6 Penyebab Kanker Serviks Stadium 4 yang Jarang Diperhatikan

Penyakit kanker serviks merupakan jenis kanker yang sangat ganas dan berbahaya. Kanker ini sangat sering menyerang wanita dan menjadi kanker nomor dua penyebab kematian wanita setelah kanker payudara. Ciri-ciri kanker serviks stadium awal memang kerap tak dirasakan kaum wanita. Itulah sebabnya kebanyakan penderitanya baru mengetahui mengidap penyakit tersebut setelah memasuki stadium lanjut. Alhasil pengobatan kanker serviks pun seringkali terlambat dilakukan sehingga penyakit terlanjur bertambah parah dan pasien tidak dapat tertolong.

Sponsors Link

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang wanita terserang kanker serviks, di antaranya mengkonsumsi makanan pemicu kanker serviks, mendapat pengaruh rokok terhadap kanker serviks, hingga pil kb menyebabkan kanker serviks yang jarang diketahui banyak orang. Semuanya merupakan penyebab keputihan pada kanker serviks yang sebaiknya dihindari agar tidak sampai mengalami penyakit mematikan tersebut. Jika memang sudah terlanjur mengalaminya, sebaiknya jauhi makanan yang harus dihindari penderita kanker serviks agar penyakit tersebut tidak bertambah parah hingga menjadi stadium 4.

Penyebab Kanker Serviks Stadium 4

Penyakit kanker yang telah memasuki stadium 4 tentu sudah sangat parah dan semakin sulit untuk diobati. Tentunya ada beberapa hal yang menyebabkan penderita kanker serviks yang semula berada di stadium awal berubah menjadi stadium 4, di antaranya sebagai berikut.

1. Human Papiloma Virus

Human papiloma virus atau yang sering disingkat HPV merupakan virus yang menjadi penyebab utama munculnya sel kanker pada mulut rahim. Virus ini dapat menular lewat hubungan seksual, dan jika menginfeksi organ kelamin wanita maka virus tersebut akan mulai mengubah sel sehat menjadi sel prakanker. Sel tersebut berkembang sangat lambat dan memakan waktu hingga 10-20 tahun. Namun saat berubah menjadi sel kanker maka perkembangannya akan sangat cepat hingga penderitanya akan merasakan perubahan yang signifikan dalam tubuhnya. Untuk mengetahui infeksi yang terjadi akibat virus tersebut sebelum berubah menjadi penyakit kanker, usahakan untuk melakukan pap smear secara rutin atau berkala.

2. Merokok

Asap rokok memang sangat berbahaya dan diduga menjadi penyebab utama munculnya penyakit berbahaya di dalam tubuh seperti penyakit kanker, jantung, paru-paru hingga kerusakan hati. Hal ini dikarenakan asap rokok mengandung banyak sekali senyawa kimia berbahaya, dan jika penderita kanker stadium awal atau wanita yang memiliki bibit kanker terpapar asap rokok maka ia akan langsung mengalami kanker serviks stadium 4. Kondisi tersebut lebih cepat terjadi jika paparan asap rokok berlangsung lama dan terjadi setiap hari.

3. Penggunaan Pil KB

Penderita kanker serviks stadium awal atau yang memiliki gejala awal kanker serviks sebaiknya menghindari penggunaan pil kb. Pil kb dapat menghambat produksi hormon atau justru merangsang produksi hormon tertentu yang dapat merangsang pertumbuhan sel kanker serviks lebih cepat hingga penderitanya akan memasuki stadium 4. Hal ini akan membuat penderita kanker serviks semakin sulit diobati karena sel kanker telah menyebar ke seluruh tubuh dan merusak organ tubuh yang lain.

4. Kekebalan Tubuh yang Lemah

Penderita kanker memang akan memiliki daya tahan tubuh yang cenderung terus menurun seiring bertambah parahnya kanker yang dialami. Namun jika pasien tidak berusaha untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalan tubuh semakin menurun maka sel kanker akan semakin cepat berkembang hingga kanker serviks memasuki stadium 4. Jadi baik yang sehat ataupun mengalami kanker serviks namun masih di tahap dini sebaiknya selalu jaga daya tahan tubuh dengan melakukan pola hidup sehat dan makan makanan yang bergizi serta kaya akan antioksidan untuk menekan laju pertumbuhan sel kanker.

5. Hubungan Seksual

Hubungan seksual memang sah dilakukan dengan pasangan yang sah, namun jika pasangan tersebut ternyata membawa virus HPV dan menularkannya kepada Anda, tentu Anda akan rentan mengalami kanker serviks. Bahkan jika sudah terdapat gejala kanker serviks namun wanita tersebut tetap berhubungan seksual, penyakit kanker yang dideritanya akan semakin parah hingga akhirnya menjadi stadium 4. Jadi hindari aktivitas tersebut sampai wanita yang mengalami kanker serviks benar-benar sembuh dari sakitnya.

Sponsors Link

6. Banyak Melahirkan

Wanita yang melahirkan anak lebih dari tiga kali ternyata lebih beresiko terkena kanker serviks. Hal ini dikarenakan saat hamil dan melahirkan wanita akan mengalami perubahan hormon dimana hormon sangat banyak dihasilkan sehingga dapat mempengaruhi sel mulut rahim saat melahirkan. Meskipun tidak pernah melahirkan sama sekali juga berbahaya, terlalu banyak melahirkan juga sangat berbahaya bagi kesehatan organ reproduksi wanita.

Itulah penyebab kanker serviks stadium 4 yang sangat penting diketahui setiap wanita, agar penyakit tersebut tidak bertambah parah dan sulit diobati. Selalu biasakan untuk menjalani pola hidup sehat dan hindari kebiasaan buruk yang dapat memperparah penyakit kanker serviks yang diderita. Jika kanker menyebabkan gangguan kesehatan yang semakin menurun sebaiknya ikuti semua petunjuk pengobatan oleh dokter dan tetap berusaha agar bisa segera sembuh.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.