12 Ciri Kanker Tulang Tangan yang Penting Diketahui Sejak Dini

Kanker tulang merupakan salah satu jenis kanker yang sebenarnya tidak begitu banyak didengar dan kasusnya tidak sebanyak kanker payudara, kanker paru-paru dan kanker serviks. Namun kanker ini juga bisa sama berbahayanya terutama jika sel kanker telah menyebar dan menyerang organ tubuh lainnya. Salah satu jenis kanker tulang adalah kanker tulang tangan, yang dapat menghambat aktivitas dan beresiko diamputasi jika terlambat ditangani. Penyebab kanker tulang biasanya menimbulkan ciri-ciri kanker tulang yang muncul secara bertahap dan jarang diketahui pada tahap awal. Karena itu sangat penting mengetahui ciri kanker tulang tangan seperti berikut ini agar dapat meminimalisir resiko dari kanker tersebut.

Sponsors Link

1. Tangan Sering Terasa Sakit

Kanker yang muncul pada tulang tangan akan menimbulkan rasa sakit dan nyeri, baik dalam skala ringan hingga sangat berat. Pada mulanya nyeri yang muncul hanya sesekali dan dapat hilang sendiri, namun semakin lama akan semakin sering terjadi bahkan tidak mereda meski telah meminum obat pereda nyeri.

2. Muncul Benjolan

Kanker tulang tangan akan terus berkembang sehingga terkadang memicu pembentukan massa sel abnormal dan menjadi sebuah benjolan yang tidak wajar. Benjolan dapat terjadi tiba-tiba di bagian tangan mana saja. Karena itu jangan sepelekan jika adanya benjolan pada tangan meski terkadang tidak terasa sakit. Benjolan juga bisa menjadi tanda-tanda kanker payudara yang cukup ganas sehingga adanya benjolan yang tidak wajar pada bagian tubuh mana saja sanga perlu untuk diwaspadai.

3. Pembengkakan pada Tangan

Kanker tulang tangan juga sering menyebabkan terjadinya pembengkakan, akibat sel kanker yang merusak sel sehat dan menimbulkan peradangan. Pembengkakan terjadi karena tubuh bereaksi melawan sel kanker sehingga terjadi infeksi dan radang yang terasa sangat sakit hingga akhirnya membengkak. Kondisi ini juga dapat menandakan gejala kanker tulang lutut yang cukup berbahaya jika tidak segera diatasi.

4. Sering Mengalami Demam

Rasa sakit dan peradangan yang muncul akibat sel kanker pada tulang tangan seringkali menyebabkan tubuh mengalami demam. Demam juga merupakan reaksi tubuh untuk menolak jika ada benda asing di dalam tubuh, termasuk sel kanker. Karena itu jika demam sering terjadi segeralah periksakan diri ke rumah sakit agar dapat dipastikan penyebabnya.

5. Tulang Tangan Fraktur dan Mudah Patah

Kerusakan sel pada tulang tangan akibat sel kanker yang terus berkembang akan membuat tulang menjadi sangat rapuh atau mengalami fraktur. Akibatnya tulang tangan rentan mengalami patah tulang bahkan saat sedang melakukan aktivitas ringan.

6. Tangan Menjadi Lumpuh

Penyakit kanker yang menyerang tulang tangan menyebabkan tangan menjadi sulit digerakkan hingga dapat menyebabkan kelumpuhan jika kondisinya semakin parah. Ciri-ciri kanker tulang lengan ini sebaiknya tidak diabaikan dan harus segera dibawa ke rumah sakit agar bisa segera ditangani. Jika terlambat tangan bisa diamputasi bahkan yang terparah dapat menyebabkan kematian.

7. Kepekaan Berkurang

Sama seperti ciri-ciri kanker otak ringan, kanker tulang tangan juga dapat menyebabkan kepekaan saraf di sekitar tangan dan lengan menjadi berkurang. Kondisi ini akan terus semakin parah bila terus dibiarkan hingga akhirnya tangan mengalami mati rasa dan sering terjadi kebas dalam waktu lama.

8. Sendi Terasa Ngilu

Persendian pada tangan seperti pergelangan tangan dan siku juga dapat mengalami nyeri dan ngilu sebagai dampak dari kanker tulang tangan. Nyeri dan ngilu pada sendi mungkin hanya dianggap sebagai kelelahan biasa, namun semakin lama semakin sakit hingga baru terdeteksi bahwa rasa sakit disebabkan oleh penyakit kanker.

Sponsors Link

9. Berat Badan Menurun

Penderita kanker tulang tangan biasanya juga akan mengalami penurunan berat badan karena penyakit kanker yang terus menyebar. Perubahan postur tubuh yang tiba-tiba menjadi kurus tentu perlu dicurigai dan dicari tahu penyebabnya. Jika memang disebabkan kanker maka perlu segera dilakukan tindakan pengobatan tumor tulang jinak hingga ganas.

10. Tangan Sulit Digerakkan

Kanker pada tulang tangan juga menyebabkan tangan menjadi sulit untuk digerakkan, terlebih jika kanker sudah semakin parah. Bahkan hanya untuk mengambil benda yang ringan atau melakukan gerak sederhana tangan sudah sangat terasa sakit, kaku dan mati rasa.

11. Tubuh Semakin Lemah

Adanya kanker pada tulang tangan membuat tubuh semakin lemah. Selain karena nafsu makan yang berkurang, lemahnya tubuh ini juga disebabkan sel kanker yang menyerap nutrisi tubuh lewat pembuluh darah tersendiri. Kondisi ini tentu akan membuat penderita semakin lemas dan tidak lagi mampu beraktivitas dengan normal.

12. Mudah Berkeringat

Sebagian orang memang ada yang mudah berkeringat terutama yang pori-pori kulitnya besar. Namun jika seseorang yang biasanya tidak banyak berkeringat tetapi tiba-tiba sangat mudah berkeringat terutama di malam hari, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit apalagi jika kondisi tersebut berlangsung cukup lama.

Itulah ciri kanker tulang tangan yang penting diketahui sejak dini. Semakin cepat terdeteksi penyakit ini akan semakin mudah disembuhkan tanpa perlu proses amputasi. Selalu jaga kesehatan agar tubuh tetap prima dan tidak mudah terserang penyakit termasuk kanker.

, , , , , ,