4 Pengaruh Kanker Serviks terhadap Kehamilan Paling Berbahaya dan Mematikan

Sebagai salah satu penyakit yang menjadi momok paling menakutkan bagi seluruh wanita di dunia, kanker serviks pada wanita juga berkemungkinan menyerang wanita hamil. Bahkan kemungkinan wanita hamil terkena kanker serviks sama besarnya dengan wanita yang sedang tidak dalam kondisi hamil. Apabila seorang wanita hamil terserang atau diketahui mengidap penyakit mematikan yang satu ini, maka pastinya perlu ditangani secara khusus, karena kanker serviks yang berkembang pada wanita atau ibu hamil akan berpengaruh pada kondisi kehamilan maupun pada keselamatan wanita tersebut. Lantas apa saja pengaruh kanker serviks yang menyerang kehamilan pada wanita? Mari simak ulasan berikut mengenai pengaruh kanker serviks terhadap kehamilan.

Sponsors Link

Kanker Serviks dan Masa Kehamilan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa keadaan hamil maupun tidak hamil memiliki kesempatan yang sama terhadap penyakit kanker serviks. Oleh setiap itu, tidak hanya wanita hamil saja yang perlu mengetahui hubungan maupun pengaruh kanker serviks pada masa-masa kehamilan. Kanker serviks sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang mulut dan leher rahim, dimana terdapat pertumbuhan sel-sel kanker atau sel-sel abnormal didalamya, yang juga sulit dideteksi atau bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali. Baru ketika kanker sudah berkembang dan menyebar atau bahkan sudah masuk pada stadium lanjut, kemudian baru akan mulai menimbulkan gejala-gejala kanker serviks pada penderitanya.

Kondisi tersebut juga terjadi saat kanker serviks yang menyerang wanita hamil. Dimana gejala awalnya juga sulit untuk dideteksi dan membuatnya tidak dapat ditangani sejak dini. Oleh sebab itu, kanker serviks pada wanita hamil maupun pada wanita tidak hamil juga tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Terlebih lagi bagi wanita hamil, karena dapat menimbulkan dampak kanker serviks pada ibu hamil yang lebih berbahaya, baik bagi wanita itu sendiri maupun bagi bayi yang berada didalam kandungannya. Lantas apa saja pengaruh yang akan ditimbulkan oleh perkembangan kanker serviks didalam kandungan ataupun masa kehamilan wanita? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Pengaruh Pada Masa Kehamilan

Kanker serviks yang berkembang atau tumbuh pada wanita hamil didalam masa kehamilannya, maka pastinya dapat menimbulkan beberapa ancaman ataupun pengaruh bagi keduanya. Beberapa pengaruh dari pertumbuhan kanker seviks didalam masa kehamilan wanita diantaranya adalah:

  • Keguguran

Pengaruh yang pertama pastinya berkaitan dengan kondisi kesehatan maupun kuat atau tidaknya rahim didalam tubuh wanita hamil. Sel kanker yang terus tumbuh dan berkembang didalamnya pasti akan mengganggu segala proses hingga juga dapat menyebabkan keguguran. Keguguran ini merupakan salah satu pengaruh yang pastinya sangat menakutkan bagi wanita hamil. Keguguran ini juga dipengaruhi oleh beberapa kondisi yang disebabkan oleh perkembangan sel kanker pada rahim, sehingga perlu dilakukan pengangkatan demi alasan keamanan dan juga keselamatan wanita hamil tersebut. Terlebih lagi memang pada dasarnya, terdapat anggapan bahwa wanita yang terserang kanker serviks memiliki kemungkinan yang kecil untuk hamil, karena adanya kemungkinan pengangkatan rahim yang harus dilakukan.

  • Kelahiran Bayi Prematur

Pengaruh kedua yang sama menakutkannya adalah adanya kemungkinan bayi akan lahir lebih awal dari masa seharusnya, atau dapat katakan bayi akan lahir secara prematur. Dimana kondisi ini pastinya juga sangat menyeramkan bagi seluruh wanita hamil, dikarenakan bayi yang lahir prematur biasanya juga akan mengalami beberapa kondisi yang berbeda dengan bayi yang lahir secara normal sesuai masanya.

Sponsors Link

  • Perkembangan Janin Terhambat

Pengaruh terhadap perkembangan bayi didalam perut oleh kanker serviks disebabkan karena adanya infeksi virus didalam rahim wanita hamil. Kondisi paling memungkinkan adanya adanya neoplasma yang berbahaya oleh kanker serviks pada masa kehamilan, dimana memiliki dampak pada perkembangan janin yang terhambat dan tidak normal. Seperti janin didalam kandungan yang akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang tidak normal selayaknya bayi normal lainnya, sebagai contoh seperti bayi akan mengalami kondisi cacat pada saat dilahirkan.

  • Proses Persalinan Terhambat

Selain perkembangan janin yang terhambat, kanker serviks pada wanita hamil juga pastinya akan berpengaruh pada proses persalinan nantinya. Hal ini disebabkan oleh perkembangan sel kanker pada wanita hamil itu sendiri yang sejak awal memang dibutuhkan penanganan khusus, apabila salah dalam penanganannya termasuk pula pada proses persalinan maka tentunya kondisi tersebut dapat berbahaya bagi kondisi ibu bayi. Artinya juga dapat meningkatkan risiko kematian bagi ibu bayi saat persalinan berlangsung.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pengaruh kanker serviks terhadap kehamilan, dimana memang adanya perkembangan sel kanker didalam rahim dapat menimbulkan bahaya baik bagi janin maupun bagi kondisi wanita hamil itu sendiri. Oleh sebab itu, anda tidak boleh menyepelekan kondisi kesehatan rahim anda begitu saja, anda juga perlu untuk melakukan konsultasi dengan dokter maupun melakukan pengecekan terhadap kondisi rahim anda, terutama apabila terdapat gejala kanker yang muncul.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.