3 Jenis Vaksin Kanker Serviks dan Cara Pemberiannya

Kanker Serviks adalah salah satu jenis kanker yang mengerikan bagi para wanita. Kanker ini juga memberikan dampak yang tinggi karena bisa menyebabkan kematian. Hal itulah yang membuat beberapa orang, khususnya wanita menjadi was-was saat mendengar kanker serviks.

Sponsors Link

Penyebab terjadinya kanker serviks sendiri disebabkan oleh infeksi di daerah rahim oleh sebuah virus yang bernama HPV. HPV sendiri merupakan singkatan dari Human Papilomavirus yang memiliki jumlah sangat banyak. Oleh sebab itu, pemberian vaksin merupakan langkah yang tepat untuk mencegah terjadinya kanker seviks. Untuk mengetahui apa saja vaksin yang tepat untuk kanker serviks dan cara pemberiannya, berikut ulasannya.

Jenis Vaksin Serviks

  • Jenis vaksin Cervarix

Jenis vaksin yang pertama adalah jenis vaksin Cervarix untuk kanker serviks dan juga untuk pra kanker serviks. Vaksin Cervarix ini dapat mencegah terjadinya infeksi jenis HPV 16 dan juga jenis HPV 18. Jenis HPV tersebut memang menjadi dalang dalam terjadinya kanker serviks.

Vaksin ini diklaim mampu mencegah terjadinya kanker serviks hingga 90%. Meskipun begitu, bukan berarti kita bisa tenang-tenang saja apabila sudah mendapat vaksin ini. Sebab, jika kita melakukan hal-hal yang melanggar aturan seperti seks bebas, bersentuhan dengan penderita kanker serviks, maka tetap saja tidak ada artinya meskipun kita telah menggunakan vaksin ini.

Pada umumnya, vaksin ini tidak hanya mencegah terjadinya kanker serviks saja. kanker anus pun juga dapat dicegah menggunakan jenis vaksin ini. hal itu disebabkan penyebab terjadinya kanker anus 95% oleh jenis HPV tipe 16. Jenis kanker lainnya yang bisa dicegah oleh vaksin Cervarix adalah kanker orofaring, kanker vagina, kanker vulva, dan juga kanker penis. Kanker yang disebutkan sebelumnya umumnya disebabkan oleh HPV tipe 16.

  • Jenis Vaksin Gardasil

Jenis vaksin yang kedua adalah vaksin Gardasil. Jenis vaksin ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kanker dan juga pra kanker serviks. Selain itu, vaksin Gardasil ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya kutil kelamin. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa jenis kanker serviks disebabkan oleh jenis virus HPV 16 dan 18. Sedangkan penyebab terjadinya kutil kelamin adalah jenis virus HPV tipe 6 dan tipe 11.

Vaksin gardasil sendiri merupakan vaksin yang dibuat dari virus yang sudah dilemahkan atau menggunakan jenis virus strain tipe 6 dan tipe 11. Meskipun seseorang terkena kutil kelamin, namun, bukan berarti kemungkinan terjadinya kanker serviks bisa dihindari. Maka dari itu, pemberian vaksin ini perlu diberikan sedini mungkin pada wanita sehingga saat dewasa nanti mereka tidak akan mudah terkena kanker serviks yang lebih ganas.

Vaksin ini bisa mencegah terjadinya kanker serviks hingga mencapai 70%. Sedangkan untuk kutil kelamin, bisa mencapai 90%. Namun, kemungkinan terjadinya kanker serviks maupun kutil kelamin masih bisa terjadi jika gaya hidupnya tidak teratur. Mak dari itu tetaplah waspada dan sebisa mungkin menghindari potensi terjadinya kanker serviks sejauh mungkin.

Sponsors Link

  • Jenis Vaksin Gardasil 9

Jenis vaksin terakhir adalah jenis Gardasil 9. Jenis vaksin yang satu ini dapat mencakup pencegahan terhadap virus HPV yang lebih luas dibandingkan jenis vaksin yang sudah disebutkan sebelumnya. Gardasil 9 ini dapat mengatasi jenis HPV yang lebih banyak seperti HPV 33, HPV 32, HPV 52, HPV 45, serta HPV 58. Ditambah lagi, vaksin ini juga dapat mencegah terjadinya kanker serviks

Vaksin Gardasil 9 ini memiliki dosis yang cukup tinggi karena kandungannya yang cukup banyak jenis virus HPV strain. Maka dari itu, usia yang cocok untuk menggunakan vaksin ini adalah berusia dewasa dari umur 27 hingga umur 45 tahun. Akan tetapi, untuk pria, vaksin ini dapat diberikan sejak usia 26 tahun.

Karena penyebarannya yang lebih luas, jenis vaksin ini tidak hanya dapat mencegah terjadinya kanker serviks saja. jenis kanker lainnya seperti kanker vagina, kanker vulva, kanker anus dan juga kutil kelamin juga dapat dicegah saat menggunakan jenis vaksin yang satu ini.

Sponsors Link

Cara pemberian Vaksin Kanker Serviks

Pada wanita, vaksin kanker serviks sudah mulai diberikan saat usianya mencapai 10 tahun lebih. Di usia tersebut tubuh masih sangat rawan terhadap berbagai macam penyakit, termasuk kanker serviks. Apabila vaksin ini diberikan pada saat dewasa, dikhawatirkan virus ini sudah kebal terhadap vaksin sehingga sulit untuk dibasmi.

Pada usia 10 sampai 13 tahun, vaksin diberikan dalam dua dosis saja. Pada usia 16 sampai 18 tahun atau pada fase remaja akhir, vaksin dapat diberikan dalam tiga dosis. Pemberian vaksin ini dapat memberikan perlindungan jangka panjang dari serangan virus HPV dan berbagai jenis kanker yang berhubungan dengan kanker serviks.

Demikianlah 3 vaksin kanker serviks dan cara pemberiannya yang bisa Anda gunakan. Dari vaksin kanker serviks tersebut, kita dapat memahami cara mencegah kanker serviks. Apabila Anda ingin lebih memahami ciri-ciri kanker serviks awal dan 11 cara mengobati kanker serviks sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Semoga artikel ini bisa menjadi salah satu referensi terbaik untuk Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kanker Serviks

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.