8 Kegiatan Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Penderita Kanker Serviks Paling Membahayakan Nyawa

Kanker serviks adalah kanker peringkat empat yang paling sering menyerang wanita. Bahkan menurut WHO, kanker serviks atau kanker leher rahim lebih sering menyerang wanita di negara-negara berkembang daripada negara-negara maju. Lalu, apa saja kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh penderita kanker serviks pada wanita? Berikut ulasannya!

Sponsors Link

Di Indonesia sendiri, terdapat sekitar 40.000 kasus kanker serviks yang menyerang para perempuan Indonesia. Berikut adalah beberapa aktivitas yang tidak boleh dilaukan oleh penderita kanker serviks, diantaranya adalah :

1. Sering menggonta-ganti pasangan

Kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh penderita kanker serviks adalah sering menggonta-ganti pasangan. Sebab hal ini adalah penyebab utama dari resiko penularan virus HPV dan kanker serviks. Bahkan, sering melakukan hubungan intim bersama pasangan tanpa menjaga kesehatan organ intim semakin mepercepat penyebaran virus. Terlebih lagi, hubungan sesama jenis membuat virus semakin menyebar.

2. Merokok (aktif ataupun pasif)

Penderita kanker serviks tidak diperkenankan merokok sebab akan menyebarkan virus hingga dua kali lipat. Resiko besar tidak hanya akan menyerang perokok aktif, namun juga berlaku bagi perokok pasif. Sebab, zat kimia yang terkandung dalam rokok akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan virus kanker semakin menyebar ke seluruh tubuh.

3. Mengonsumsi minuman berkarbonasi

Seperti kita ketahui, minuman berkarbonasi mengandung guka tinggi dan bersifat karsinogen. Oleh karena itu, saat penderita kanker serviks mengonsumsi minuman ini, maka akan membuat kanker semakin parah.

4. Mengonsumsi alkohol

Selain minuman berkarbonasi, mengonsumsi bir, alkohol atau sejenis cocktail adalah kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh penderita kanker serviks. Minuman ini akan merangsang kanker untuk berkembang lebih cepat di dalam tubuh. Selain itu, saraf dan organ tubuh lain juga menjadi rusak akibat mengonsumsi minuman beralkohol.

5. Memakan makanan pedas

Memakan makanan pedas adalah salah satu kegiatan yang harus dihindari oleh penderita kanker serviks. Sebab cabai dapat mengurangi kadar oksigen yang ada di dalam tubuh. Selain itu, makanan pedas juga mampu merangsang aktifitas bawah sadar sehingga hal ini malah semakin memperparah penyakit kanker serviks.

Sponsors Link

6. Memasak popcorn dengan microwave

Popcorn adalah salah satu makanan yang mengandung lemak cukup tinggi. Selain itu, kandungan bahan kimianya merusak paru-paru dan memperparah penyebaran kanker serviks. Sedangkan microwave dilapisi oleh bahan kimia. Jika popcorn dimasak menggunakan microwave, maka hal ini dapat membuat kanker seviks menyebar hinggga dua kali lipat.

7. Membakar atau memanggang makanan

Membakar atau memanggang makanan juga merupakan kegiatan yag harus dihindari oleh penderita kanker serviks. Sebab, jenis makanan ini bersifat karsinogen sehingga ciri ciri kanker serviks awal tumbuh cepat dan sel-sel kanker serviks dapat menyebar lebih luas.

8. Membeli makanan yang tidak benar

Saat melakukan kemoterapi, ada banyak makanan yang tidak boleh dimakan, yakni makanan yang mengandung pengawet seperti mie instan atu makanan kaleng. Sebab dalam makanan ini terdapat zat kimia yang memperparah kanker serviks. Selain itu, sayuran tauge, durian, nanas, anggur, dan kelengkeng merupakan jenis sayuran dan buah-buahan yang meningkatkan aktifitas kanker.

Demikian kegiatan yang tidak boleh dilakukanh oleh penderita kanker serviks dan semoga bermanfaat.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.