Inilah Buah yang Dianjurkan untuk Penderita Kanker Kelenjar Tiroid Wajib Dikonsumsi

Kanker tiroid adalah salah satu jenis kanker yang berbahaya. Bila tidak cepat ditangani, kanker ini akan semakin menyebar.

Sponsors Link

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang berada di bagian depan leher. Fungsi kelenjar ini adalah mengeluarkan hormon-hormon pengatur metabolisme, pertumbuhan, suhu tubuh, denyut jantung, tekanan darah tinggi, berat badan, dan lainnnya. Kanker kelenjar tiroid adalah tumbuhnya sel abnormal yang terdapat di dalam kelenjar tiroid.

Umumnya, penyakit ini dialami orang yang berusia 35-39 tahun dan usia 70 tahun ke atas. Sedangkan perempuan memiliki resiko terkena kanker kelenjar tiroid lebih tinggi dari pria. Hal ini tejadi karena berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Beberapa gejala kanker tiroidadalah:

  • Mengalami sakit tenggorokan
  • Sakit saat menelan akibat kanker tiroid
  • Suaranya menjadi serak dan tidak segera membaik meskipun telah beberapa minggu
  • Leher mengalami sakit
  • Kelenjar getah bening pada bagian leher membengkak

Namun, tidak semua benjolan yang muncul pada kelenjar tiroid berarti kanker kelenjar tiroid. Sebab, pembengkakan kelenjar tiroid juga bisa disebut dengan penyakit gondok atau yang lebih parah adalah kanker kelenjar getah bening di leher.

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh pasien salah satunya adalah buah. Lalu, apa saja buah yang dianjurkan untuk penderita kanker kelenjar tiroid? Berikut adalah beberapa buah yang dianjurkan untuk pederita kanker tiroid, diantaranya adalah:

  • Stroberi

Saat mengalami kanker kelenjar tiroid, tubuh sangat membutuhkan asupan makanan yang kaya akan yodium. Makanan yang mengandung yodium sangat membantu tiroid untuk kembali mengelola metabolisme, detoksifikasi serta meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan.

Di dalam buah stroberi juga terdapat banyak sekali nektar yang sangat dibutuhkan oleh penderita kanker kelenjar tiroid. Selain buah stroberi, makanan yang kaya akan yodium adalah kentang, yogurt, produk susu, dan kacang.

  • Nanas

Nanas juga menjadi salah satu buah yang sangat dianjurkan bagi penderita kanker kelenjar tiroid. Hal ini dibuktikan oleh seorang wanita asal Inggris yang dapat sembuh dari kanker selama lima tahun hanya dengan mengonsumsi buah nanas. Saran dokter untuk melakukan kemoterapi ditolak oleh wanita tersebut sebab ia lebih memilih untuk melakukan pengobatan secara alami.

Sejak saat itulah, ia mulai mengonsumsi tiga nanas sehari serta buah anggur, lemon, apel, kiwi, dan pisang. Kombinasi dari buah-buahan ini dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi atau disebut sebagai bromelain untuk melawan sel kanker. Disamping mengonsumsi buah nanas, ia juga behenti merokok, menjaga asupan makanan, dan sering melakukan yoga. Alhasil dalam waktu enam bulan, kanker stadium empatnya berhasil bersih total.

  • Cranberry

Buah cranberry juga dapat dipilih sebagai buah yang baik sebagai cara mencegah kanker tiroid. Buah ini dapat dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat sebagai jus. Namun, pastikan saat membuat jus tidak ditambahkan pemanis di dalamnya. Cranberry dapat memecah dan menyusutkan penumpukan lemak di dalam kelenjar tiroid.

Untuk mengimbangi asupan buah yang masuk ke dalam tubuh, penderita kanker kelenjar tiroid juga perlu mengetahui hal-hal yang harus dihindari oleh penderita, diantaranya adalah:

  • Gandum kasar yang belum diolah
  • Minuman yang mengandung alkohol dan kafein
  • Makanan berlemak tinggi contohnya makanan cepat saji
  • Makanan olahan, kaya akan gula, dan tembakau
  • Membatasi asupan daging merah

Dengan mengetahui pantangan makanan penderita kanker kelenjar tiroid serta mengetahui buah yang baik, berikutnya adalah mengonsumsi obat secara teratur dan sesuai dosis yang dianjurkan. Selalu konsultasikan dengan dokter hal-hal yang terjadi selama proses penyembuhan. Semoga artikel ini bermnfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Tiroid

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.