8 Gejala Kanker Tenggorokan Akibat Merokok Paling Berbahaya

Rokok diyakini sebagai satu diantara faktor utama penyebab penyakit mematikan kanker. Bahkan pemberitahuan mengenai hal tersebut sudah secara resmi dibeberkan dalam kemasan setiap rokok. Namun, meski begitu kenyataan bagi perokok yang sudah mengalami kecanduan, anjuran tersebut tidak akan ditanggapi atau bahkan cenderung diabaikan. Kanker yang paling banyak diderita oleh beberapa perokok aktf diantaranya adalah kanker paru-paru dan kanker tenggorokan meskipun tidak menutup kemungkinan memicu jenis kanker yang lain. Beberapa kategori penyakit kanker tenggorokan berdasarkan letaknya antara lain adalah sebagai berikut. (baca juga: Gejala Kanker Hati Stadium 4Gejala Awal Kanker Prostat)

Sponsors Link
  • Kanker Nasofaring, menyerang tenggorokan bagian atas belakang hidung
  • Kanker Orofaring, menyerang tenggorokan tengah, belakang lidah
  • Kanker Hipofaring, menyerang tenggorokan bagian bawah
  • Kanker Laring, menyerang pita suara

Kanker tenggorokan yang akan dibahas pada artikel kali ini adalah jenis kanker yang menyerang bagian kerongkongan dan menggerogoti sebagian besar bagian dalam leher. Bisa anda bayangkan bagaimana penyakit kanker ini akhirnya digolongkan sebagai penyakit yang berbahaya. Pada dasarnya, penyakit kanker apapun jenisnya sudah termasuk penyakit yang mematikan. Kanker disebabkan tidak adanya pengendalian sel yang terus berkembang secar abnormal dan merusak sebagian besar jaringan disekitarnya. Kanker tenggorokan secara spesifik menyerang bagian faring, laring dan tonsil. Berikut ini adalah gejala yang perlu diwaspadai sebagai ciri-ciri kanker tenggorokan yang biasa terjadi pada perokok baik aktif maupun pasif. (baca juga: Biopsi Kanker NasofaringTanda Tanda Kanker Tenggorokan)

1. Suara Berubah

Berubahnya suara pada pengguna rokok yang aktif dapat menjadi tanda awal penyakit kanker tenggorokan. Perubahan suara terjadi akibat adanya perubahan jumlah sel yang sedang berkembang biak secara abnormal hingga suara penderita akan menjadi lebih serak dan kering, pada kasus tertentu suara akan disertai dengan bunyi napas seperti seseorang yang menderita sesak napas sebelumnya. (baca juga: Gejala Awal Kanker OvariumGejala Kanker Mulut)

2. Sakit Tenggorokan

Tanda yang paling tampak dan diyakini adalah rasa nyeri yang dirasakan penderita tepat di bagian tenggorokan. Seperti yang kita tahu rasa sakit pada tenggorokan juga bisa diakibatkan oleh kekurangan vitamin C atau munculnya bakteri yang mengakibatkan peradangan dan rasa nyeri. Namun, pada penyakit kanker rasa sakit tersebut berlangsung lama dan tidak kunjung sembuh meski sudah diberikan obat anti nyeri atau antibiotik tertentu.

Artikel terkait : Gejala Kanker Otak Stadium 4Gejala Kanker Otak Ringan

Sponsors Link

3. Benjolan

Penderita kanker tenggorokan akan terganggu dengan munculnya benjolan pada bagian dalam tenggorokan yang akan terlihat dari luar (leher). Benjolan semacam ini dapat terjadi pada peradangan, namun apabila benjolan berlangsung lama dan terasa nyeri yang luar biasa maka dapat dipastikan benjolan tersebut merupakan sel kanker yang sedang berkembang.

Baca juga :

4. Susah Menelan

Adanya benjolan dan permukaan laringt yang menjadi kasar, akan mengakibatkan penderita kanker tenggorokan mengalami sulit menelan makanan atau minuman yang memiliki beberapa rasa tertentu seperti asam, atau soda. Penderita juga bisa mengalami sulit menelan beberapa jenis makanan halus apabila benjolan semakin membesar serta sudah kesulitan berbicara.

ads

5. Batuk

Gejala lain kanker tenggorokan akibat terpapar asap rokok adalah batuk akut yang dialami penderita. Batuk ini berlangsung lama dan terkadang disertai dengan darah. Pada penyakit batuk yang normal batuk dapat dengan sembuh bila disertai dengan pengobatan yang rutin. Namun, hal berbeda justru terjadi pada batuk akibat kanker yang sulit untuk sembuh dan justru semakin parah karena munculnya infeksi pada tenggorokan yang menjadi tempat berlangsungnya gesekan jaringan saat terjadi batuk kronis. (baca juga: Operasi Kanker PayudaraMetode Pengobatan Kanker Tulang)

6. Telinga Berdengung

Tenggorokan yang berada dekat dengan beberapa organ lainnya seperti telinga dapat mengakibatkan gangguan pada organ disekitarnya. Ciri telinga berdengung dapat menjadi tada penyakit kanker tenggorokan yang perlu diwaspadai. Hal ini dikarenakan telinga berdengung terkadang juga sering terjadi pada ciri penyakit lain seperti vertigo atau saat tidak sengaja kemasukan air. Namun, bila telinga berdengung berlangsung lebih dari satu hari dan sering, maka bisa menjadi tanda penyakit kanker tenggorokan atau jenis penyakit lainnya.

7. Berat Badan Turun

Ciri yang paling mudah dikenali apabila seseorang tengah terkena penyakit serius adalah berat badan yang menurun secara signifikan. Hal tersebut dapat diakibatkan berkurangnya nafsu makan penderita. Tanda-tanda ini juga dapat muncul pada penyakit kanker tenggorokan dimana penderita akan mengalami perubahan nafsu makan akibat dari rasa nyeri yang dirasakan pada tenggorokan serta benjolan yang muncul disekitar tenggorokan.

Artikel lain : Perbedaan Kanker dan Tumor secara UmumGejala Awal Kanker Usus

8. Pembengkakan

Perubahan terjadi pada area sekitar tenggorokan. Secara medis sel kanker yang menyerang dan mengalami perkembangbiakkan secara tidak terkontrol akan menjalar ke beberapa bagian tubuh disekitarnya. Letak tenggorokan yang berdekatan dengan beberapa organ penting lain seperti mata, telinga, lidah, leher, atau rahang dapat mengakibatkan munculnya pembengkakan pada bagian-bagian tersebut yang akhirnya mengganggu aktifitas penderita.

Baca Juga :

Seperti kanker lainnya, kanker tenggorokan juga terdiri dari stadium awal dan akhir yang wajib diperhatikan oleh penderitanya. Diagnosa lebih baik dilakukan saat penderita yang merupakan pengguna rokok saat awal mengalai beberapa gejala yang disebutkan diatas sehingga dengan mudah dapat diobati. Namun, alangkah baiknya sebagai individu yang masih sehat untuk melakukan tindakan pencegahan terhadap timbulnya penyakit mematikan ini. Berikut ini adalah cara pencegahan penyakit kanker tenggorokan yang penting untuk anda perokok aktif maupun pasif.

  • Berhentilah merokok dan merugikan orang disekitar anda
  • Hindari perokok aktif dan beberapa area yang sering memaparkan asap
  • Berolah raga teratur
  • Menghindari konsumsi makanan berpengawet
  • Mengonsumsi makanan dan minuman bergizi yang anda buat dirumah
  • Selalu waspada pada perubahan fisik saat tubuh anda merasa sakit di bagian tertentu yang tidak kunjung sembuh
  • Usahakan memperbaiki sirkulasi udara dirumah anda

Demikian artikel informatif mengenai gejala kanker tenggorokan akibat merokok, semoga bermanfaat dan segera berhenti merokok sejak sekarang ya!

, , ,
Post Date: Wednesday 01st, March 2017 / 05:17 Oleh :
Kategori : Kanker Tenggorokan