Mengalami Pendarahan ? Waspadai adanya 4 Warna Darah Kanker Serviks Ini

Kanker serivks merupakan salah satu jenis kanker yang disebabkan karena adanya perkembangan sel-sel abnormal di serviks yang juga menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar wanita. Serviks sendiri terletak di bawah rahim wanita yang langsung berhubungan dengan vagina. Walaupun menjadi momok menakutkan, tetapi sebenarnya kanker serviks pada wanita sendiri bisa disembuhkan jika dilakukan penanganan dini. Namun sayangnya pada kanker serviks stadium 1 biasanya tidak menyebabkan gejala-gejala yang menonjol, sehingga saat diketahui sudah sering memasuki stadium lanjut.

Sponsors Link

Salah satu gejala yang sering ditemui dalam kanker serviks adalah keluarnya darah yang memiliki warna dan tekstur yang berbeda dari kondisi normal. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai warna darah kanker serviks secara lengkap.

Keluarnya Darah Tak Normal

Gejala kanker serviks memang sering sulit untuk diketahui, apalagi ciri-ciri kanker serviks awal atau masih dalam fase atau stadium awal. Mengapa pada stadium awal tanda-tanda kanker serviks masih belum terlalu terlihat? Hal ini disebabkan karena perkembangan sel-sel kanker yang masih belum terlalu aktif dan juga belum menyebar atau mengganggu organ-organ disekitarnya. Oleh sebab itu, kanker serviks akan lebih mudah diketahui saat telah memasuki stadium lanjut.

Seperti yang telah diketahui, bahwa sebenarnya setiap wanita memiliki siklus haid pada setiap bulannya. Dimana siklus haid ini juga sering dikaitkan dengan tanda-tanda kanker serviks, salah satunya jika siklus menjadi tidak normal atau terdapat perubahan yang sangat signifikan. Salah satunya adalah perubahan pada warna dan tekstur darah. Bahkan dengan perubahan warna dan tekstur darah haid juga dapat menjadi indikasi dari kondisi kesehatan dari tubuh anda, seperti apakah terdapat pertumbuhan atau perkembangan kanker serviks didalam tubuh anda atau tidak.

Berikut ini ada beberapa poin penting dalam warna darah kanker serviks beserta perubahan teksturnya, diantaranya adalah :

  1. Darah Bertekstur Tebal dan Berwarna Cokelat atau Gelap

Perubahan warna darah yang pertama adalah darah menjadi lebih berstektur tebal, serta berwarna lebih cokelat atau gelap. Memang darah yang berwarna kecokelatan pada masa haid terkadang dianggap menjadi kondisi yang normal, tetapi jika hal ini terjadi secara terus menerus dan bahkan dalam jangka waktu haid dari awal hingga selesai masa haid, maka kondisi ini yang perlu anda waspadai. Kondisi tersebut bisa saja menjadi suatu pertanda akan perkembangan kanker serviks didalam tubuh anda.

  1. Darah Menggumpal tetapi Berwarna Merah Terang maupun Gelap

Pada siklus awal haid memang sudah sewajarnya tubuh mengeluarkan darah yang bertekstur sedikit tebal dan padat jika dibanding dengan darah yang keluar pada masa akhir siklus haid. Hal ini juga disebabkan karena tubuh yang otomatis akan mengeluarkan antikoagulan yang memiliki fungsi untuk menjaga darah menstruasi dari pembekuan. Namun walaupun begitu, ada kasus dimana darah tebal dan padat ini keluar dari awal hingga akhir menstruasi sehingga kondisi tersebut yang perlu diwaspadai, karena bisa jadi suatu pertanda yang tidak baik dari kondisi tubuh anda. Salah satunya adalah sebagai pertanda dari perkembangan kanker serviks didalam tubuh.

  1. Darah Bercampur dengan Keputihan

Warna darah yang satu ini yang paling wajib untuk diwaspadai, karena warna darah berubah disertai dengan bercampur dengan keputihan. Jadi, ketika anda memasuki masa menstruasi, maupun setelah berhubungan badan dan menemukan warna darah yang keluar bercampur dengan keputihan, maka wajib bagi anda untuk waspada. Hal ini disebabkan karena penyebab keputihan pada kanker serviks seperti kondisi tersebut merupakan salah satu ciri umum dari kanker serviks yang berkembang didalam tubuh. Selain itu, pendarahan yang terjadi juga biasanya akan berlangsung dalam waktu yang relatif lebih lama. Oleh sebab itulah anda perlu untuk melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter jika mengalami kondisi seperti ini, apalagi terjadi secara terus menerus.

  1. Darah Berwarna Orange

Darah berwarna orange memang tidak terlalu mengarah pada gejala kanker seviks, karena darah seperti ini biasanya lebih mengindikasi adanya gangguan seperti terjadinya infeksi pada rahim anda. Namun tetap saja anda perlu mewaspadainya, seperti melakukan pemeriksaan dini, terutama jika kondisi ini juga diikuti dengan siklus haid yang menjadi lebih lama dari siklus normal yang biasa anda alami setiap bulannya.

Itulah beberapa kondisi mengenai warna darah dari kanker serviks maupun dari kondisi adanya gangguan pada rahim didalam tubuh anda. Untuk mencegah kondisi itu, sebenarnya perlu pula didukung dengan selalu menjaga kebersihan organ intim maupun sistem reproduksi pada ditubuh anda, baik dari dalam maupun dari luar. Karena dengan menjaga dengan baik maka akan lebih memungkinkan bagi anda untuk mencegah adanya serangan kanker serviks didalam tubuh anda. Dan apabila anda mengalami kondisi seperti yang telah dijelaskan diatas, maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan serta konsultasi terhadap dokter, supaya dapat mengetahui apakah ada hubungannya dengan kanker serviks atau tidak, dan apakah kanker serviks bisa disembuhkan pada tubuh anda.

, , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.