Begini, Tanda Kanker Serviks dari Telapak Kaki yang Gak Disadari

Kanker serviks merupakan penyakit mematikan terbesar yang menyerang para perempuan di seluruh dunia. Kondisi ini dapat menyerang perempuan di usia berapapun. Namun, semakin bertambah usia, resiko seseorang mengalami kanker leher rahim semakin besar. Bahkan dampak kanker serviks pada ibu hamil sangat besar. Gejala yang ditimbulkan dari penderita kanker serviks selain pada penyebab keputihan pada kanker serviks, juga bisa dilihat dari tanda sakit pada telapak kaki. Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Pada tahap awal, penderita yang mengalami kanker serviks awal atau pre-kanker tidak mengalami gejala yang berarti. Kanker serviks akan menimbulkan gejalanya hingga tumor terbentuk. Tumor ini akan mendorong organ di sekitar hingga menganggu sel-sel jahat. Hampir semua kasus kanker serviks disebabkan oleh human papillmomavirus atau disingkat HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual. Virus ini menghasilkan dua jenis protein, yaitu E6 dan E7. Protein tersebut menonaktifkan gen-gen tertentu di dalam tubuh wanita yang berfungsi untuk menghentikan perkembangan tumor. Jenis-jenis HPV yang menyebabkan gejala biasanya ditandai dengan adanya kutil pada kelamin dan menjadi penyebab kanker serviks. Ada beberapa tes yang harus dilakukan sebelum dokter mendiagnosis kanker serviks, diantaranya adalah :

  1. HPV dapat ditemukan melalui tes pap smear dimana tes ini mampu mendeteksi perbedaan sel serviks sebelum menjadi kanker. Jika tes pap smear menunjukkan malfungsi perubahan sel, seperti biopsy, maka dokter akan melakukan tes lainnya
  2. Dokter akan merujuk ke ginekolog jika terdapat kelainan atau ada pertumbuhan dalam serviks
  3. Apabila wanita mengalami klamidia atau pendarahan vagina yang tidak biasa, maka dokter menyarankan akan melakukan tes selanjutnya
  4. Kemudian dokter melakukan tes kolposkopi dilanjutkan dengan tes cone biopsy di bawah obat bius
  5. Apabila dokter yakin terdapat kanker serviks pada wanita, dokter akan memeriksa tahap stadium yang dialami pasien tersebut. Tes yang dilakukan adalah memeriksa vagina, rektum, rahim, kemih dibawah pengaruh obat bius. Kemudian melakukan teswarna darah kanker serviks , ginjal, dan tulang. Setelah itu, dokter melakukan tes imaging atau pemindaian untuk mengidentifikasi tumor kanker.

Gejala yang bisa ditunjukkan dari penderita kanker serviks salah satunya adalah sakit pada bagian telapak kaki. Ketika kanker serviks tumbuh, saraf pada bagian punggung ke bawah akan tertekan sehingga hal ini menyebabkan sakit kaki dan mengalami pembengkakan. Dari sejumlah kondisi, gejala ini bisa ciri-ciri kanker serviks awal. Saat serviks berkembang, aliran darah ke kaki bisa terhambat sehingga akhirnya kaki menjadi bengkak dan terasa nyeri. bahkan rasa nyeri tersebut dapat disentuh secara lembut. Berikut adalah beberapa gejala kanker serviks selain sakit pada kaki :

  • Sakit di punggung

Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat pasien terkena kanker serviks, punggung akan tertekan sehingga menimbulkan rasa nyeri. Apabila sakit punggung itu tak wajar, maka bisa menjadi gejala awal oenyakit kanker serviks.

Sponsors Link

  • Sakit saat berhubungan sex

Saat seseorang mengalami sakit yang tidak wajar saat berhubungan sex maka hal ini bisa menjadi gejala adanya kanker serviks dalam tubuh. Oleh karena itu, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti.

  • Mengalami anemia

Apabila seseorang mengalami anemia hingga kelelahan dan kehilangan nafsu makan, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Sebab, anemia bisa menjadi tanda bahwa kanker telah berkembang ke tahap stadium yang lebih lanjut.

Demikian tanda kanker serviks dari telapak kaki dan semoga bermanfaat.

, ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.