Operasi Tumor Testis : Metode, Biaya, Manfaat dan Efeknya

Penyakit tumor testis merupakan ancaman yang serius bagi kaum adam. Sama seperti penyakit kanker ganas, tumor testis yang sudah menjalar ke bagian tubuh lainnya akan berakibat fatal jika tidak segera ditangani bahkan mengancam jiwa penderitanya. Penyakit tumor jenis ini berisiko diidap oleh mereka yang berusia antara 15 hingga 35 tahun. (baca juga: Gejala Tumor Mata, CIri Ciri Kanker Gusi )

Sponsors Link

Perkembangan teknologi yang ada saat ini sudah semakin canggih, sehingga bisa sedikit melegakan terutama bagi proses penyembuhan penyakit tumor. Selama tumor tersebut belum mengalami penyebaran menjadi kanker ganas, tumor diyakini masih bisa disembuhkan dengan jalan medis. Tumor testis sendiri merupakan jenis penyakit yang cukup banyak diderita dengan angka kasus naik setiap tahunnya 8-13% . Untuk mengatasi hal ini tentunya dibutuhkan peran aktif menjaga sekaligus mencegah dan mewaspadai beragam gejala yang bisa diindikasikan sebagai tanda awal tumor testis ini.

Artikel Terkait: Ciri ciri Tumor Ganas, Penyebab Tumor Jinak menjadi Ganas

Beberapa gejala yang bisa diprediksi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Adanya benjolan serta pembesaran di salah satu testis
  • Testis atau buah zakar terasa berat sebelah atau tidak merasa nyaman pada bagian tersebut.
  • Timbunan cairan di wilayah skrotum
  • Sakit di bagian perut dan selangkangan

Gejala tersebut umumnya dialami oleh mereka yang terindikasi mengidap tumor testis yang masih jinak. Jika sudah dirasakan gejala demikian, maka hal yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri melalui diagnosa dokter. Pada tahap ini dokter akan terlebih dulu melakukan pengamatan fisik, jika sudah dilakukan pengamatan maka akan dilanjtkan kepada metode pemeriksaan selanjutnya seperti laboratorium, Scan atau pengambilan jaringan (biopsi), sehingga bisa ditentukan pengobatan yang sesuai.

Artikel Lainnya: Gejala Kanker Tulang Ekor, Manfaat Jengkol Untuk Kanker

Salah satu tindakan yang harus dilakukan dalam mengobati tumor testis adalah dengan tindakan operasi tumor testis atau yang dalam dunia medis disebut sebagai Orkiektomi atau pengangkatan (pemotongan) salah satu testis. Untuk lebih jelasnya mengenai metode, biaya, dan risiko pengobatan akan dipaparkan pada uraian berikut ini.

Metode Operasi Tumor Testis

Selain menggunakan teknik terapi radiasi, kemoterapi, herbal, maupun imunoterapi yang banyak dipakai untuk mengobati kanker. Tindakan operasi pengangkatan merupakan jalan yang seringkali ditempuh untuk mengobati tumor testis. Meski cukup berisiko, namun tindakan orkiektomi termasuk salah satu pengobatan medis yang banyak berhasil bagi penderita tumor testis dalam tahap awal. (baca juga: Ciri Ciri Kanker Getah Bening, Ciri Ciri Kanker Amandel )

Sponsors Link

Metode operasi pada tumor testis ini dilakukan pertama-tama  dengan cara pemeriksaan kondisi pasien. Setelah diketahui kondisi pasien secara mental dan fisik dalam keadaan sehat, maka tindakan yang dilakukan selanjutnya adalah membuat sayatan di salah satu bagian paha tepat di pangkalnya. Sayatan ini jelas mengakibatkan rasa nyeri cukup hebat bagi pasien, selain itu juga bisa menimbulkan pendarahan atau infeksi. (baca juga: Gejala Kanker Usus Pada Anak, Gejala Kanker Usus Stadium Awal)

Orkiektomi merupakan tindakan yang diharapkan bisa menghentikan produksi hormon testosterone. Penghentian ini hanya bersifat sebagian untuk menghambat pertumbuhan sel tumor yang memang disebabkan karena jumlah testosterone yang berlebihan. Dalam dunia medis, orkiektomi sejatinya tidak hanya dilakukan untuk pasien dengan tumor testis saja, melainkan juga jenis kanker lainnya yang menyerang bagian testis atau prostat. Terdapat tiga jenis orkiektomi yang dikenal dalam pengobatan medis. Ketiga jenis tersebut antara lain:

Artikel Terkait: Leukimia pada Anak, Gejala Awal Kanker Lidah

  • Simple Orkiektomi, yaitu dilakukan dengan membuat sayatan di bagian tengah skrotum kemudian memotong jaringan yang ada dibawahnya. Kemudian dokter mengambil testis dan bagian korda spermatika lalu menutup bekas sayatan dengan jahitan.
  • Subcapsular Orkiektomi, adalah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tampilan skrotum tetap normal. Dokter melakukan sayatan di bagian tengah skrotum, kemudian memotong jaringan spermatika. Disini yang diambil hanyalah jaringan kelenjar dari lapisan setiap testis saja, sedangkan jaringan kelenjar lainnya dibiarkan saja untuk menjaga tampilan skrotum tersebut.
  • Orkiektomi Inguinal, dikenal juga dengan Orkiektomi radikal. Mengapa demikian? Orkiektomi radikal merupakan tindakan yang mengangkat secara keseluruhan korda spermatika dan testis. Hal ini dilakukan untuk mengatasi kanker yang semakin menyebar secara cepat.
ads

Baca Juga:

Dengan melakukan orkiektomi, secara umum pasien tumor testis bisa menjalani aktifitas di kemudian hari dengan nyaman. Tindakan operasi ini tidak membutuhkan waktu lama untuk berada di rawat inap, penderita bisa menjalani masa penyembuhan dengan rawat jalan.

Prosedur melakukan orkiektomi adalah berdasarkan perintah atau saran dari dokter apabila diketahui tumor sudah beralih menjadi ganas dan merupakan satu-satunya jalan jika penyebaran tumor tersebut tidak bisa terkendali serta bisa berakibat buruk bagi kesehatan pasien. (baca juga: Pengobatan Kanker Pankreas Stadium 4, Kemoterapi Kanker Otak)

Perkiraan biaya yang dibebankan dalam tindakan operasi tumor testis tersebut adalah bergantung pada jenis orkiektomi yang dipilih, kemudian juga didasarkan pada tingkat kesulitan dari tim dokter untuk mengangkat testis itu sendiri. Secara umum, anggaran yang dibutuhkan pada tindakan ini sebesar Rp 8.000.000,- s/d Rp 10.000.000,-. Biaya tersebut berlaku bagi pasien umum tanpa bantuan (BPJS, Asuransi, dll), serta belum termasuk biaya rumah sakit serta pengobatan (obat bergantung pada merk serta jenisnya).

Artikel Terkait: Vaksin Kanker Payudara, Kemoterapi Kanker Darah

Secara umum, kondisi manusia sebelum dan sesudah melakukan operasi tentunya akan berbeda. Namun, demikian operasi yang dilakukan juga demi melindungi kesehatan pasien tersebut secara siginifikan di masa yang akan datang. Tidak terkecuali pada tindakan operasi tumor testis yang juga memiliki fungsi serta risiko lain yang beriringan dengan kelanjutan hidup pasien tersebut.

Manfaat Operasi Tumor Testis

Bila dijelaskan kembali, prosedur pengangkatan testis pada tindakan operasi tumor testis ini adalah untuk menghancurkan atau mneghilangkan tumor yang ada di dalam testis pasien. Dengan demikian, manfaatnya orkiektomi selain menyembuhkan pasien dari risiko tumor ganas atau kanker prostat, tindakan ini juga bisa membantu pasien untuk mengatasi keluhan yang disebabkan kelainan pada salah satu bagian testisnya tersebut. Hal ini berdasarkan pada keluhan yang dialami pasien saat timbul gejala tumor testis yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Dengan orkiektomi yang dilakukan sesegera mungkin, diharapkan keluhan tersebut dapat diatasi dan pasien terhindar dari penyakit yang lebih serius.

Baca juga:

Efek Operasi Tumor Testis

Setiap tindakan operasi pasti akan menimbulkan efek samping dikemudian hari. Apalagi jika operasi tersebut dilakukan pada bagian tubuh yang merupakan bagian vital seperti testis yang termasuk organ reproduksi. Praktisnya, efek yang ditimbulkan lebih dominan terjadi pada bagian reproduksi tersebut, seperti beberapa efek berikut ini:

Sponsors Link

  • Gagal Ereksi, merupakan salah satu efek yang bisa dialami oleh pasien yang melakukan orkiektomi dikarenakan tidak adanya lagi gairah seksual dan berkurangnya testosterone.
  • Kemandulan, secara praktis kemandulan bisa dialami usai menjalani operasi pengangkatan.
  • Turunnya Libido, penurunan libido ini dialami pria yang memang melakukan operasi tumor testis saat sudah berusia lanjut, tidak menutup kemungkinan juga bagi penderita yang masih usia produktif.
  • Osteoporosis, akibat dari jaringan tulang terutama pada bagian sumsum tulang yang terganggu karena operasi yang dilakukan.
  • Gynecomastia, atau pertumbuhan abnormal payudara pria saat hormon tidak lagi seimbang.
  • Hot flashes, atau sindrom yang memungkinkan penderita mengalami panas dan berkeringat serta jantung berdebar pada waktu tertentu.

Artikel Lainnya: Cara Pengobatan Kanker Lidah, Penyebab Kanker Payudara pada Laki laki

Menyikapi efek samping tersebut sesungguhnya tindakan operasi wajib dilakukan. Dengan kata lain, faktor efek samping boleh disisihkan terlebih dulu demi alasan kesehatan, karena biasanya efek samping yang ditimbulkan ini bisa diatasi dengan jalan terapi lainnya untuk kembali menyeimbangkan kondisi tubuh.

Demikian artikel informatif tentang beberapa hal terkait operasi tumor testis. Mulai dari metode, pembiayaan, manfaat hingga efek samping yang ditimbulkan. Semoga bermanfaat!

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Testis

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.