10 Ciri Ciri Awal Kanker Tenggorokan Patut Diwaspadai

Penyakit kanker yang menyerang tenggorokan memang sangat mengkhawatirkan. Kanker tenggorokan bisa mengakibatkan kondisi yang parah bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tenggorokan yang menjadi bagian penting menyuplai makanan ke kerongkongan akan terancam jika ditemukan sel kanker yang bersarang di area tersebut. Oleh sebab itu, menjaga kebersihan mulut yang secara otomatis akan menjaga kesehatan tenggorokan sangat penting dilakukan. (baca juga: Gejala Tumor Pembuluh Darah , Manfaat Ciplukan Untuk Kanker)

Sponsors Link

Penyakit kanker tenggorokan secara umum disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor pemicu yang paling sering dijumpai adalah karena penggunaan rokok yang tidak terkendali. Jadi, wajar apabila penderita kanker tenggorokan umumnya adalah kaum adam. Selain rokok, beberapa pemicu lainnya seperti konsumsi zat pengawet, pengaruh radiasi, dan sebab lainnya yang sering ditimbulkan karena efek buruk pola makan yang tidak sehat. Berikut ini adalah beberapa Ciri ciri awal kanker tenggorokan yang bisa diwaspadai untuk dilakukan penanganan selekas mungkin :

Baca Juga:

1. Disfagia

Disfagia atau rasa sulit saat emnelan umumnya dialami oleh mereka yang terkena infeksi pada saluran tenggorokan. Sebagian besar penyakit tenggorokan akan menimbulkan gejala ini sehingga sulit untuk dikenali. Namun, pada penyakit kanker tenggorokan anda bisa menggunakan rentang waktu sejak awal disfagia muncul. Jika sulit menelan sudah lebih dari seminggu maka anda perlu waspada karena pada umumnya disfagia akan sembuh sebelum 4 hari dengan pengobatan medis.

Artikel Terkait: Efek Kanker Hati Stadium 4, Perbedaan Kanker Tiroid dan Hipertiroid

2. Batuk

Ketidaknormalan kondisi di dalam kerongkongan mengakibatkan munculnya gejala seperti batuk. Jika batuk biasa, kemungkinan hanya dihinggapi rasa gatal atau tidak nyaman  di kerongkongan. Berbeda dengan kondisi tersebut, pada batuk yang disebabkan kanker penderita bisa mengalami batuk menahun hingga mengeluarkan darah. Kondisi batuk darah bisa menjadi tanda awal untuk anda memastikan bahwa kerongkongan sedang mengalami perubahan kondisi yang cukup mengkhawatirkan. (baca juga: Gejala Kanker Otak Stadium Awal, Pengobatan Alternatif Kanker Usus)

3. Perubahan Pada Pita Suara

Pita suara yang memang berada di tenggorokkan khususnya bagian kerongkongan juga tidak akan lepas dari imbas adanya sel kanker di tenggorokan tersebut. Akan tetapi, perubahan ini cukup bisa diamati dengan mudah jika anda sedang berada dengan orang yang dekat dengan anda. Umumnya, mereka akan memberitahukan kepada anda bahwa ada perubahan suara menjadi sedikit serak atau parau pada suara anda, apalagi jika diikuti dengan suara napas anda yang berbeda, maka secara mudah gejala kanker ini bisa diamati.

Artikel Terkait: Tanda Kanker Tenggorokan, Gejala Leukimia Pada Anak

4. Sakit Telinga

Bagian tubuh lainnya yang dekat dengan tenggorokan seperti leher, dan telinga tidak akan luput dari efek adanya sel kanker. Penderita yang tengah berada pada stadium awal penyakit kanker tenggorokan akan merasakan perubahan pada telinga yaitu munculnya rasa nyeri serta telinga mendengung selama hitungan menit. Telinga berdengung memang umum dirasakan bagi mereka yang menderita penyakit kronis lain seperti hipertensi, atau diabetes. Akan tetapi, pada kondisi kanker tenggorokan efek telinga berdengung akan lebih sering dirasakan dalam sehari.

Sponsors Link

5. Bengkak

Kanker seringkali menampakan dirinya lewat adanya pembengkakan atau benjolan di sekitar area yang terinfeksi. Sel kanker yang tengah berkembang mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pada kanker tenggorokan biasanya pembengkakan terjadi di bagian leher, dimana tempat tersebut merupakan kelenjar getah bening di sebagian tubuh, benjolan tersebut masih belum terasa sakit jika ditekan karena masih berada pada tahap awal sel kanker berkembang. Jika sudah mencapai stadium lanjut benjolan akan bertambah besar ukurannya dan semakin sakit jika mendapatkan tekanan. (baca juga: Fotodinamik TerapiGejala Kanker Tenggorokan Akibat Merokok)

6. Nyeri Tenggorokan

Sel kanker yang berada di sekitar tenggorokan sudah pasti mengakibatkan perubahan di sekitarnya. Salah satunya adalah nyeri tenggorokan. Rasa nyeri tenggorokan bisa diikuti dengan timbulnya panas dan sariawan di beberapa bagian mulut seperti bibir, lidah atau gusi. Kondisi demikian patut diwaspadai sebagai gejala awal adanya sel kanker di tenggorokan.

Baca Juga:

ads

7. Pusing

Mengalami sakit kepala pada umumnya merupakan gejala penyakit biasa. Sakit kepala seringkali dirasakan bersamaan dengan tipe penyakit lainnya. Namun, ada kalanya anda harus khawatir saat nyeri pada kepala diikuti dengan sedikit rasa mual dan menyebabkan penglihatan kabur. Kecenderungan sakit kepala atau pusing yang terus-menerus dan berulang adalah tanda dari adanya penyakit kronis yang sedang hinggap di tubuh, termasuk kanker.

8. Kelainan Mata

Jika mata anda berkunang-kunang saat tenggorokkan mengalami sakit dan beberapa gejala lain yang mengikuti, bisa jadi kelainan mata tersebut adalah tanda sel kanker pada bagian tenggorokan. Secara alami, sel kanker yang berkembang kemungkinan besar akan mengakibatkan perubahan kondisi pada beberapa organ tubuh lain disekitarnya seperti mata, telinga, dan sebagainya. (baca juga: Gejala Awal Kanker Lidah , Bahaya Kanker Darah )

9. Berat Badan Turun

Penderita kanker tenggorokan akan mengalami penurunan berat badanyang cukup signifikan. Kondisi ini bisa diperparah dengan kurangnya asupan nutrisi yang dihasilkan dari makanan. Perubahan berat badan akan secara besar dialami pada saat usia kanker sudah memasuki tahap akhir pada stadium awal.

Artikel Lainnya:

10. Nafsu Makan Berkurang

Gejala yang umum dikenali adalah mulainya berubah soal poal makan seseorang. Penderita yang mengalami kanker tenggorokan pada tahap awal akan berkurang nafsu makannya seiring dengan rasa nyeri pada tenggorokan yang dirasakan. Kondisi ini bisa berakibat buruk jika dibiarkan karena tidak adanya asupan nutrisi yang sesungguhnya dibutuhkan pada saat tubuh terserang sel kanker yang masih berukuran kecil. (baca juga: Gejala Kanker Mulut , Manfaat Daun Sirsak Untuk Kanker)

Penyakit kanker yang merupakan penyakit mematikan sudah seharusnya dicegah dengan berbagai cara terutama dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan benar. Berikut ini adalah beberapa prilaku yang bisa dilakukan untuk tindakan preventif terhadap kanker terutama kanker tenggorokan.

  • Hentikan rokok dan hindari asapnya
  • Rajin mengonsumsi buah dan sayuran sehat, kurangi asupan makanan berpengawet
  • Rajin olahraga dan melakukan istirahat secukupnya
  • Menghindari kondisi tubuh dehidrasi untuk mencukupi cairan tubuh
  • Selalu memantau keadaan mulut yaitu menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan dan segera memeriksakan kondisi jika ditemukan adanya kelainan pada tenggorokan.

Artikel Terkait: Manfaat Bekam Untuk Kanker, Pencegahan Kanker Paru Paru

Demikian artikel informatif mengenai ciri- ciri awal kanker tenggorokan yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat untuk anda!

, ,
Oleh :
Kategori : Kanker Tenggorokan

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.