Waspadai Bahaya Kanker Serviks !

Bahaya Kanker ServiksApakah Anda pernah mendengar tentang kanker serviks? Kanker serviks menjadi salah satu penyebab tingginya angka kematian wanita di Indonesia. Kanker serviks telah menjadi isu kesehatan yang sangat besar karena menjadi penyakit yang umum di Indonesia.

Sponsors Link

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang disebabkan karena proses pembentukan jaringan di bagian organ leher rahim. Leher rahim merupakan organ yang menghubungkan antara bagian rahim dan vagina. Kanker yang tumbuh pada bagian leher rahim sama sekali tidak memiliki gejala khusus dan biasanya baru akan dirasakan setelah menyebabkan pendarahan.

Kanker serviks pada dasarnya menyerang hampir semua wanita di dunia. Kanker ini sama sekali tidak menimbulkan gejala khusus sehingga sangat sulit untuk ditangani. Berikut ini adalah beberapa orang yang lebih banyak memiliki faktor resiko kanker serviks :

  1. Wanita yang melakukan hubungan seksual dengan orang yang memiliki resiko tinggi penyakit HPV (human papillomavirus). Infeksi ini akan menular lewat hubungan seksual dan bisa menjadi penyebab kanker serviks yang paling tinggi.
  2. Orang yang memiliki tingkah laku seksual tidak baik misalnya adalah orang yang melakukan hubungan seksual secara berganti-ganti. Resiko ini menjadi lebih besar apabila dilakukan oleh orang yang memang memiliki virus HPV.
  3. Perokok dan pecandu alkohol juga memiliki resiko yang sangat tinggi terhadap kanker serviks. Rokok dan alkohol akan merusak sistem kekebalan tubuh sehingga bisa menyebabkan pertumbuhan virus HPV menjadi lebih besar.

Bagaimana Terjadinya Kanker Serviks??

Kanker serviks pada umumnya memang tidak menimbulkan gejala. Kanker serviks dapat tumbuh karena adanya pertumbuhan sel-sel abnormal di bagian leher rahim. Pertumbuhan sel abnormal ini disebabkan oleh infeksi virus HPV. Virus ini bisa didapatkan dari orang lain yang telah terinfeksi melalui hubungan intim.

Sponsors Link

Kontak seksual memang menyebabkan peningkatan resiko kanker serviks menjadi lebih besar. Infeksi virus HPV bisa menyebabkan kanker serviks tanpa menyebabkan gejala khusus. Virus yang telah masuk ke dalam rongga leher rahim tidak dapat hilang sendiri tanpa pengobatan, pada beberapa orang bisa mendapatkan virus yang memancing pertumbuhan sel kanker.

Cara Deteksi Kanker Serviks

Penanganan dini pada kanker serviks biasanya akan meningkatkan angka keberhasilan bagi pasien. Namun banyak pasien yang terlambat untuk ditangani karena kanker yang terlambat untuk diketahui. Cara deteksi dini kanker serviks sejak dini adalah dengan melakukan pap smear.

Pap smear adalah metode pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengambil sampel jaringan dari bagian leher rahim dan kemudian diperiksa dengan memakai perlengkapan seperti mikroskop.

Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Perubahan semua sel abnormal yang muncul pada bagian leher rahim pada dasarnya sama sekali tidak menimbulkan ciri-ciri kanker serviks. Masalah ini disebabkan karena tidak ada rasa sakit yang muncul saat pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim. Namun beberapa gejala lain biasanya akan muncul selama proses yang infeksi yang lebih parah. Berikut ini beberapa gejala yang perlu diwaspadai.

Sponsors Link

  1. Munculnya pendarahan hebat – Pendarahan ini biasanya muncul pada masa setelah menstruasi atau setelah berhubungan intim. Hal ini biasanya disebabkan karena ada infeksi parah pada leher rahim.
  2. Timbul rasa nyeri yang parah pada bagian panggul – Rasa nyeri disebabkan karena kanker telah tumbuh pada leher rahim namun tidak bisa dikenali dari bagian luar. Terkadang beberapa orang menyimpulkan rasa nyeri karena lelah, namun sebenarnya rasa nyeri disebabkan karena infeksi kanker yang telah menyebar ke tulang atau bagin lain disekitar panggul.
  3. Rasa nyeri saat berhubungan intim – Jika saat berhubungan intim timbul rasa nyeri maka sebaiknya juga diwaspadai. Rasa nyeri ini biasanya akan timbul dalam waktu lama dan akan sembuh sendiri.
  4. Ada keputihan parah – Tingkat keputihan yang parah bisa menyebabkan masalah dini dari kanker. Keputihan ini disebabkan karena ada pertumbuhan sel-sel abnormal yang menyerang pada bagian leher rahim.

Jika ditemukan gejala kanker serviks pada diri anda, konsultasikan dengan tenaga media untuk melakukan diagnosa adanya kanker serviks ini. Lakukan cara mengobati kanker serviks yang tepat sebelum stadium kanker serviks ini semakin parah.

, , , ,
Post Date: Friday 13th, February 2015 / 04:18 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks