8 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Kanker Serviks

Kanker serviks termasuk penyakit yang sering menyerang kaum wanita dan sama berbahayanya dengan kanker payudara. Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti merokok, hubungan seks bebas, penggunaan obat-obatan tertentu dan berbagai penyebab lainnya. Pada tahap awal  mungkin penyakit ini tidak menimbulkan gejala apapun, namun saat sudah semakin parah baru bisa dirasakan dengan jelas. Karena itu kebanyakan penderita kanker serviks tidak dapat disembuhkan karena terlambat didiagnosis dan mendapat pemgobatan.

Sponsors Link

Sebagai penderita kanker serviks, tentu harus selalu mementingkan kesehatannya dan melakukan apa yang disarankan agar dapat sembuh. Selain itu ada beberapa jenis makanan yang seharusnya dihindari oleh penderita kanker serviks agar penyakitnya tidak bertambah parah atau kembali kambuh jika memang sudah sembuh. Makanan yang harus dihindari penderita kanker serviks tersebut antara lain sebagai berikut.

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kanker Serviks

1. Makanan yang Dibakar

Makanan yang diolah dengan dibakar atau dipanggang biasanya akan ada bagian yang gosong atau berwarna hitam pada beberapa sisinya. Hal tersebut merupakan karsinogen atau senyawa yang dapat memicu berkembangnya sel kanker di dalam tubuh sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita kanker serviks.

2. Makanan Kalengan

Makanan yang dikemas terutama di dalam kaleng tentu memiliki jangka waktu kadaluarsa yang lebih lama agar dapat bertahan lama di pajang di toko. Artinya makanan tersebut telah ditambahkan pengawet yang dosisnya mungkin cukup banyak. Bahan pengawet tersebut merupakan zat kimia yang dapat menyebabkan munculnya sel kanker di dalam tubuh terutama kanker serviks.

3. Ikan Asin

Sama seperti makanan kalengan, ikan asin pun diawetkan agar dapat bertahan lama. Walaupun pengawetan ikan asin lebih alami namun dalam prosesnya ikan yang dijemur di bawah sinar matahari akan diberikan garam cukup banyak untuk menghambat aktivitas bakteri sehingga tidak mudah busuk. Kandungan garam atau natrium yang tinggi tentu tidak bagus bagi tubuh karena dapat memicu kanker.

4. Seafood

Semua orang pasti suka seafood, namun demi kesehatan sebaiknya hindari jenis makanan tersebut. Seafood memang kaya akan nutrisi namun juga mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Ditambah lagi seafood lebih banyak mengandung natrium dibandingkan ikan sehingga sebaiknya dihindari oleh penderita kanker serviks.

5. Daging

Baik daging sapi maupun unggas sebaiknya dihindari baik bagi orang yang sehat maupun yang sudah mengalami kanker serviks. Daging sapi dan juga jenis daging lainnya mengandung banyak lemak jenuh sehingga tidak baik bagi tubuh. Selain itu daging unggas kebanyakan telah disuntik hormon agar cepat besar. Hormon tersebut jika masuk ke dalam tubuh manusia akan menyebabkan pertumbuhan sel yang abnormal sehingga muncullah kanker serviks.

6. Minuman Dingin dan Bersoda

Siapa sangka jika minuman dingin dapat memicu kanker serviks. Sifat dingin dari air yang kita minum akan menghambat aktivitas sel dan proses metabolisme menjadi terganggu. Selain itu minuman bersoda mengandung banyak gula dan zat berbahaya lainnya yang tidak baik untuk kesehatan. Meminum minuman tersebut dapat memicu munculnya kanker serviks.

7. Jenis Buah Tertentu

Beberapa jenis buah tertentu seperti lengkeng, durian, anggur, nangka, nanas dan duku diduga memberikan kontribusi akan berkembangnya bibit sel kanker serviks sehingga buah tersebut sebaiknya dihindari terutama bagi yang sedang mengidap kanker serviks.

8. Jenis Sayur Tertentu

Sayuran tertentu pun juga tidak baik dikonsumsi oleh penderita kanker serviks seperti tauge yang mengandung hormon pertumbuhan sehingga mendorong tumbuhnya sel kanker. Selain itu sawi dan kangkung yang dapat menguraikan kinerja obat juga tidak boleh dikonsumsi. Bahkan cabai pun harus dihindari karena dapat mengurangi kadar oksigen di dalam tubuh.

Itulah jenis makanan yang harus dihindari penderita kanker serviks dan semuanya hampir sama dengan makanan yang dilarang penderita kanker payudara. Jika kita bisa menghindarinya tentu kesehatan tubuh akan tetap terjaga dan penderita kanker serviks dapat segera sembuh.

, ,