Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Tumor Jinak Tenggorokan

Tenggorokan merupakan bagian tubuh yang di dalamnya terdapat berbagai organ kecil dengan fungsi berbeda namun penting. Beberapa di antaranya terdapat amandel, pita suara, kelenjar getah bening, kelenjar tiroid, saluran pernapasan dan saluran pencernaan. Tenggorokan yang sering terpapar makanan dan gas yang mengandung senyawa kimia sangat rentan mengalami berbagai penyakit, termasuk di antaranya tumor jinak. Tumor jinak berupa benjolan yang terdapat pada tenggorokan atau leher memang biasanya tidak berbahaya seperti kanker tenggorokan, namun hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika terjadi pada Anda sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sponsors Link

Penyebab Tumor Jinak Tenggorokan

Penyebab kanker tenggorokan juga bisa menjadi munculnya tumor jinak pada tubuh seseorang. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan munculnya tumor pada tenggorokan yaitu:

  • adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher
  • pembengkakan atau gondok pada kelenjar tiroid, termasuk penyakit hipertiroidisme
  • makanan yang dikonsumsi mengandung senyawa kimia seperti pengawet, penyedap rasa dan pewarna makanan
  • kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol
  • adanya infeksi pada tenggorokan yang menyebabkan timbulnya pembengkakan

Gejala Tumor Jinak Tenggorokan

Gejala tumor tenggorokan memang dapat dilihat dari luar, karena umumnya leher akan membengkak sehingga bisa langsung diketahui jika tumor membesar. Namun gejala awal kanker tenggorokan jarang dapat dirasakan karena pada tahap awal sel kanker belum menunjukkan aktivitas yang nyata. Gejala atau ciri-ciri kanker tenggorokan sama seperti tanda kanker tenggorokan, yang bisa jadi juga merupakan ciri-ciri kanker amandel. Adapun gejala tumor jinak tenggorokan adalah sebagai berikut.

1. Leher Terlihat Bengkak

Adanya tumor yang muncul pada tenggorokan tentu akan menimbulkan massa yang cukup besar sehingga dapat membuat leher terlihat bengkak. Jika leher membesar tanpa penyebab yang pasti Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Penanganan yang cepat dan tepat dapat menekan resiko yang memperburuk kondisi kesehatan, juga mempercepat proses penyembuhan tumor tenggorokan.

2. Rasa Sakit di Leher

Tumor jinak memang sebagian ada yang tidak terasa sakit sama sekali, namun beberapa kondisi munculnya tumor jinak di leher dapat menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit atau nyeri yang muncul terus berkelanjutan dan tidak sembuh meski telah meminum obat pereda nyeri. Hal ini dikarenakan sel tumor menyebabkan tekanan pada jaringan di sekelilingnya sehingga dapat menyebabkan peradangan dan muncul rasa sakit.

3. Sakit saat Menelan

Adanya tumor yang terus membesar di tenggorokan tentu akan mulai menekan saluran pencernaan di leher, sehingga saat makan biasanya penderita tumor akan mengalami kesulitan menelan. Semakin besar tumor tersebut maka akan semakin sulit untuk menelan bahkan leher menjadi terasa sakit.

4. Kesulitan Bernapas

Selain menekan saluran pencernaan, tumor di leher atau tenggorokan juga dapat menekan saluran napas,sehingga keberadaan tumor ini dapat menyebabkan penderitanya kesulitan bernapas. Tak jarang tumor jinak di tenggorokan menyebabkan seseorang mengalami sesak napas dan dapat berdampak pada terganggunya proses masuknnya oksigen ke dalam paru-paru.

5. Suara Serak

Penekanan pita suara akibat tumbuhnya sel tumor pada tenggorokan dapat menyebabkan sura menjadi serak. Tumor yang kian membesar akan membuat pita suara semakin terdesak hingga penderitanya akan kesulitan untuk berbicara atau mengeluarkan suara.

6. Sering Batuk

Keberadaan sel tumor jinak di tenggorokan juga dapat menyebabkan seseorang mengalami batuk, dan batuk tersebut akan terjadi terus selama tumor belum disembuhkan. Karena itu sangat penting mengetahui gejala tumor maupun tenggorokan agar dapat segera diobati dan terhindar dari efek yang lebih buruk.

Cara Mengatasi Tumor Jinak Tenggorokan

Tumor jinak tenggorokan biasanya lebih mudah diobati terutama bila terdiagnosa saat tumor masih berukuran kecil. Bila tumor sudah sangat besar atau berubah menjadi kanker ganas, maka diperlukan tindakan pengobatan yang lebih intensif agar dapat sembuh dari penyakit tersebut. Adapun cara mengatasi tumor jinak tenggorokan adalah sebagai berikut.

  1. Tindakan operasi untuk mengangkat seluruh sel tumor.
  2. Kemoterapi kanker agar sel tumor tidak membesar dan dapat dihancurkan, cara ini sekaligus dapat mencegah munculnya sel kanker yang berbahaya.
  3. Terapi radiasi untuk menghancurkan sel tumor dengan menggunakan sinar X yang diarahkan pada tenggorokan.
  4. Penggunaan obat-obatan herbal yang bersifat alami untuk menekan pertumbuhan sel tumor dan menghancurkannya secara bertahap.
Sponsors Link

Bahan alami yang digunakan untuk mengatasi tumor jinak harus di bawah pengawasan ahli herbal untuk menentukan dosis yang tepat. Selain itu penderita tumor harus banyak mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin, juga menghindari makanan tidak sehat atau produk daging. Dengan begitu tumor akan lebih mudah disembuhkan dan daya tahan tubuh pun akan meningkat.

Itulah informasi mengenai tumor jinak tenggorokan yang dapat disampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jangan lupa untuk menjalani pola hidup sehat dan giat berolahraga agar terhindar dari tumor maupun kanker yang berbahaya.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.