Apakah Kanker Tenggorokan Bisa Disembuhkan? Ini Metode Pengobatannya!

Penyakit di tenggorokan dapat bermacam-macam, mengingat terdapat banyak bagian di tenggorokan seperti orofaring, faring, nasofaring, dan laring yang memiliki organ dan kelenjar masing-masing. Salah satu jenis penyakit yang sering terjadi di tenggorokan yaitu kanker tenggorokan, yang bisa menyerang bagian mana saja. Jenis kanker satu ini dianggap sangat berbahaya karena dapat menyebar ke organ tubuh lainnya yang penting seperti paru-paru, otak, payudara dan hati. Apalagi gejala awal kanker tenggorokan hampir tidak dirasakan atau sangat mirip dengan penyakit ringan biasa sehingga seringkali kanker ini terlambat didiagnosis. Tentu saja kondisi tersebut memunculkan pertanyaan, apakah kanker tenggorokan bisa disembuhkan? Lalu bagaimana cara menyembuhkannya?

Sponsors Link

Pertanyaan seperti itu memang sangat wajar muncul, mengingat jumlah penderita kanker tenggorokan yang meninggal dunia juga cukup banyak. Penyebab kanker tenggorokan sendiri ada beberapa faktor, namun penyebab utama lebih sering dikaitkan dengan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan kimia. Sel kanker yang terus berkembang dapat menyebabkan kanker nasofaring dan kanker mulut, disusul kanker paru-paru yang letaknya tidak jauh dari tenggorokan dan masih saling terhubung. Penyakit ini memang berbahaya dan sering mengancam nyawa, namun dengan tindakan pengobatan yang cepat dan tepat kanker tenggorokan masih bisa diatasi oleh tenaga medis.

Benarkah Kanker Tenggorokan bisa Disembuhkan?

Untuk menegakkan diagnosis seseorang terhadap kanker tenggorokan, tentunya dokter harus melakukan serangkaian pemeriksaan baik fisik, tes darah dan screening. Biopsi kanker mungkin akan diperlukan untuk diuji di laboratorium agar dapat diketahui apakah sel kanker ganas atau tidak. Jika dari pengujian orang tersebut positif menderita kanker tenggorokan, maka dokter akan menentukan langkah pengobatan yang tepat untuk si penderita. Pengobatan disesuaikan dengan kondisi kesehatan fisik, luas persebaran sel kanker dan keganasan sel kanker. Jadi kanker tenggorokan masih bisa disembuhkan dengan beberapa syarat sebagai berikut.

  1. Sel kanker masih dalam satu tempat, masih sangat halus dan belum menyebar ke jaringan tubuh manapun.
  2. Penyakit kanker masih dalam stadium 1 atau 2, dimana penyakit ini masih belum begitu parah dan lebih merespon pengobatan yang dilakukan.
  3. Penyakit ini dapat terdeteksi sedini mungkin, sehingga pengobatan dapat segera dilakukan.
  4. Metode pengobatan yang diberikan memang tepat sesuai dengan kondisi penderita, sehingga sel kanker dpaat dimusnahkan dan penderita dapat segera sembuh.
  5. Menjalani semua prosedur pengobatan sesuai yang disarankan dokter, dan jangan berhenti berobat sebelum penyakit tersebut benar-benar dinyatakan sembuh.

Adakalanya penderita menyerah di tengah jalannya pengobatan, karena merasa tidak tahan dan tersiksa dengan pengobatan yang dilakukan. Padahal tindakan ini justru akan membuat penyakitnya bertambah parah. Karena itu dukungan dari keluarga dan kerabat sangat diperlukan agar penderita merasa kuat dan mampu menjalani seluruh rangkaian pengobatan hingga selesai. Selain itu, pengobatan perlu didukung dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti makanan yang kaya akan vitamin C.

Pengobatan Kanker Tenggorokan

Beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker tenggorokan adalah sebagai berikut.

  1. Kemoterapi kanker. Metode ini paling umum digunakan, untuk menghancurkan sel kanker baik yang masih berada pada tenggorokan maupun yang telah bermetastasis ke jaringan tubuh yang lain. Namun efek sampingnya sering membuat penderita menyerah di tengah pengobatan berlangsung.
  2. Radioterapi. Radioterapi yang menggunakan sinar radiasi dengan kekuatan yang telah ditentukan juga memberikan efek samping yang tidak jauh berbeda dengan kemoterapi. Metode ini terkadang dilakukan secara kombinasi dengan kemoterapi untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
  3. Operasi. Tindakan operasi dilakukan bila sel kanker belum menyebar luas, sehingga sel kanker bisa diangkat hingga ke akarnya. Bila mengenai kelenjar limpa atau getah bening, maka sebagian kelenjar tersebut juga akan ikut diangkat untuk menghindari sisa sel kanker yang tertinggal.
  4. Terapi biologis. Terapi biologis menggunakan obat kimia tertentu, yang umumnya digunakan yaitu cetuximab. Obat tersebut akan bekerja dengan cara menyerang titik lemah sel kanker sehingga pertumbuhannya terhambat dan akhirnya hancur secara perlahan. Terapi ini direkomendasikan untuk kanker tenggorokan yang masih dalam stadium awal, sehingga peluang kesembuhan masih cukup besar.
Sponsors Link

Kanker tenggorokan yang dapat diketahui dengan cepat tentunya memiliki harapan untuk sembuh lebih besar karena sel kanker belum menyebar dan lebih mudah untuk dihancurkan. Karena itu sangat penting untuk mengetahui gejala kanker tenggorokan agar kita bisa semakin waspada jika terjadi sesuatu dengan tenggorokan dan sekitarnya.

Penyakit kanker memang sangat berbahaya dan sangat ditakuti, namun bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasinya. Dengan selalu menjalani pola hidup sehat maka kita dapat mencegah penyakit tersebut menyerang tubuh. Sebaiknya jangan abaikan bila di leher muncul benjolan yang tidak kunjung sembuh, batuk, suara serak dan sulit menelan karena bisa jadi itu merupakan ciri-ciri kanker tenggorokan.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.