan gejala dari kanker tulang, karena gejala awal yang muncul biasanya hampir sama dengan penyakit lainnya seperti asam urat, reumatik atau keseleo. (Baca juga: Ciri-ciri Kanker Tulang)

Sponsors Link

Kanker tulang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Selain faktor genetik yang diturunkan dari orang tua, kanker tulang keseringan terjadi disebabkan pengkonsumsian suplemen peninggi badan yang berlebihan pada masa produktif. Anda harus berhati-hati jika ingin mengkonsumsi suplemen tersebut. Karena dosis yang berlebih akan mendorong pertumbuhan dan perkembangan sel yang sangat cepat sehingga sel membelah secara abnormal. Selain itu, kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alokohol serta berlebihan mengkonsumsi makanan kemasan juga dapat menyebabkan terjadi kanker tulang. (Baca juga: Gejala Kanker Nasofaring Stadium 1)

Sel kanker yang bermula pada tulang bagian dalam sangat sulit dideteksi pada tahap awal, karena itu tim medis juga seringkali kesulitan untuk mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien. Sampai saat ini untuk mendeteksi adanya sel kanker di dalam tubuh dokter akan melakukan screening, namun cara tersebut belum memberikan hasil yang akurat untuk jenis kanker tulang. Karena itu perlu bagi kita untuk mengenal dan mengetahui apa saja yang menjadi gejala awal dari kanker tulang. Mengetahui gejalanya sejak dini akan memudahkan dalam proses pengobatan dan tingkat kesembuhan yang lebih besar. (Baca juga: Pencegahan Kanker Lambung)

Gejala Awal Kanker Tulang

Mengetahui gejala awal dari penyakit kanker tulang sangat diperlukan untuk meminimalisir resiko yang akan ditimbulkan. Berikut ini adalah beberapa gejala yang patut diwaspadai jika terjadi pada diri Anda atau anggota keluarga. (Baca juga: Ciri-ciri Retinoblastoma)

1. Terdapat Tonjolan Pada Tulang

Adanya tonjolan atau pembengkakan pada tulang tanpa penyebab yang jelas adalah gejala yang harus diwaspadai. Tonjolan ini biasanya terdapat di dekat persendian sehingga seringkali dianggap sebagai gejala penyakit asam urat. Tonjolan pada tulang ini akan mengakibatkan bengkak, dan jika dibiarkan akan memberikan rasa nyeri yang cukup hebat. Jika Anda telah mengkonsumsi obat selama satu minggu namun tidak mendapat perubahan apapun, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. (Baca juga: Ciri-ciri Awal Kanker Tenggorokan)

2. Timbul Rasa Nyeri Pada Tulang

Tulang memang  bisa terasa nyeri jika kita terlalu lelah beraktivitas, keseleo atau memiliki riwayat penyakit asam urat sebelumnya. Namun jika setelah beristirahat dan minum obat bisa jadi ada masalah serius dengan tulang Anda. Rasa nyeri yang muncul akibat adanya sel kanker pada tulang awalnya tidak begitu terasa, namun semakin lama nyeri akan bertambah parah dengan frekuensi yang lebih sering. Rasa nyeri juga lebih terasa saat malam hari dimana penderita sedang beristirahat.

3. Tulang Menjadi Lemah

Saat sel kanker mulai menyerang tulang, maka tulang secara perlahan akan terasa melemah. Bahkan untuk melakukan aktivitas seperti biasa pun akan terasa sulit. Kondisi tersebut akan membuat pasien menjadi lebih banyak membutuhkan waktu untuk beristirahat dan tidak dapat menggerakkan tulangnya dengan leluasa. Bahkan jika sudah parah, kanker tulang dapat menyebabkan kelumpuhan karena tulang terlalu lemah untuk digunakan. (Baca juga: Gejala Kanker Tulang Ekor)

Sponsors Link

4. Sering Mengalami Demam

Penderita kanker seringkali merasakan demam secara tiba-tiba, dan terjadi berulang kali dalam waktu yang berdekatan. Hal ini dikarenakan sel kanker yang terus menggerogoti sel sehat sehingga berbagai dampak buruk seperti infeksi dapat terjadi dan mengakibatkan seseorang menjadi demam. Anda wajib waspada dan segera menemui dokter jika demam tidak kunjung sembuh setelah meminum obat demam selama beberapa hari.

5. Mual dan Muntah

Pasien penderita kanker tulang juga akan mengalami mual dan muntah dalam frekuensi yang meningkat. Kondisi ini bisa disebabkan karena kerusakan pada tulang akan melepaskan kalsium ke aliran darah. meningkatknya kadar kalsium akan menyebabkan gangguan metabolisme dan meningkatkan resiko mual dan muntah. Gejala ini memang mirip dengan penyakit lambung atau masuk angin biasa, namun Anda harus berhati-hati jika hal ini sering terjadi secara tiba-tiba. (Baca juga: Pencegahan Kanker Tulang)

ads

6. Menurunnya Nafsu Makan dan Berat Badan

Penyakit kanker dapat menyebabkan seseorang kehilangan berat badan secara drastis. Penurunan berat badan dipicu karena nafsu makan yang menurun tanpa alasan yang jelas. Kondisi ini akan semakin parah seiring bertambah parahnya penyakit tersebut. Gejala ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada penyakit kanker tulang saja, namun dapat terjadi pada semua jenis kanker.

7. Mudah Berkeringat

Seseorang yang mudah mengeluarkan keringat terutama pada malam hari dimana suhu udara lebih rendah dibandingkan siang hari patut waspada dengan kondisi kesehatannya. Keringat yang keluar dalam jumlah yang tidak wajar ini dapat mengindikasikan adanya penyakit kanker di dalam tubuh. Pengeluaran keringat bisa jadi disebabkan metabolisme yang terganggu ada terdapat infeksi sehingga tubuh bereaksi dengan menghasilkan keringat lebih banyak. (Baca juga: Gejala Kanker Tulang Belakang)

8. Tulang Menjadi Rapuh

Kanker tulang menyerang sel sehat pada tulang dan menyebabkan tulang menjadi rapuh. Kondisi ini sangat berbahaya karena dapat membuat seseorang menjadi lebih lemah, tidak dapat banyak bergerak dan beresiko untuk mengalami patah tulang. Bahkan hanya dengan benturan sedikit saja tulang dapat menjadi patah atau retak. Hal ini tentu harus diatasi segera dengan meminta pengobatan yang tepat pada tim medis yang ahli di bidangnya.

Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengobati penyakit kanker tulang secara medis. Metode yang digunakan antara lain pembedahan, terapi radiasi maupun kemoterapi. Tindakan pembedahan dilakukan untuk mengangkat sel kanker pada tulang baik dengan cara diambil sebagian atau diangkat seluruhnya. Terapi radiasi dilakukan dengan mengarahkan sinar berupa energi tertentu ke arah tubuh yang terdapat sel kanker, sehingga sel kanker tidak dapat lagi berkembang. Sementara kemoterapi dilakukan dengan memasukkan senyawa kimia ke dalam tubuh baik dengan melalui suntik maupun obat pil untuk menghancurkan sel kanker dari dalam tubuh. (Baca juga: Jenis Kanker Tulang)

Penyakit kanker tulang dapat menyebabkan seseorang harus menjalani operasi amputasi jika tulang yang terserang sel kanker sudah sangat parah dan tidak ada jalan lain untuk menyelamatkannya. Karena itu sangat penting untuk memahami gejala kanker tulang sebelum semuanya semakin parah dan menjadi terlambat untuk menjalani pengobatan. (Baca juga: Metode Pengobatan Kanker Tulang)

, ,
Post Date: Monday 19th, June 2017 / 06:51 Oleh :
Kategori : Kanker Tulang