5 Perawatan Kanker Serviks Pasca Pengobatan Wajib Dilakukan Agar Sembuh

Perawatan kanker serviks pasca pengobatan merupakan informasi selanjutnya yang akan disajikan kali ini. Seperti diketahui, setelah seorang wanita divonis terkena kanker serviks maka akan ada beberapa pilihan pengobatan yang dapat dicoba. Beberapa pilihan pengobatan tersebut termasuk operasi, kemoterapi, dan juga rasioterapi. Berbagai metode pengobatan yang harus dilalui oleh seorang  penderita kanker serviks memang sangatlah menyakitkan. Lalu bagaimana seseorang dapat menjalani perawatan kanker serviks pasca pengobatan? Simak informasinya pada bagian berikut ini.

Sponsors Link

Baca Juga:

Rekomendasi Perawatan Kanker Serviks Pasca Pengobatan

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya saat ini. Bahaya dari penyakit kanker serviks ini memang harus segera ditanggulangi. Ada beberapa cara pengobatan yang diperlukan oleh penderita kanker serviks. Beberapa jenis pengobatan tersebut memiliki bentuk perawatan yang berbeda pula. Apa saja rekomendasi perawatan kanker serviks pasca pengobatan yang perlu anda ketahui? Berikut ini informasi mendetailnya.

1. Perawatan Setelah Operasi

Perawatan kanker serviks pasca pengobatan pertama yang perlu anda ketahui adalah pasca operasi. Operasi merupakan pilihan pengobatan yang sangat sering dilakukan untuk penderita kanker serviks. Ada beberapa cara yang perlu anda ketahui agar pasca operasi kesehatan tubuh dapat berangsur-angsur membaik. Apa sajakah cara perawatan tersebut? Berikut ini beberapa di antaranya.

  • Anda tentu dapat melakukan perawatan dengan mengatur konsumsi makanan anda. Pastikan untuk memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan pada menu makanan anda. Kedua jenis makanan ini adalah makanan yang baik untuk penderita kanker serviks. Ada beberapa buah yang diketahui mampu memaksimalkan penyembuhan luka dan membuatnya lebih cepat kering. Selain itu, konsumsi dari buah dan sayuran pada masa setelah operasi dapat meningkatkan stamina tubuh dengan sangat efektif. Sehingga perkembangan sel kanker pun lebih mudah dikendalikan.
  • Selain itu, penderita kanker serviks yang telah melalui operasi pun harus memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsinya. Hindari porsi makan yang terlalu besar. Porsi makan berlebihan ini sangat dapat membahayakan dan memperparah kondisi tubuh pasca operasi. Itulah sebabnya anda dianjurkan untuk tidak makan berlebihan. Jika anda tidak makan berlebihan, maka kelembaban normal tubuh pun akan terjaga.
  • Pastikan juga untuk hanya mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Makanan kaya protein ini baik untuk membantu penyembuhan luka pasca operasi. Selain itu, energi yang dihasilkan oleh protein pun sangat baik untuk kondisi tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, konsumsilah makanan berprotein setelah anda melakukan operasi.

2. Perawatan Setelah Kemoterapi

Kemoterapi merupakan satu lagi rangkaian pengobatan yang harus dilalui oleh penderita kanker, termasuk juga penderita kanker. Perawatan kemoterapi ini biasa disebut juga sebagai kemo. Memang cukup sulit melalui perawatan kemoterapi secara rutin. Selain menguras tenaga, kemoterapi pun dapat membuat kondisi psikologis penderita kanker serviks menjadi sangat tidak stabil. Oleh karena itu, ada beberapa cara perawatan kanker serviks pasca pengobatan yang perlu anda pelajari. Apa sajakah cara perawatan tersebut? Berikut ini informasinya.

Sponsors Link

  • Anda akan banyak mengalami gejala pasca kemoterapi yang mungkin mengganggu anda. Lalu yang perlu anda lakukan adalah mengetahui bahwa perubahan yang terjadi pasca kemoterapi ini hanya bersifat sementara. Jangan membuat diri anda semakin sakit karena stress akibat rambut rontok pasca kemoterapi. Jika anda tidak bisa mengendalikan stress ini dengan baik, maka mungkin saja anda akan menjadi lebih parah kondisinya setelah kemoterapi.
  • Selanjutnya, anda juga perlu menghindari pekerjaan berat yang memerlukan konsentrasi tinggi. Setelah kemoterapi, seseorang biasanya akan lebih sulit untuk mengontrol rasa lelah pada tubuhnya. Oleh sebab itu, juga sangat disarankan pada penderita kanker menghindari banyak aktivitas yang bisa dipercayakan tanggung jawabnya pada orang lain.
  • Jika ada obat-obatan lain selain obat kemoterapi selama masa kemoterapi, maka anda memerlukan izin dokter untuk dapat mengonsumsinya. Jangan sampai karena lalai, anda menjadi salah mengonsumsi obat yang malah hanya semakin membahayakan nyawa anda.
  • Terakhir, pastikan untuk tidak minum minuman beralkohol. Alkohol dapat merusak efek dari kemoterapi yang sudah anda jalani. Sehingga sel kanker bukan malah bisa diatas, tetapi menjadi semakin memperparah keadaan kesehatan anda.

Baca Juga:

ads

3. Perawatan Setelah Radioterapi

Radioterapi adalah satu lagi jenis perawatan yang dapat anda jadikan pilihan untuk mengobati kanker serviks yang menyerang anda. Perawatan kanker serviks pasca pengobatan melalui radioterapi ini, pastinya akan memiliki beberapa kesamaan ataupun perbedaan dengan perawatan pada jenis pengobatan lain. Bagaimana anda dapat mengetahui apa perawatan setelah radioterapi untuk anda? Berikut ini informasi yang dapat diberikan untuk membantu anda:

  • Radioterapi merupakan cara pengobatan yang memanfaatkan radiasi. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi anda untuk memperhatikan kesehatan dari pasien yang melakukan pengobatan menggunakan radioterapi. Sering sekali seseorang menjadi sulit untuk mengonsumsi makanan karena efek radiasi ini. Belum lagi tubuh yang semakin mudah lelah. Oleh sebab itu, perawatan yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi aktivitas yang terlalu berat dan tetap mengkonsumsi makanan yang bernutrisi.
  • Setelah melakukan radioterapi, biasanya pasien akan diminta untuk mengatur jadwal untuk konsultasi secara rutin. Mengapa hal ini diperlukan? Alasannya karena akan ada banyak keluhan akibat dari pasca radioterapi. Itulah alasannya mengapa anda diharapkan berhati-hati dalam kegiatan anda pasca radioterapi. Berikan waktu anda rutin untuk mengurangi efek samping radioterapi yang lebih parah.
  • Pasca radioterapi, penderita kanker serviks pun disarankan untuk selalu mengkonsumsi makanan anti radiasi. Beberapa contoh makanan anti radiasi adalah buah naga dan susu. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengonsumsinya setiap anda merasa mulai lemas dan tidak berenergi lagi.

4. Perawatan Umum Penderita Kanker Serviks

Selanjutnya, secara umum penderita kanker serviks memang perlu mengetahui apa saja perawatan umum pasca pengobatan. Pastinya ada banyak keterbatasan yang harus dihadapi oleh penderita kanker serviks. Baik terbatas dalam pilihan makanan, terbatas dalam pilihan aktivitas, dan berbagai keterbatasan lainnya.  Yang pasti harus diketahui, seorang penderita kanker serviks harus menghindari makanan yang tidak baik untuk kesehatan. Selanjutnya, penderita kanker serviks pun harus mengetahui apa saja perubahan yang terjadi pada tubuh setelah dilakukan pengobatan.

Baca Juga:

Misalnya anda mengalami pembengkakan di tungkai dan rasa nyeri atau benjolan di selangkangan. Maka anda harus mewaspadai bahwa pengobatan yang anda lakukan menyebabkan munculnya penyait lain yaitu kista di kelenjar getah bening. Keadaan ini tentunya sangat membahayakan dan membuat kondisi anda semakin tidak baik.

Penderita kanker serviks yang mengalami komplikasi penyakit ini disarankan untuk menghubungi dokter untuk diberikan obat anti peradangan dan obat anti infeksi lainnya. Jika memungkinkan, mungkin juga kista akan diangkat. Pastinya pengangkatan kista hanya akan dilakukan jika kondisi tubuh sudah semakin membaik. Itulah mengapa anda diharapkan untuk tetap waspada dengan segala perubahan pada tubuh anda pasca jenis pengobatan apapun yang telah anda lakukan. Pastinya penderita kanker serviks lebih harus memperhatikan daerah dekat organ kewanitaan anda.

5. Perawatan Umum Penderita Kanker

Secara umum, apapun jenis kanker yang menyerang anda ada beberapa hal umum dalam rangka perawatan yang perlu anda ketahui. Perawatan umum ini khususnya berkaitan pada bagaimana dapat mengurangi efek samping dan melakukan perawatan psikologis pada pasien yang mulai merasakan ketidakstabilan keadaan psikologisnya. Seperti diketahui, kanker adalah penyakit mematikan yang sebisa mungkin ingin dihindari oleh setiap orang.

Namun beberapa orang yang terkena kanker tidak bisa menolak dan mengulang kembali agar dirinya tidak terkena kanker. Cara satu-satunya untuk dapat menanggulangi gangguan psikologis akibat dari serangan kanker ini adalah dengan memberikan bentuk perawatan secara psikologis pada penderita kanker tersebut. Berikan waktu khusus untuk menemani mereka berbicara dan membuatnya lebih bersemangat. Ingatkan selalu bahwa masih ada harapan untuk mereka kembali sembuh dan beraktivitas normal kembali. 

Sponsors Link

Jika anda sulit untuk bekomunikasi dengan penderita kanker, maka anda dapat meminta bantuan psikologis dari para penyedia layanan psikologis untuk penderita kanker. Setiap orang yang menderita kanker dapat mendapatkan semangat hidup melalui perawatan dari sisi psikologis ini. Semoga para penderita kanker dapat semakin bersemangat dalam menjalani kehidupan dan pengobatan selanjutnya.

Baca Juga:

Demikianlah informasi mengenai perawatan kanker serviks pasca pengobatan yang perlu anda ketahui. Semoga informasi ini dapat membantu anda lebih mudah menanggulangi penyakit kanker serviks anda. Kanker serviks ini memang sangat berbahaya untuk seseorang. Oleh sebab itu, ketahuilah berbagai cara perawatan ini untuk membuat pengobatan kanker serviks anda menjadi lebih efektif dan terasa bermanfaat. Selamat merasakan kesehatan tubuh yang lebih baik pasca berbagai alternatif pengobatan kanker serviks anda.

, ,
Post Date: Wednesday 27th, September 2017 / 08:31 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks