8 Gejala Awal Kanker Tenggorokan yang Paling Berbahaya

Kanker tenggorokan mungkin bukan termasuk jenis kanker yang umum terjadi, namun penyakit ini termasuk jenis kanker paling mematikan di dunia sehingga sangat perlu untuk kita ketahui gejalanya pada tahap awal. Jika masih dalam tahap awal penyakit ini bisa terdeteksi, maka penderitanya masih memiliki peluang sembuh yang cukup besar. Gejala awal kanker tenggorokan biasanya tidak jauh berbeda dengan ciri-ciri kanker tenggorokan, namun keseringan gejala tersebut dianggap sebagai gejala penyakit ringan biasa yang akan sembuh setelah beberapa hari. Karena itu, banyak penderita kanker yang terlambat untuk diobati dan sulit mendapat kesembuhan lantaran penyakitnya terlanjur parah.

Sponsors Link

Kita mungkin perlu mengetahui cara mencegah kanker tenggorokan agar bisa menghindari penyakit tersebut. Karena tanda-tanda kanker tenggorokan umumnya seperti penyakit biasa, ketelitian dan pemahaman mendalam mengenai kanker tenggorokan akan membantu menyelamatkan penderitanya dari ambang kematian. Adapun gejala awal kanker tenggorokan yang perlu untuk kita ketahui dan pahami adalah sebagai berikut.

1. Sulit Menelan Makanan

Gejala kanker tenggorokan yang paling umum terjadi adalah kesulitan saat menelan sesuatu terutama makanan karena sel kanker yang berkembang pada tenggorokan menyebabkan peradangan sekaligus membentuk massa yang menyumbat jalan napas maupun saluran pencernaan. Semakin parah penyakit tersebut, maka leher akan terasa sangat sakit. Bila hal ini terjadi sebaiknya periksakan diri ke dokter apalagi jika seminggu sejak gejala tersebut muncul belum ada perubahan kondisi ke arah yang lebih baik.

2. Batuk Kronis

Gejala lainnya adalah si penderita akan mengalami batuk yang cukup kronis, sering terjadi berulang dan sangat sulit untuk disembuhkan. Batuk ini sangat parah bahkan bisa mengeluarkan darah segar. Karena itu bila seseorang mengalami batuk yang cukup lama jangan tunggu lama lagi dan segera periksaan ke rumah sakit. Gejala kanker tenggorokan akibat merokok juga meliputi batuk yang cukup parah dan harus segera mendapat pengobatan yang tepat agar ia bisa selamat dari penyakit tersebut.

3. Nyeri pada Tenggorokan

Kanker tenggorokan juga dapat menimbulkan rasa nyeri yang cukup hebat. Kondisi ini sering terjadi dalam waktu lama dan sulit untuk disembuhkan. Meski telah meminum antibiotik dan vitamin C, rasa nyeri di tenggorokan yang sering dianggap gejala batuk atau radang tenggorokan ringan tidak juga sembuh. Nyeri tenggorokan ini dapat mengurangi nafsu makan sehingga penderita kanker tenggorokan umumnya mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis.

4. Perubahan Suara

Kanker tenggorokan ada beberapa jenis karena saluran tenggorokan cukup panjang dan meliputi hidung rongga mulut dan leher. Jika kanker menyerang pita suara yang ada di leher, maka penderita kanker tenggorokan akan mengalami perubahan suara secara mendadak. Perubahan suara ini menandakan ada yang tidak beres pada tenggorokan, karena itu sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

5. Hidung dan Telinga Terasa Sakit

Saluran telinga, hidung dan tenggorokan yang sering disebut THT merupakan saluran yang saling berhubungan. Karena itu bila terdapat gangguan kesehatan seperti kanker di area tenggorokan maka dapat menyebabkan dengungan dan rasa sakit pada telinga dan hidung juga. Apalagi jika sel kanker telah menyebar ke area tersebut maka rasa sakit juga akan bertambah parah, bahkan fungsinya menjadi terganggu akibat kerusakan yang disebabkan sel kanker.

6. Muncul Benjolan

Gejala kanker apapun yang paling mudah dikenali adalah munculnya benjolan yang tidak wajar dan tidak diketahui penyebabnya secara jelas. Benjolan ini merupakan massa yang dibentuk sel kanker dan terus membesar seiring perkembangan sel kanker. Benjolan pada leher dan tenggorokan memang tidak selalu berbahaya dan bisa jadi hanya berupa pembesaran amandel atau pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak berbahaya. Namun tidak ada salahnya bila kita tanggap dan segera memeriksakannya saat menemukan benjolan pada tenggorokan.

7. Kesulitan Bernapas

Gejala lainnya dari kanker tenggorokan yaitu kesulitan untuk menarik napas secara bebas dan lepas, karena saluran pernapasan terhimpit benjolan yang terbentuk di tenggorokan. Penyempitan saluran napas ini dapat berakibat fatal bagi tubuh karena tubuh beserta organ pentingnya akan kekurangan pasokan oksigen sehingga fungsinya menjadi terganggu. Karena itu jangan sepele jika mengalami sesak napas berkepanjangan karena bisa jadi itu merupakan gejala awal kanker tenggorokan.

8. Mimisan

Meski jarang, mimisan juga bisa menjadi pertanda adanya kanker tenggorokan terutama bila sel kanker menyerang tenggorokan atas di dekat hidung. Sel kanker akan merusak pembuluh darah di sekitarnya sehingga pembuluh darah bisa pecah dan mengakibatkan penderita kanker tenggorokan mengalami mimisan. Bila mimisan terjadi berulang dan terkadang disertai rasa nyeri, jangan dibiarkan dan segera ke rumah sakit untuk mendapat penanganan yang tepat.

Nah, itulah gejala awal kanker tenggorokan yang sangat berbahaya bila tidak segera terdeteksi. Bila Anda mengalami salah satu gejala di atas segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dari gejala tersebut. Lebih baik bila kita memeriksakan diri ke dokter secara rutin meski sedang tidak sakit. Dengan begitu bila ada bibit penyakit berbahaya bisa segera ketahuan dan diobati dengan mudah.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.