13 Makanan Sehat untuk Penderita Kanker Serviks

Penderita kanker serviks bisa dibilang jumlahnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Pola hidup wanita di zaman modern ini telah menyita perhatiannya untuk lebih peduli pada kesehatan sehingga cenderung sepele dan akhirnya mengalami penyakit yang sangat berbahaya tersebut. Sama seperti kanker payudara, kanker serviks juga sangat mematikan bagi penderitanya. Karena itu penting bagi kita untuk mengetahui penyebab kanker serviks untuk dapat menghindarinya. Juga menghindari makanan pemicu kanker serviks yang banyak ditemukan di masyarakat. Sebaliknya sangat penting mengkonsumsi makanan sehat untuk penderita kanker serviks seperti berikut ini agar proses penyembuhan kanker serviks pada wanita dapat berlangsung lebih cepat.

Sponsors Link

1. Tomat

Tomat termasuk jenis buah sekaligus sayuran yang kaya akan vitamin C, juga mengandung senyawa likopen yang sangat efektif dalam menangkal senyawa radikal bebas. Kedua senyawa tersebut mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat paparan polusi, asap rokok dan bahan kimia makanan.

2. Wortel

Sayuran satu ini bukan hanya bagus untuk melindungi mata dari kerusakan, namun juga efektif membantu mencegah kanker serviks semakin parah. Kandungan Beta karotennya dapat menangkal radikal bebas dan menetralkan kadar nitrosamines dalam tubuh yang dianggap sebagai pemicu munculnya sel kanker.

3. Jeruk

Jeruk terkenal akan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, meskipun masih di bawah jambu biji. Sebagai sumber antioksidan yang sangat baik, jeruk sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi baik oleh penderita kanker serviks, maupun untuk orang yang sehat agar terhindar dari penyakit tersebut.

4. Minyak Zaitun

Tidak dapat dipungkiri minyak zaitun mengandung banyak sekali senyawa yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa di antaranya yaitu polifenol, tokoferol, trigliserida, squalene, asam lemak omega 3 dan 6 sehingga sangat berkhasiat dalam memerangi penyakit kanker. Terutama kandungan polifenolnya yang bermanfaat dalam membantu proses penyembuhan penyakit kanker serviks.

5. Buah Berry

Berbagai jenis buah berry seperti raspberry, stroberry, blueberry dan blackberry sangat kaya akan lutein dan senyawa antioksidan lainnya. Itu berarti buah-buahan tersebut sangat bagus dikonsumsi untuk menghambat pertumbuhan kanker serviks dan mempercepat penyembuhannya. Kandungan nutrisi yang melimpah akan membantu meningkatkan stamina tubuh sehingga tubuh lebih kuat melawan sel kanker.

6. Coklat

Coklat yang dimaksud di sini adalah jenis coklat hitam dengan rasa yang lebih pahit karena mengandung gula lebih sedikit. Banyak sekali kandungan senyawa dalam coklat seperti flavonoid, alkaloid, fenilalanin, triptofan dan tyrosin yang terbukti mampu menekan pertumbuhan sel kanker dan membantu penderita kanker serviks untuk lebih cepat sembuh.

7. Teh Hijau

Teh hijau bukan hanya ampuh dalam mendukung program diet, namun juga efektif dalam menyehatkan penderita kanker serviks. Kandungan polifenol dan flavonoid dalam teh hijau akan menangkal senyawa radikal bebas penyebab kanker dan menekan pertumbuhan sel kanker sehingga membantu penyembuhan penderita kanker serviks.

8. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia, dan ternyata di dalamnya terdapat kandungan sulforaphae, lupeol dan sinigrin yang berkhasiat dalam menghambat perkembangan sel kanker. Karena itu tidak ada salahnya memasukkan kubis dalam menu harian penderita kanker serviks agar penyakit tersebut dapat segera disembuhkan.

9. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang kandungan nutrisinya sangat melimpah, dan semuanya sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh. Bagi penderita kanker serviks, buah ini perlu dikonsumsi secara rutin namun jangan dicampur dengan gula dan susu kental manis. Kandungan oleat, lutein dan glutation di dalamnya sangat efektif dalam mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

Sponsors Link

10. Brokoli

Tidak diragukan lagi kandungan nutrisi dalam brokoli sangat banyak dan bermanfaat bagi penderita kanker serviks. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan, mineral, vitamin dan senyawa aktif termasuk asam folat yang membantu mencegah perkembangan sel kanker.

11. Kacang Kedelai

Meski kacang kedelai yang dikonsumsi berlebihan dapat memicu kanker payudara, nyatanya kedelai justru bagus dikonsumsi bagi penderita kanker serviks. Kandungan tersebut bisa diperoleh dari kacang kedelai langsung maupun setelah diolah tanpa melalui proses fermentasi. Kandungan genistein di dalam kacang kedelai dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

12. Manggis

Buah manggis memang dipercaya dapat menurunkan resiko terkena kanker serviks. Kandungan antioksidannya yang cukup tinggi dapat menangkal senyawa radikal bebas sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit kanker. Selain itu nutrisi lainnya dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terkena kanker.

13. Ikan Salmon

Dari semua jenis ikan, ikan salmon lah yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kanker serviks. Nutrisi yang terkandung di dalamnya penting untuk mlindungi tubuh dari kerusakan akibat senyawa radikal bebas.

Itulah makanan sehat untuk penderita kanker serviks yang paling direkomenasikan. Jika dikonsumsi secara rutin maka penyakit tersebut dapat disembuhkan. Selain makanan tersebut, ada juga makanan pencegah kanker serviks yang jika dikonsumsi secara rutin dapat menghindarkan kita dari penyakit kanker serviks yang sangat berbahaya. Jadi cara di atas juga bisa menjadi cara mengatasi kanker serviks  yang cukup terjangkau dan rasanya lumayan enak.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Papsmear adalah salah satu tindakan medis yang ampuh mencegah kanker serviks. Yuk Ketahui Prosedur, cara, dan manfaatnya.