6 Makanan Penyebab Kanker Tiroid Yang Wajib Dihindari

Tiroid merupakan kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu di bagian leher, yang fungsinya untuk mengatur denyut jantung, suhu tubuh hingga tekanan darah. Bahkan pada wanita kelenjar ini memiliki peranan dalam memproduksi hormon yang berkaitan dengan reproduksi. Kanker tiroid bisa saja terjadi karena adanya mutasi genetik pada kelenjar tersebut. Penyebab pastinya belum dapat diketahui, namun faktor makanan penyebab kanker yang dimakan sehari-hari menjadi salah satu penyebabnya.

Sponsors Link

Makanan Penyebab Kanker Tiroid

Alasan makanan menjadi penyebab kanker tiroid adalah beberapa jenis makanan sehari-hari yang kita konsumsi sekarang ini banyak mengandung berbagai senyawa kimia atau zat yang memberikan dampak buruk terhadap kesehatan. Senyawa tersebut mempengaruhi sel kelenjar tiroid sebagai bagian yang dekat saluran pencernaan, sehingga sel tersebut menjadi tidak terkendali aktivitasnya. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui makanan apa saja yang menyebabkan kanker tiroid sebagai salah satu cara mencegah kanker tiroid yang paling mudah.

1. Seafood

Bagi orang yang alergi dengan jenis seafoo tertentu sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya. Bahkan orang yang sehat pun tidak baik jika mengkonsumsi seafood secara berlebihan dan sering. Seafood biasanya mengandung yodium yang sangat tinggi, terutama pada kepiting, udang dan cumi-cumi. Kandungan yodium memang diperlukan tubuh agar tidak terkena penyakit gondok, namun porsi yang dibutuhkan sangat kecil. Jika yodium dikonsumsi terlalu banyak maka dapat menyebabkan keracunan yodium dan memicu munculnya sel kanker pada kelenjar tiroid.

2. Makanan Kaleng

Makanan kaleng umumnya dibuat dengan tujuan agar isinya dapat disimpan dalam waktu yang lama. Artinya agar dapat bertahan lama dan tidak mengubah cita rasanya, sang produsen menambahkan banyak penyedap rasa dan pengawet ke dalam makanan tersebut. Hal ini tentu saja tidak bagus dikonsumsi karena senyawa tambahan yang berbahaya tersebut dapat merusak kesehatan dan menyebabkan munculnya kanker tiroid yang cukup berbahaya. Selain itu makanan kaleng juga termasuk makanan penyebab kanker kelenjar getah bening.

3. Makanan Ringan Kemasan

Anda pasti suka mengemil makanan ringan yang dikemas dalam bungkus yang lucu atau mengggah selera. Namun kebiasaan ini sebaiknya dikurangi bahkan dihindari, karena makanan ringan kemasan seperti keripik kentang sudah dibumbui dengan penyedap rasa seperti mecin dan MSG. Makanan tersebut sudah tidak memberikan manfaat apapun bagi tubuh selain rasa enaknya, dan parahnya bahan kimia tersebut justru menjadi penyebab utama munculnya sel kanker di dalam tubuh termasuk pada kelenjar tiroid.

4. Minuman Bersoda

Sudah banyak orang yang merasakan dampak buruk dari minuman bersoda. Namun kebanyakan mengabaikan dampak buruk tersebut karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Minuman bersoda selain mengandung gula yang tinggi, juga mengandung beberapa zat kimia lainnya yang dapat memicu munculnya sel kanker di dalam tubuh. Gula yang dikonsumsi berlebihan dapat menurunkan imunitas tubuh sehingga sel kanker yang telah terinisiasi dapat berkembang lebih mudah.

5. Daging Merah

Daging merah mengandung protein hewani yang tidak baik jika dikonsumsi berlebihan, karena dapat menjadi penyebab berbagai penyakit jika tersimpan dalam jumlah banyak di dalam tubuh. Daging merah sebaiknya dikonsumsi sebulan sekali, jika lebih dari itu maka dapat memicu munculnya berbagai masalah kesehatan termasuk kanker tiroid, kanker kelenjar getah bening dan kanker lambung.

6. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol sangat berbahaya bagi kesehatan, karena itu sebaiknya hindari minuman ini sebisa mungkin. Kandungan alkohol dan zat kimia lainnya dalam minuman ini dapat merusak sel tubuh, mengganggu fungsi berbagai organ tubuh hingga menyebabkan munculnya sel kanker pada kelenjar tiroid.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab kanker tiroid yang wajib dihindari. Dengan menghindari makanan tersebut kita bisa menjaga tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit kanker yang mematikan.

 

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.