4 Pengobatan Kanker Serviks Stadium 2 Yang Direkomendasikan

Kanker serviks menjadi pembunuh kaum wanita yang paling dominan setelah kanker payudara. Ya, jenis kanker yang satu ini cukup mematikan dan penyebarannya pun sangat cepat dalam organ rahim. Kanker serviks adalah kanker yang sulit disembuhkan karena seringkali diketahui saat penyebarannya sudah mencapai stadium lanjut. Oleh karena itu, saat ini tengah digencarkan sosialisasi dini  untuk bisa mendeteksi dan melakukan pemeriksaan sejak awal saat gejala mulai diperlihatkan. (baca juga: Gejala Awal Kanker Bibir , Tanda Tanda Kanker Ovarium)

Sponsors Link

Kanker serviks yang sudah berada pada stadium 2 sudah tergolong berbahaya dan harus segera mengalami penanganan yang tepat. Penanganan yang tepat sangat menentukan tingkat kesembuhan pasien kanker serviks karena pertumbuhan kanker terus berjalan pada masa pengobatan. Gejala yang banyak dirasakan pada wanita yang sudah menderita kanker serviks stadium 2 diantaranya adalah sebagai berikut:

Artikel Terkait: Manfaat Tomat untuk Kanker, Cara Pengobatan Kanker Usus Besar

  • Nyeri yang dirasakan saat buang air kecil yang disebabkan ukuran sel kanker saat membesar semakin menekan saluran kencing sehingga menyebabkan rasa sakit saat urin dikeluarkan. Rasa nyeri ini juga bisa dialami pada vagina terutama saat berhubungan seksual.
  • Pendarahan yang bisa terjadi diluar siklus menstruasi normal serta setelah berhubungan seks. Selain darah biasanya vagina juga mengeluarkan cairan yang berbau tidak sedap dan berwarna kehijauan.
  • Pembengkakan pada sekitar paha dan selangkangan yang disertai rasa nyeri
  • Peradangan pada vagina dan menyebabkan rasa sakit didaerang panggul
  • Keputihan yang terjadi secara terus-menerus disertai bau yang tidak sedap pada organ kewanitaan
  • Menurunnya nafsu makan secara tiba-tiba dan tubuh mudah merasa kelelahan

Saat mengalami gejala tersebut yang dibutuhkan adalah segera melakukan pendeteksian dini baik melalui pap smear atau metode diagnosa lainnya. Hal tersebut dibutuhkan untuk mengetahui dengan jelas adanya kanker serta menentukan jenis pengobatan yang tepat bagi pasien sesuai dengan kondisi kesehatan pasien secara umum. Berikut ini adalah beberapa tindakan pengobatan yang bisa dilakukan pada pasien kanker serviks yang berada pada stadium 2.

Artikel Lainnya:

1.Kemoterapi

Kemoterapi kanker secara umum sama jenisnya yaitu dilakukan dengan cara pemberian obat-obatan yang berfungsi untuk menekan pertumbuhan sel kanker serta membunuh sel kanker secara perlahan. Penyebaran sel kanker yang sudah dalam fase stadium lanjut ini dikhawatirkan akan melewati organ sekitar rahim yang berakibat buruk bagi kesehatan pasien. Obat yang diberikan sebagai kemoterapi juga meninggalkan efek samping yang cukup merugikan bagi pasien kanker seperti kerontokan rambut, berkurangnya berat badan dan nafsu makan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, pengawasan setiap saat oleh tim dokter dibutuhkan untuk memantau kondisi pasien agar selalu terjaga.

Baca Juga:

2. Radioterapi

Radioterapi adalah metode pengobatan yang juga sering dianjurkan oleh dokter pada banyak pasien kanker. Pada kanker serviks stadium 2 yang sudah menyebar, kondisi sel mematikan tersebut biasanya berukuran cukup besar sekitar 3-4cm, sehingga dokter seringkali menyarankan tindakan radiasi untuk membunuh sel kanker dengan menggunakan sinar X.

Artikel Terkait: Biaya Biopsi Kanker Nasofaring, Kemoterapi Kanker Otak

Sponsors Link

3. Histerektomi

Histerektomi merupakan tindakan medis yang diupayakan oleh tim dokter untuk menangani kanker serviks secara tuntas karena berkaitan dengan organ yang didiami oleh sel kanker yaitu rahim. Histerektomi atau dikenal dengan pembedahan dan pengangkatan rahim memiliki risiko yang cukup tinggi bagi wanita karena secara otomatis tidak bisa lagi hamil. Pengangkatan rahim ini disarankan bagi pasien yang memiliki riwayat penyakit lainnya yang berdampingan dengan kanker serviks serta pasien kanker serviks yang kondisinya tidak kunjung membaik.

Artikel Terkait: Ciri ciri Kanker Kulit yang Menyerupai Jerawat , Tanda Tanda Kanker Tenggorokan

Histerektomi terbagi menjadi 3 jenis antara lain adalah sebagai berikut:

  • Histerektomi radikal, yaitu pembedahan rahim yang mengakibatkan penderitanya kehilangan sistem reproduksi. Jenis histerektomi radikal inilah yang biasanya disarankan bagi pasien kanker. Prosedur histerektomi radikal adalah pengangkatan seluruh rahim dan serviks, ovarium atas, kelenjar getah bening dan tuba falopi. (baca juga: Vaksin Kanker Payudara, Manfaat Bekam Untuk Kanker)
  • Histerektomi total, yaitu pengangkatan rahim secara menyeluruh dan serviks.
  • Histerektomi subtotal, yaitu pengangkatan rahim tanpa melibatkan serviks.

Dari ketiga jenis histerektomi yang dominan dilakukan pada pasien kanker serviks adalah histerektomi radikal. Prosedur histerektomi ini tentunya meninggalkan efek samping yang cukup signifikan bagi pasien kanker. Selain permasalahan tidak bisa memiliki keturunan beberapa efek samping lainnya yang juga dialami pasien antara lain pendarahan pada vagina, gangguan usus, gangguan kandung kemih, dan menopause dini.

Baca Juga:

Sponsors Link

4. Terapi Herbal

Terapi herbal dengan menggunakan jenis tanaman berkhasiat saat ini cukup banyak dimanfaatkan sebagai metode pengobatan kanker. Begitu juga pada kanker serviks stadium 2, pasien yang menjalani pengobatan dengan mengonsumsi obat kemoterapi seringkali juga melakukan terapi herbal. Jenis tanaman yang sering dikonsumsi antara lain seperti manggis, sirsak, lemon, berry dan sebagainya yang memang memiliki manfaat untuk membunuh sel kanker. Bahkan lebih dari 50 % penderita kanker serviks yang berada pada stadium 2 bisa sembuh secara optimal dengan memanfaatkan tanaman herbal tersebut. (baca juga: Gejala Kanker Usus Kecil , Kanker Rahim Endometrium)

Terlepas dari stadium 2 pada penyakit kanker yang sudah merupakan stadium cukup tinggi, mengoptimalkan segala peluang pengobatan sangat diperlukan untuk menunjang tingkat kesembuhan pasien. Selain itu, tentunya tindakan pencegahan penyakit kanker juga dibutuhkan sebagai benteng awal untuk menghindari penyakit mematikan ini. Berikut ini adalah pola hidup yang sebaiknya diterapkan sebagai upaya pencegahan kanker serviks sejak dini:

  • Kebersihan Organ intim
  • Melakukan hubungan seksual secara sehat (satu pasangan)
  • Rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan tanpa bahan pengawet
  • Segera melakukan pendeteksian dini jika merasakan perubahan atau gejala yang aneh pada organ kewanitaan

Baca Juga:

Demikian artikel informatif tentang pengobatan kanker serviks stadium 2 yang direkomendasikan untuk penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!

, , ,
Post Date: Sunday 07th, May 2017 / 03:10 Oleh :
Kategori : Kanker Serviks