Tanda-tanda Kanker Serviks Sejak Dini yang Penting untuk Diketahui Wanita

Kanker serviks termasuk jenis kanker yang paling sering menyerang kaum wanita, karena penyakit satu ini menyerang organ genital wanita tepatnya pada mulut rahim dan area ini merupakan area yang rentan terkena berbagai jenis penyakit. Kanker serviks pada wanita memang sangat berbahaya, karena itu kita perlu mengetahui  tanda atau ciri-ciri kanker serviks sejak dini agar dapat segera mengobati penyakit tersebut dan meminimalisir kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Ciri-ciri kanker serviks stadium awal memang jarang terdeteksi, namun jika mau secara rutin memeriksa kondisi kesehatan diri sendiri dan selalu waspada terhadap perubahan yang terjadi pada tubuh maka kita dapat mencegah penyakit tersebut bertambah parah.

Sponsors Link

Penyebab kanker serviks sendiri cukup beragam, termasuk di antaranya merokok, menggunakan pembalut berbahan kimia berbahaya dan mengkonsumsi makanan pemicu kanker serviks. Jika tanda kanker serviks dapat dideteksi sejak dini, pengobatan kanker serviks pun akan lebih mudah dilakukan. Karena itu tanda kanker serviks berikut ini perlu dipahami setiap wanita sejak dini agar dapat segera mengatasi penyakit tersebut bila memang menyerang Anda.

1. Keputihan Abnormal

Wanita yang mengalami kanker serviks dapat ditandai dengan mudah lewat gejala keputihan yang tidak biasa atau abnormal. Keputihan yang normal umumnya berwarna bening, tidak begitu kental, tidak berbau dan keluar sewajarnya saat akan atau selesai menstruasi. Namun jika mengalami keputihan yang berlangsung terus menerus setiap hari, dengan volume yang banyak, berwarna kuning, coklat hingga kehijauan, berbau tidak sedap dan lebih kental sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke rumah sakit karena kondisi tersebut merupakan tanda kanker serviks pada tahap awal.

2. Pendarahan yang Tidak Wajar

Wanita setiap bulannya tentu akan mengalami pendarahan berupa menstruasi, dan umumnya berlangsung selama seminggu. Normalnya setelah seminggu darah akan berhenti dengan sendirinya dan kita dapat beraktivitas seperti biasa. Namun jika terdapat sel kanker pada mulut rahim maka akan mengalami pendarahan yang tidak wajar bahkan berlangsung terus menerus hingga tidak dapat diketahui kapan siklus menstruasinya. Jadi jangan abaikan jika ini terjadi dan segera temui dokter yang tepat untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

3. Sakit pada Mulut Rahim

Mulut rahim dapat mengalami infeksi hingga menimbulkan rasa nyeri jika terdapat sel kanker di area tersebut. Bahkan penderitanya akan mengalami sakit saat beraktivitas, dan tidak nyaman saat dalam posisi duduk. Mulanya rasa sakit akan segera hilang namun lama kelamaan sakit yang muncul lebih intens dan tidak reda setelah mengkonsumsi obat pereda nyeri. Segera lakukan pemeriksaan agar dapat diketahui penyebabnya, jika memang terdapat kanker serviks maka dokter bisa segera melakukan tindakan untuk mengatasinya.

4. Sakit saat Berhubungan Intim

Selain muncul rasa nyeri saat sedang melakukan aktivitas sehari-hari pada area sekitar mulut rahim, saat berhubungan intim pun wanita yang mengalami kanker serviks akan merasakan tidak nyaman hingga rasa sakit yang begitu hebat. Penetrasi akan menyebabkan gesekan di mulut rahim sehingga akan menimbulkan infeksi dan rasa nyeri yang luar biasa. Jika ini sering terjadi maka sebaiknya segera pergi ke rumah salit untuk mendapatkan diagnosa yang tepat mengenai kondisi yang terjadi tersebut.

5. Nyeri Panggul

Selain nyeri pada mulut rahim, penderita kanker serviks sejak dini akan mengalami nyeri pada panggulnya. Awalnya mungkin akan terasa seperti gejala PMS saat akan mengalami menstruasi, namun semakin lama nyeri yang dirasakan semakin kuat bahkan saat sedang tidak menstruasi. Kondisi ini bisa menandakan adanya kanker serviks yang bersarang dan sebaiknya segera diatasi sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

6. Gangguan Pencernaan

Posisi mulut rahim yang tidak jauh dari organ pencernaan membuat kanker rahim sangat mudah mempengaruhi kondisi organ pencernaan seseorang. Sel kanker rahim akan membuat fungsi organ pencernaan terganggu, seperti muncul sakit magh, penurunan fungsi dalam menyerap sari makanan dan mempengaruhi proses BAB. Karena itu jangan sepele jika terjadi gangguan pencernaan yang terjadi terus menerus dan berlangsung lama.

Sponsors Link

7. Kelelahan dan Berat Badan Berkurang

Penderita kanker serviks tahap awal atau stadium dini juga kerap mengalami kelelahan tanpa sebab dan berat badan juga ikut menurun drastis. Karena itu penderita kanker serviks umumnya akan menjadi lebih kurus karena selera makan yang juga ikut berkurang. Tanpa asupan nutrisi yang mencukupi maka tubuh akan terus bertambah lemah sehingga memberi kesempatan bagi sel kanker untuk menyebar semakin meluas dan bertambah parah.

Nah, itulah tanda-tanda kanker serviks sejak dini yang sebenarnya dapat kita deteksi sendiri di rumah. Kanker serviks yang menjadi momok menakutkan memang seharusnya dapat dicegah dan dikurangi resikonya. Dengan begitu tubuh akan selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kanker termasuk kanker serviks yang telah menelan korban tidak sedikit.

, , , , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.