15 Gejala Kanker Tonsil Dan Tahapan Stadiumnya

Seseorang yang menderita penyakit amandel (tonsil) akan merasakan gejala tenggorokan sakit, sulit melenan dan adanya pembesaran pada tonsil. Namun harus berhati hati karena gejala tersebut sama seperti seseorang sedang terserang kanker tonsil .

Sponsors Link

Kanker tonsil menyerang banyak pria ketimbang wanita hal ini disebabkan karena kaum pria lebih identik dengan merokok, minuman beralkohol,  menggunakan narkoba dan melakukan oral sex bebas terhadap wanita yang berbeda beda yang salah satunya ternyata menderita kanker serviks, dimana sel kanker tersebut dapat mudah masuk melalui rongga mulut dan memicu tumbuhnya sel kanker pada tonsil.

Baca Juga:

Gejala gejala umum kanker tonsil adalah :

  1. Tenggorokan nyeri dan panas
  2. Sulit menelan
  3. Bau mulut tak sedap
  4. Bagian telinga terasa nyeri
  5. Terserang flu
  6. Kepala pusing
  7. terjadi mual mual
  8. tubuh merasa tidak nyaman
  9. suara serak atau parau/sengau
  10. Ada benjolan pada leher seputar tonsil
  11. Sakit pada kelenjar getah bening
  12. Pembengkakan sekitar leher
  13. Nyeri pada bagian bawah telinga
  14. Kadang merasa kesulitan bernafas dengan normal
  15. Timbul pembengkakan di seputar tenggorokan

Baca Juga:

Kanker tonsil memiliki tahapan dalam stadium kanker yaitu untuk memngetahui tingkatan penyebaran sel kanker yang diserita seseorang yang telah terdiagnosa kanker tonsil. Dengan cara tahapan stadium kanker itulah para dokter dapat menentukan langkah langkah selanjutnya untuk pengobatan yang harus dijalani si pasien, agar penyakitnya dapat disembuhkan dan tidak menjalar menjadi stadium berikutnya.

  • Stadium 1

Dimana tumor yang menetap pada tonsil membuat seseorang sulit untuk menelan dan menderita sakit pada sekitar tonsilnya. tumor tersebut berukuran relatif kecil kira kira tidak lebih dari 7 centimeter. Tumor tersebut hanya menyerang pada bagian tonsil saja tidak kebagian luar tonsil.

  • Stadium 2

Dimana tumor telah mengami perubahan bentuk yang lebih besar dan semakin menyebabkan rasa nyeri ketika menelan sesuatu. kondisi ini sering membuat seseorang menderita depresi untuk makan dan mengakibatkan bobot tubuh turun secara signifikan. tumor yang sedikit lebih besar daripada stadium 1 tersebut masih belum menyebar keluar dari area tonsil yang mengalami pembengkakan.

ads
  • Stadium 3

Dimana sel sel tumor mengalami pergerakan aktif dan telah membelah  dirinya dengan jalan mutasi sehingga menjadi kanker. Kanker tersebut telah menyebar ke arah jaringan dan organ tubuh yang lebih luas tetapi masih berdekatan dengan letak tonsil yang mengalami pembengkakan atau masih berdekatan dengan noda limfa. (Baca Juga: Penyebab Kanker Tenggorokan)

  • Stadium 4

Dimana kanker telah bergerak daan menyebar dengan leluasa keseluruh jaringan tubuh hingga bisa mencapai jaringan pusat yaitu otak. kondisi ini menyebabkan seseorang sudah sulit untuk sembuh dengan cepat walaupun pada kenyataannya potensi untuk hidup masih ada.

Banyak penderita kanker stadium 4 yang di diagnosa dokter hanya memiliki usia yang relatif pendek karena kankernya sudah menyebar dan merusak 90 persen jaringan penting didalamm tubuhnya, namun bisa bertahan hidup hingga bertahun tahun karena konsisten dan rajin menggunkan aobat secara terus menerus yang sebelumnya telah direkomendasikan oleh dokter kanker. namun pengobatan tersebut harus dilakukan sepanjang hidupnya atau sampai dirinya sembuh. (Baca Juga: Kanker Payudara Stadium 4)

Pengobatan yang terbaik dan aman bagi penderita kanker tonsil ada 2 cara, yaitu :

1. Melalui Pembedahan (operasi)

Pembedahan dilakukan dengan durasi waktu yang relatif cepat dan sipenderita akan mengalami proses penyembuhan yang relatif cepat juga, karena operasi adalah jalan yang terbaik karena tidak menimbulkan efek samping. jalan pembedahan bertujuan untuk mengangakat tumor atau sel kanker , kelenjar getah bening sekitar leher dan bagian rahang jika memang disinyalir ada dibagian tersebut.

Baca Juga:

2. Melalui radiasi sinar dan infra merah

Radiasi yang dipakai adalah radiasi sinar dan  sinar infra merah yang akan dipancarkan lalu menembus kulit dan mengenai sel kanker yang diinginkan yang menetap disekitar antara leher dan rahang. Penyinaran dengan menggunkan radiasi ini ditujukan untuk membunuh dan melenyapkan pergerakan sel sel kanker yang menggumpal dan menetap di area tonsil. (Baca Juga: Gejala Kanker Mata)

Bagaimana cara menyehatkan kondisi tonsil agar terhindar dari serangan tumor dan sel kanker?

  1. Tidak mengkonsumsi makanan yang bercitarasa terlalu pedas dan asam secara berlebihan
  2. Hindari makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin
  3. Mengkonsumsi suplemen vitamin C
  4. Kurangi makanan  yang menggunakan pemanis buatan
  5. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak jenuh
  6. Tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak menggunkan penyedap rasa secara berlebihan
  7. Kurangi mengkonsumsi minuman yang mengandung soda atau gas karena mengadung karsinogen
  8. Hindari pemakaian obat obatan pereda rasa sakit tanpa rekomendasi dokter
  9. Hindari pemakaian obat obatan terlarang atau narkoba jenis apapun
  10. Menghindari segala bentuk minuman yang mengandung alkohol
  11. Mengurangi rokok atau tinggalkan rokok itu lebih baik
  12. Minumlah air putih setidaknya 7 sampai 8 liter perharinya

Baca Juga:

Apa hubunganya penurunan berat badan yang signifikan dengan kanker tonsil?

  • Jika seseorang mengalami gejala penyakit amandel dan mengakibtkan bobot tubuhnya turun secara signifikan  segera periksakan ke dokter karena berat badan yang menurun dengan cepat adalah indikasi kuat bahwa seseorang sedang mengalami penyakit yang serius.
  • Banyak kasus yang mengatakan bahwa seseorang mengalami penyakit amandel , setelah bobot badannya semakin menurun barulah siaga untuk memeriksakan diri, dimana setelah pemeriksaan selesai,  pada kenyatannya seseorang tersebut bukan lagi menderita sakit amandel biasa melainkan terdiagnosa menedrita kanker tonsil.
  • Pemerikasaan secara dini atau lebih cepat adalah jalan lebih baik agar dokter dapat mengetahui dan menditeksi penyakit yang dideritanya . Semakin cepat penyakit terditeksi maka akan semakin mudah penyakitnya untuk disembuhkan.

Benarkah anak anak bisa terkena kanker tonsil?

  • Anak anak pada usia pertumbuhan sering mengalami pembesaran tonsil yang mengakibatkan sulit menelan, tenggorokan sakit dan pembesaran tonsil serta membuat suaraanya seperti sengau , hal ini dikarenakan bentuk langit langit mulutnya mengalami perubahan dan peradangan.

(Baca Juga: Ciri Ciri Kanker Mulut)

  • Penyakit amandel sering diderita anak anak yang sering mengkonsumsi maknan atau minuman yang terlalu panas atau dingin. Kanker tonsil sangat jarang terjadi pada anak anak namun bisa saja terjadi namun walaupun hanya seperkian persen dari populasi manusia didunia. Kanker tonsil sering diderita oleh kaum laki laki dewasa berusia antara 50 hingga 70 tahun yang mempunyai kebiasaan merokok selama bertahun tahun, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol dan pada orang orang yang mengkonsumsi narkoba. (Baca Juga: Pengaruh Rokok Terhadap Kanker Serviks)
  • Bagi anak anak yang ingin tonsilnya selalu daalam keadaan normal sebaiknya mengubah pola makannyaa dengan lebih baik dan hindari dari orang orang yang perokok aktif atau jauhkan dari berbagai macam minuman keras (beralkohol). Tidak menutup kemungkinan anak anak yang sudah mencoba lalu keranjingan merokok dan minuman beralkohol akan menderita kanker tonsil lebih cepat dari pada orang orang yang berusia 50 tahun.

Baca Juga:

Catatan penting :

Gejala kanker tonsil biasanya memang sama seperti gejala penyakit amandel biasa, tetapi jika terjadi pada orang dewasa yaitu pada usia 50 tahun atau lebih dan mengalami penurunan berat badan yang drastis , perlu segera diambil tindakan serius karena sel kanker tonsil kerab muncul pada usia tersebut. segeralah periksakan kondisi tersebut pada dokter yang terkait.

Bagi orang orang yang menderita penyakit amandel perlukah dilakukan diagnosa?

Inilah Diagnosa dilakukan berdasarkan gejala agar didapat suatu kesimpulan dari hasil pemeriksaan yang telah dicapai.

  • Diagnosa pemeriksaan pada daerah laring  dengan menggunakan Laringoskopi
  • Diagnosa pemeriksaan pada kerongkongan dengan menggunakan Esofaskopi
  • Diagnosa Biopsi kanker yaitu untuk upaya pengangkatan jaringan yang dicurigai sebagi sel kanker untuk kemudian diteliti dibawah mikroskopi agar dapat diketahui jaringan tersebut sel kanker atau bukan.
  • Diagnosa menggunakan Rontgen/CT.Scan kepala, dada daan leher agar segala sesuatunya dapat terditeksi dengan lengkap.

(Baca Juga: 6 Cara Diagnosis Kanker Otak)

Jika seseorang mengalami peradangan pada tonsil atau pembengkakan yang menyebabkan kesulitan untuk menelan karena tenggorokan terasa sakit, maka ada 2 ramuan aman yang dapat menyembuhkanya. hal ini untuk pencegahan tonsil agar tidak mudah dihinggapai berbagai macam bakteri atau virus yang mungkin saja bisa membuatnya menjadi sel kanker.

1. Air jeruk + kapur sirih

Air jeruk nipis dan kapur sirih dapat diminum setiap hati dengahn takaran gelas kecil saja, hal ini untuk menyembuhkan pembengkakan poada tonsil dan membunuh bakteri yang ada disekitarnya. (Baca Juga: Makanan Pencegah Kanker Otak Alami)

2. Mengkudu + Madu

Mengkudu yang diparut dan diambil sarinya (airnya) lalu ditambahkan madu sangat efektif menyembuhkan peradangan pada tonsil dan membersihkan daerah kerongkongan yang sakit dan area tonsil. minumlah ramuan unik dan aman ini untuk tonsil lebih sehat, baik juga bagi orang orang yang tidak bisa jauh dari rokok dan alkohol. Namun bagaimanpun juga mengurangi kebiasaan merokok dan minuman beralkohol adalah lebih baik daripada tidak sama sekali! (Baca Juga: Daftar Tanaman Obat Kanker , Buah yang Baik Untuk Kanker Darah)

3. Kulit manggis + Madu

Kulit manggis terkenal sebagai raja anti kanker karena memiliki senyawa aktif bernama Acetogenis yang dapat memblokir aktifitas sel sel kanker. Kulit manggis yang telah dibersihkan dapat direbus dan diambil sarinya kemudian tambahkan madu secukupnya, lalu minumlah setiap hari untuk penyembuhan pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada tonsil akibat kebiasaan buruk yaitu kebanyakan merokok.  Usahakan untuk mengurangi merokok atau berhentilah jika ingin kesehatan tonsil anda tidak ingin dikendalikan oleh pergerakan sel kanker yang mulai tumbuh.

(Baca Juga: Kanker Payudara Stadium 1 , Gejala Kanker Paru-paru Stadium 4)

Sponsors Link

Catatan penting :

Bagi orang orang yang mempunyai riwayat kanker secara genetik atau sudah pernah terserang kanker tetapi berhasil disembuhkann untuk tetap waspada pada beberapa makanan yang mempunyai sifat bersahabat pada sel kanker jika dikonsumsi secara berlebihan dan jangka panjang.

Beberapa makanan tersebut adalah:

1.Tauge

Tauge memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh tetapi bagi penderita kanker atau seseorang yang memiliki riwayat genetik kanker sebaiknya hindari tauge karena tauge mempunyai zat yang dapat merangsang dan mendorong tumbuhnya sel kanker pada jaringan tubuh.  pada penderita kanker, tauge dapat membuat sel kanker yang telah ada akan semakin cepat menjalar pada jaringan tubuh lain.

2. Buah nangka

Buah nangka mengandung bayak vitamin dan rasnya sangat nikmay serta manis, namun mengkonsumsi secaar berlebihan sangat tidak baik bagi penderita kanker yang sedang menjalani serangkaian pengobatan untuk penyembuhan kankernya atau juga berbahaya bagi seseorang yang mempunyai riwayat genetik penyakit kanker. Nangka mengandung zat yang mampu mempercepat pergerakan dann pertumbuhan sel kanker.

3. Jenis daging dagingan

Jenis daging Babi, kambing, Sapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyuburkan dan memicu pertumbuhan sel tubuh yang semula normal menjadi sel kanker yang berbahaya. Daging mempunyai kandungan protein, vitamin dan mineral yang baik baagi kesehatan namun konsumsilah dengan bijak daan tidak berlebihan. (Baca Juga: Manfaat Bayam untuk Pencegahan Kanker , Manfaat Buah Nanas Untuk Kanker)

Benarkah hampir 100% sel kanker muncul karena gaya hidup yang salah?

  • Hampir seratus persen munculnya sel kanker pada jaringan tubuh termasuk daerah tonsil disebabkan karena gaya hidup yang kurang baik dan pola makan yang buruk (asal lezat dan kenyang saja), sisanya adalah akibat riwayat genetika (karena keturunan).
  • Seseorang yang mempunyai keturunan penyakit kanker 60 persen lebih cepat terserang kanker daripada orang orang yang tidak memiliki keturunan kanker. Namun berhati hati karena bisa saja yang mempunyai keturunan kanker justru tidak menderita kanker seumur hidupnya, dan sebaliknya orang orang yang tidak memiliki riwayat keturunan kanker justru banyak yang mengidap penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena faktor gaya hidup dan pola makannya yang berbeda beda. (Baca juga : Gejala Kanker Adrenal)

Sebagian besar kanker tonsil diderita laki laki yang telah berusia tua yaitu antara usia 50 sampai 70 tahun, hal itu dikarenakan kebiasaan merokoknya dan minum alkohol yang telah mereka jalani selama bertahun tahun. Tak heran jika diusia tua seluruh penyakit termasuk kanker akan muncul dengan sendirinya.

, , , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 05:56 Oleh :
Kategori : Kanker Tenggorokan