Umur Berapa Wanita Bisa Terkena Kanker Serviks? Ini Penjelasannya!

Penyakit kanker yang sering menyerang wanita setelah kanker payudara adalah kanker serviks. Sebagai salah satu  jenis kanker paling mematikan di dunia, kanker serviks semakin meningkat jumlah penderitanya dari tahun ke tahun, bahkan sekarang ini wanita usia mudah sudah banyak yang mengalaminya. Kanker serviks pada wanita awalnya lebih sering terjadi di usia 50 tahun ke atas, namun seiring berkembangnya zaman dimana makanan sudah banyak dimodifikasi dan gaya hidup wanita yang kian sibuk menyebabkan kanker mematikan ini juga mulai banyak dialami wanita di usia 20-30 tahun. Sebenarnya tidak ada patokan di umur berapa wanita bisa terkena kanker serviks, karena hal tersebut memang banyak faktor penyebab kanker leher rahim yang memicu sel kanker lebih cepat berkembang.

Sponsors Link

Kanker serviks merupakan penyakit kanker yang menyerang leher rahim atau mulut rahim, bagian alat reproduksi yang menghubungkan rahim dengan vagina. Berbeda dengan penyakit kanker lainnya, kanker serviks dapat menular, meski bukan sel kankernya yang menular secara langsung. Penyebab kanker serviks yang paling utama adalah adanya infeksi virus HPV yang sangat mudah menular lewat hubungan seksual. Jadi, wanita yang aktif melakukan hubungan seksual sangat rentan mengalami penyakit ini. Bahkan ciri-ciri kanker serviks pada pria dapat diketahui agar kita bisa lebih waspada dalam melakukan hubungan seksual dengan seorang pria.

Umur Berapa Wanita Bisa Terkena Kanker Serviks?

Hingga saat ini memang belum dapat dipastikan di usia berapa wanita bisa terkena kanker serviks. Ada wanita yang masih remaja sudah terkena kanker serviks, namun ada pula yang sudah tua baru terkena penyakit tersebut. Cara deteksi dini kanker serviks merupakan langkah paling bijak yang dapat dilakukan untuk meminimalisir resiko muncul kanker serviks. Dalam pemeriksaan tersebut kita dapat mendeteksi adanya virus HPV atau kelainan pada sel mulut rahim sehingga bisa segera ditangani sebelum berubah menjadi sel kanker. Kenapa kanker serviks bisa terjadi, tentunya harus dilihat dari riwayat keluarga yang pernah mengalaminya, gaya hidup yang dijalani serta aktivitas seksual yang wanita tersebut lakukan.

American Cancer Society mengatakan bahwa wanita yang berusia 35-55 tahun lebih beresiko terkena kanker serviks, apalagi jika tidak menjaga kebersihan dan kesehatan organ reproduksinya. Namun data terbaru mengungkapkan bahwa wanita yang berusia 20 tahun bahkan yang lebih muda pun sudah ditemukan mengalami penyakit kanker serviks. Hal ini menunjukkan adanya pergaulan bebas yang marak sekarang ini sangat meningkatkan resiko terkena kanker serviks pada wanita usia muda. Ciri-ciri kanker serviks umumnya tidak mereka rasakan saat stadium kanker serviks masih tahap awal. Setelah gejala mulai terasa dan stadium sudah semakin tinggi, barulah penyakit ini terdiagnosis sehingga seringkali terlambat ditangani.

Cara Mencegah Kanker Serviks

Meningkatnya jumlah penderita kanker serviks membuat pemerintah dan masyarakat mulai gencar melakukan sosialisasi mengenai bahaya penyakit tersebut dan berusaha mencegahnya sedini mungkin. Cara mencegah kanker serviks dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah seperti berikut.

  • Vaksin HPV. Pemerintah sejak tahun 2016 telah mulai menggalakkan vaksin HPV guna mencegah infeksi virus HPV. Bahkan anak SD pun sudah diberikan vaksin HPV agar di usia remaja dan dewasa nanti dapat terhindar dari resiko kanker serviks.
Sponsors Link

  • Menjaga Kebersihan. Penularan virus HPV tidak hanya lewat kontak kulit dengan kulit seperti hubungan seksual, namun juga bisa lewat toilet. Ditemukan bahwa pengguna toilet yang sebelumnya membawa virus HPV dan meninggalkannya di toilet tersebut. Saat pengguna lainnya ingin menggunakan toilet tadi, maka virus HPV sangat rentan menularinya. Bahkan di pegangan pintu toilet juga ditemukan virus HPV.
  • Rajin Mencuci Tangan. Cara termudah untuk tetap dalam keadaan bersih adalah dengan rutin mencuci tangan. Biasakan mencuci tangan dengan benar saat di rumah sakit atau mau masuk rumah agar tangan tidak membawa bibit penyakit yang berbahaya.
  • Hindari Hubungan Seksual di Usia Muda. Hubungan seksual di usia muda sangat rentan mengalami infeksi akibat virus HPV karena organ reproduksinya belum terbentuk dengan sempurna sehingga rentan terinfeksi.
  • Lakukan Pemeriksaan dengan Rutin. Pap smear dan tes HPV merupakan salah satu cara mendeteksi dini adanya kanker serviks pada seorang wanita. Dengan pemeriksaan rutin maka perubahan atau gejala yang abnormal akan segera diketahui sehingga bisa segera ditangani.
  • Jalani Pola Hidup Sehat. Cara mencegah penyakit kanker yang juga mudah dilakukan adalah dengan selalu menjalani pola hidup sehat, hindari makanan dan minuman yang tidak sehat, rutin berolahraga, berpikiran positif dan selalu istirahat dengan cukup.

Penyakit kanker serviks memang dapat menyerang siapa saja, dari wanita usia muda hingga usia tua sehingga kita harus selalu waspada dengan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh. Pencegahan adalah langkah terbaik yang dapat dilakukan, termasuk rutin mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita kanker serviks.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.