Kenapa Kanker Serviks Bisa Terjadi pada Seorang Wanita?

Dari berbagai jenis kanker yang ada di dunia, kanker serviks menjadi penyakit kanker nomor dua yang paling banyak menyerang dan merenggut nyawa wanita. Penyakit ini sangat ganas dan dapat berkembang sangat cepat sehingga sulit untuk disembuhkan. Bahkan beberapa jajaran artis pun ikut menjadi korban keganasan kanker serviks ini. Tentunya banyak orang yang bertanya, kenapa kanker serviks bisa terjadi, apakah kanker serviks menular dan apa penyebabnya sehingga penyakit tersebut bisa muncul. Penyakit ini umumnya menyerang wanita yang pola hidupnya tidak sehat dan tidak teratur, sehingga sel-sel pada leher rahim mengalami mutasi genetik dan muncullah kanker serviks pada wanita.

Sponsors Link

Penyebab kanker serviks sendiri kebanyakan diakibatkan infeksi HPV atau human papiloma virus yang mudah menular lewat hubungan seksual. Meskipun begitu, wanita yang tidak tertular virus tersebut tetap beresiko terkena kanker serviks. Ciri-ciri kanker serviks ditandai dengan keputihan yang abnormal, sakit pada perut bagian bawah hingga pendarahan yang tidak wajar dari vagina. Semakin tinggi stadium kanker serviks, maka gejala akan semakin jelas dan bertambah parah. Sebagai wanita sangat penting mengetahui penyebab, gejala dan faktor resiko kanker serviks agar dapat mengetahui cara mencegah kanker serviks.

Kenapa Kanker Serviks bisa Terjadi?

Penyebab utama kanker serviks adalah infeksi virus HPV, dengan tipe HPV 16 dan HPV 18. Virus tersebut menyerang sel-sel pada mulut atau leher rahim sehingga menyebabkan infeksi yang cukup serius. Infeksi akibat virus HPV membuat sel-sel mulut rahim mengalami kerusakan pada materi genetiknya sehingga tidak dapat menjalankan aktivitasnya secara normal. Pertumbuhan sel pun menjadi tidak terkendali dan menyebabkan kerusakan pada sel di sekitarnya hingga terbentuk sel kanker. Hingga sekarang belum ada obat yang bisa mengatasi infeksi akibat serangan virus HPV. Namun tindakan pencegahan dapat dilakukan salah satunya dengan mendapat vaksinasi.

Virus HPV sendiri dapat menular melalui kontak atau hubungan seksual dengan orang yang membawa atau terinfeksi virus tersebut. Karena itu sangat tidak dianjurkan untuk berganti pasangan atau memiliki pasangan lebih dari satu karena resiko penularan akan semakin tinggi. Namun ada pula wanita yang terkena virus HPV dan menyimpan virus tersebut dalam dirinya tidak terserang kanker serviks. Hanya saja jika ada pria yang berhubungan dengannya virus itu dapat berpindah tempat dan tertular ke wanita lainnya. Tentunya ada beberapa faktor resiko yang juga menjadi penyebab meningkatnya kemungkinan seorang wanita terkena kanker serviks.

Faktor Resiko Penyebab Kanker Serviks

Berikut ini merupakan beberapa faktor resiko yang membuat seorang wanita dapat terserang kanker serviks dan rentan terinfeksi virus HPV.

1. Hubungan Seks Bebas

Zaman yang modern dan serba bebas saat ini telah membuat banyak pasangan muda mudi yang senang berganti pasangan dan melakukan seks bebas. Padahal kebiasaan tersebut selain bertentangan dengan norma agama dan sosial juga dapat memberikan dampak buruk yaitu meningkatkan penularan virus HPV penyebab kanker serviks.

2. Merokok dan Minum Alkohol

Kebiasaan hidup yang buruk seperti merokok dan suka minum alkohol membuat kualitas hidup wanita menjadi lebih rendah. Kebiasaan tersebut akan meningkatkan resiko terkena kanker serviks karena kandungan senyawa kimia dalam rokok dan alkohol dapat menyebabkan mutasi genetik.

3. Daya Tahan Tubuh Menurun

Rendahnya daya tahan tubuh membuat seseorang rentan mengalami penyakit dan terinfeksi virus maupun bakteri. Hal ini juga dapat memicu seorang wanita terkena kanker serviks, karena imunitasnya sedang menurun maka infeksi pada mulut rahim akan semakin parah.

Sponsors Link

4. Makanan Tidak Sehat

Berbagai makanan yang tidak sehat sangat menjamur sekarang ini sehingga pola makan masyarakat pun berubah. Bahkan sangat banyak ditemukan makanan pemicu kanker serviks seperti makanan kaleng, makanan yang dibakar, makanan yang diasinkan, makanan dengan penyedap, pewarna dan pemanis buatan.

5. Penggunaan Pil KB

Memiliki keluarga berencana dengan menggunakan pil KB sangat beresiko mengalami kanker serviks. Pil KB dapat menekan hormon tertentu sehingga kanker serviks semakin mudah untuk muncul. Sebaiknya pilih metode lain yang lebih aman untuk mengatur jarak kehamilan.

6. Seks dan Kelahiran di Usia Dini

Seorang wanita yang usianya masih di bawah 17 tahun sebaiknya tidak berhubungan seks dan melahirkan. Alasannya pada usia tersebut organ reproduksi masih belum terbentuk sempurna sehingga dapat meningkatkan resiko infeksi pada mulut atau leher rahim.

7. Faktor Genetik

Faktor genetik yang diwariskan dari anggota keluarga juga turut mempengaruhi seorang wanita terserang kanker serviks. Penyakit kanker serviks memang masih diperdebatkan apakah kanker faktor keturunan atau tidak, namun sifat gen yang rusak dapat diwariskan sehingga generasi berikutnya dapat beresiko terkena kanker yang sama.

Jadi itulah alasan kenapa kanker serviks bisa terjadi pada seorang wanita. Sebaiknya kita lebih peduli dengan kesehatan dan usahakan untuk menjalani pola hidup sehat. Olahraga secara teratur dan menghindari stres juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga penyakit kanker serviks bisa ditekan dan pengobatan kanker serviks bisa dihindari.

, , ,
Info Dokter

Apa kanker paling bahaya ? Mengapa ? Yuks simak penjelasan dokter spesialis Kulit dan Kelamin dari RSPAD Gatot Soebroto, jangan lupa subscribe untuk penjelasan dokter lainnya.