11 Ciri-ciri Tumor Tulang Kepala yang Wajib Diwaspadai

Mungkin banyak yang belum mendengar mengenai penyakit tumor tulang kepala, dan memang kasusnya jarang terjadi. Namun bukan berarti kita bisa mengabaikan penyakit yang termasuk jenis kanker ini, karena tumor jinak sekalipun dapat berubah menjadi ganas jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat. Tumor tulang kepala merupakan penyakit tumor yang muncul pada tulang kepala manusia. Tumor biasaya memang bersifat jinak, namun pada kondisi tertentu tumor tersebut bisa menjadi sangat ganas dan menyebar dengan cepat seperti kanker tulang dan kanker otak. Tentu semua orang takut jika hal tersebut terjadi pada dirinya. Karena itu sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri tumor tulang kepala seperti berikut ini agar dapat mendeteksinya lebih cepat saat penyakit tersebut menyerang.

Sponsors Link

1. Benjolan di Kepala

Tumor tulang kepala dapat ditandai dengan adanya benjolan pada kepala, tepatnya di kulit kepala dan dapat dirasakan dengan jelas ketika diraba. Benjolan keras dan terkadang dapat menimbulkan nyeri. Jika terdapat gejala kanker tulang berupa benjolan yang tiba-tiba terjadi tanpa adanya benturan sebelumnya, segeralah perisakan diri ke dokter.

2. Nyeri pada Kepala

Tumor tulang kepala juga dapat menimbulkan rasa nyeri di kepala terutama di sekitar benjolan akibat pertumbuhan tumor yang semakin besar menekan saraf yang ada di sekitar kepala. Rasa nyeri akan semakin kuat jika tumor terus dibiarkan, karena itu jangan abaikan kondisi tersebut yang juga merupakan ciri-ciri kanker otak ringan agar tumor tidak semakin membesar.

3. Tulang Mudah Patah

Sel tumor terkadang bisa menjadi ganas dan membuat sel tulang kepala mengalami kerusakan. Akibatnya tulang kepala atau tengkorak menjadi lemah, rapuh dan akhirnya mudah patah atau retak. Hal ini tentu sangat berbahaya karena dapat mengganggu organ di dalamnya terutama otak yang mengatur seluruh sistem dalam tubuh.

4. Mudah Kelelahan

Penyebab kanker tulang dapat menyebabkan tumor tumbuh di tengkorak dan mengakibatkan seluruh fungsi tubuh menjadi terganggu. Salah satu dampak yang akan dirasakan yaitu tubuh penderita secara drastis mudah merasa lelah bahkan tanpa melakukan aktivitas padat dan berat.

5. Berat Badan Menurun

Selain sangat mudah lelah, penderita tumor tulang kepala juga rentan mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba dan hal ini dapat membuatnya semakin kurus dalam waktu singkat. Seperti jenis kanker tulang lainnya, tumor tulang kepala juga akan sangat mengganggu sehingga nafsu makan pun menjadi berkurang dan mempengaruhi asupan nutrisi tubuh.

6. Terjadi Pembengkakan

Tumor dapat membuat area sekitar kepala membengkak, apalagi jika tumor membelah dengan cepat maka bentuk kepala akan menjadi tidak proporsional. Pembengkakan sering diiringi dengan rasa sakit yang hebat karena sel tumor akan menyebabkan peradangan yang cukup serius.

7. Kesulitan Tidur

Adanya tumor di kepala tentu akan sangat mengganggu proses tidur apalagi jika tumor berada di bagian kepala belakang. Ciri-ciri kanker tulang kepala satu ini akan membuat penderitanya kesulitan untuk tidur, selain karena benjolan yang semakin besar, juga dikarenakan rasa sakitnya yang cukup menyiksa.

Sponsors Link

8. Mudah Mengalami Infeksi

Tumor pada tulang kepala dapat menyebabkan imunitas tubuh kian menurun, dan hal ini dapat menyebabkan seseorang mudah mengalami infeksi terutama di bagian kepala. Gejala tumor kepala yang juga tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri kanker tulang tangan ini sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut karena infeksi yang terjadi berulang kali dapat menyebabkan kerusakan pada organ tertentu.

9. Sering Demam dan Mudah Berkeringat

Tumor juga akan menyebabkan tubuh sering mengalami demam hingga lebih dari dua kali dalam sebulan. Bahkan tidak jarang juga disertai keringat yang berlebihan di malam hari. Kondisi ini mirip dengan gejala kanker kulit kepala yang tidak boleh dibiarkan dan harus segera diperiksakan ke rumah sakit agar tidak semakin parah.

10. Kepala Terasa Berat

Munculnya tumor di tulang kepala tentu akan membuat kepala menjadi terasa lebih berat, apalagi jika tumor telah berukuran besar. Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu terutama di saat beraktivitas. Karena itu segera temui dokter yang ahli di bidangnya untuk memeriksakan diri dan mendapatkan pengobatan yang tepat sesegera mungkin.

11. Pusing Berkepanjangan

Tumor pada tulang kepala tidak hanya menimbulkan rasa nyeri, namun juga dapat menyebabkan pusing yang berkepanjangan dan terjadi terus menerus. Pengobatan tumor tulang jinak perlu segera dilakukan sebelum tumor menjadi ganas. Jika sering merasa pusing tanpa penyebab yang jelas sebaiknya segera pergi ke rumah sakit.

Nah, itulah gejala tumor tulang kepala yang sebaiknya tidak diabaikan meski terkadang tidak begitu terasa. Pendeteksian dini akan mempermudah proses penyembuhan dan memperkecil resiko yang mungkin timbul selama pengobatan berlangsung. Usahakan untuk selalu menjalani pola hidup sehat dan rutin berolahraga demi menghindari penyakit tumor dan kanker yang semakin lama semakin meningkat jumlah penderitanya.

, , , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.