Benarkah Penyebab Kanker Serviks Pembalut? Ini Faktanya!

Penyebab kanker serviks pembalut mungkin sudah sering Anda dengar, dan hal tersebut ada yang menyatakan memang benar namun sebagian lagi mengatakan hanya hoax belaka. Kanker serviks yang sangat ditakuti wanita karena kasusnya yang sering terjadi di Indonesia bisa muncul akibat beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan pembalut yang sering kita jumpai di pasaran. Kanker serviks sendiri merupakan jenis kanker yang menyerang leher rahim yang umumnya disebabkan oleh virus HPV. Meski kebanyakan penderita kanker serviks terjadi akibat hubungan intim yang bebas dan tidak aman, ternyata penggunaan pembalut juga memberikan resiko yang besar dan harus diwaspadai.

Sponsors Link

Cara mendeteksi kanker serviks menyerang sangat penting dilakukan oleh setiap wanita agar bibit kanker dapat terdeteksi saat masih dini. Jika cepat diketahui penyakit ini masih bisa disembuhkan secara total dan prosesnya juga lebih cepat. Jika ciri-ciri kanker serviks Anda alami, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter sebelum jenis kanker paling mematikan di dunia ini menjadi semakin parah. adapun gejala yang umumnya muncul dan dirasakan pada tahap awal berupa keputihan yang tidak normal, nyeri pada saat menstruasi, nyeri panggul dan di sekitar organ kewanitaan, hingga terjadi pendarahan dan penurunan berat badan.

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks pada wanita disebabkan infeksi virus yang sangat mudah menular. Virus tersebut lebih sering ditularkan lewat hubungan seksual, karena itu resiko penyakit ini lebih besar dialami oleh wanita yang sudah menikah atau yang sering melakukan hubungan seks bebas. Kurangnya perawatan dan kebersihan organ intim juga menjadi pemicu munculnya kanker serviks, karena itu sangat penting untuk selalu melakukan perawatan dengan rutin mengganti pakaian dalam dan juga pembalut ketika haid. Organ intim yang lembab dan tidak terjaga kebersihannya akan menjadi tempat yang nyaman bagi virus, bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

Lalu bagaimana dengan isu mengenai pembalut yang dikabarkan dapat menyebabkan kanker serviks? Isu ini memang menjadi marak dibicarakan, karena seperti yang kita tahu pembalut menjadi benda yang wajib digunakan wanita saat sedang masa menstruasi. Namun pembalut yang diperjualbelikan di pasaran tidak semuanya aman digunakan. Beberapa merek tertentu bahkan menggunakan bahan kimia yang proses pembuatannya tidak higienis sehingga bisa memicu berbagai gangguan kesehatan pada organ intim wanita, salah satunya kanker serviks.

Jadi memang benar bahwa pembalut yang tidak higienis dan menggunakan bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita. Beberapa pembalut yang dibuat oleh pabrik bahkan mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada organ kelamin wanita. Pembalut seperti itu biasanya dijual dengan harga yang sangat murah, sangat jauh dari harga pembalut biasanya. Selain itu bahannya juga dapat dilihat, dimana pembalut yang berbahaya sangat berbeda dari pembalut yang aman digunakan. Agar lebih mudah, berikut ini cara mengetahui pembalut yang kualitasnya buruk dan beresiko menyebabkan kanker serviks.

  • Pilih sampel pembalut yang ingin diuji.
  • Sobek pembalut dan ambil bagian dalamnya.
  • Masukkan ke dalam wadah atau gelas yang berisi air, aduk menggunakan sumpit atau sendok.
  • Perhatikan perubahan air dan bagian dalam pembalut yang dimasukkan tadi.
  • Bila air keruh dan sobekan tadi lebih menyerupai kertas dibandingkan kapas, maka bisa dipastikan kualitas pembalut tersebut kurang bagus dan sebaiknya tidak digunakan.

Selain dengan uji yang dilakukan di atas, kita juga bisa memastikan apakah pembalut tersebut terdaftar dan memiliki nomor registrasi di dinas atau departemen kesehatan. Adanya nomor registrasi tersebut setidaknya bisa menjadi acuan bahwa produk pembalut tersebut memang lolos dan dinyatakan aman untuk digunakan. Wanita juga harus menjauhi makanan yang harus dihindari penderita kanker serviks, agar tidak memicu munculnya sel kanker pada leher rahim.

Fakta bahwa pembalut menyebabkan kanker serviks memang benar, namun bukan berarti hal ini menjadi penyebab utama seorang wanita terkena penyakit tersebut. Daya tahan tubuh yang lemah dan juga pola hidup yang tidak sehat turut mempengaruhi munculnya penyakit kanker pada tubuh seorang wanita. Rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit kanker, termasuk kanker serviks.

Sponsors Link

Bagaimana Solusi Mencari Pembalut yang Aman?

Meski tersebar isu mengenai bahaya pembalut pada wanita, bukan berarti kita tidak bisa menggunakannya sama sekali. Dengan pemilihan yang teliti dan tepat kita bisa menemukan pembalut yang aman digunakan, caranya sebagai berikut.

  1. Carilah produk yang resmi terdaftar di BPOM atau dinas kesehatan.
  2. Lakukan tes di atas untuk melihat apakah pembalut berkualitas baik atau buruk.
  3. Hindari membeli pembalut dengan harga yang lebih murah, karena kualitas yang baik biasanya juga diikuti dengan harga yang tinggi namun masih dalam batas wajar.
  4. Lihat tanggal kadaluarsa dan cek kemasan pembungkus apakah dalam kondisi bagus atau rusak.
  5. Perhatikan komposisi bahan pembuatan pembalut, jika ditemukan bahan berbahaya sebaiknya jangan digunakan.

Itulah fakta penyebab kanker serviks berupa pembalut yang wajib diketahui semua wanita. Kita sebagai wanita harus bisa menjaga kesehatan organ intim karena bagian yang satu ini memang sangat rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan.

 

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.