Perhatikan 5 Gejala Kanker Serviks Pada Ibu Hamil Ini!

Salah satu penyakit yang selalu mengintai wanita untuk selalu waspada adalah kanker serviks, karena kanker serviks pada wanita juga merupakan salah satu penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa wanita. Terlebih lagi jika kanker serviks menyerang wanita atau ibu hamil, kondisi tersebut pasti menjadi ancaman yang sangat berbahaya baik bagi ibu maupun bagi janin yang dikandungnya. Kemungkinan wanita hamil atau ibu hamil mengalami kanker serviks sendiri dianggap sama besarnya dengan wanita dalam kondisi tidak hamil. Oleh sebab itu, dalam kesempatan kali ini akan dibahas beberapa gejala kanker serviks pada ibu hamil yang perlu diperhatikan dan diwaspadai.

Sponsors Link

Kanker Serviks pada Ibu Hamil

Penyebab timbulnya kanker serviks sering dikaitkan dengan adanya infeksi Human Pailloma Virus atau HPV, dimana virus ini menyerang bagian leher rahim pada wanita. Dimana infeksi virus ini dapat terjadi akibat adanya kebiasaan bergonta-ganti pasangan dalam melakukan hubungan seksual, hubungan seksual pada usia dini, kekebalan tubuh yang lemah, faktor riwayat penyakit yang sama di keluarga, dan lain sebagainya.

Kanker serviks sendiri sebenarnya merupakan suatu sel-sel normal yang ada didalam tubuh yang kemudian bermutasi menjadi sel abnormal, dan tumbuh secara tidak terkendali didalam tubuh. Kondisi tersebutlah yang kemudian menyebabkan terbentuknya sel kanker. Oleh sebab itu pulsa, gejala yang disebabkan oleh penyakit kanker biasanya sulit dideteksi atau diketahui secara dini, karena memang pada dasarnya terjadi didalam tubuh dan dari sel normal didalam tubuh. Sehingga banyak kasus dimana kanker ditemukan ketika telah memasuki stadium lanjut, termasuk pula pada gejala kanker serviks.

Kemungkinan ibu hamil mengalami kanker serviks dianggap sama besar kemungkinannya dengan wanita normal yang tidak dalam masa kehamilan. Hanya saja dampak kanker serviks pada ibu hamil biasanya akan lebih berbahaya dibanding dengan pada wanita normal. Selain itu, gejala kanker serviks yang dialami oleh ibu hamil juga sama pada gejala kanker serviks pada umumnya. Apa saja gejala tersebut? berikut penjelasannya.

Gejala kanker serviks

Gejala kanker serviks pada ibu hamil di masa awal memang akan sangat sulit diketahui, hal ini juga yang terjadi pada hampir seluruh jenis kanker yang ada. Apabila gejala atau ciri-ciri kanker serviks awal tidak dapat di ketahui sejak dini dan kanker sudah berkembang atau bahkan menyebar dan memasuki stadium lanjut pada ibu hamil, pastinya akan menyebabkan beberapa pengaruh kanker serviks terhadap kehamilan yang dialami. Beberapa pengaruhnya seperti keguguran, pendarahan, dan lain sebagainya hingga juga dapat mengancam nyawa ibu maupun janin didalamnya. Oleh sebab itu, mengetahui beberapa gejala kanker serviks yang terjadi pada masa kehamilan perlu diperhatikan agar dapat dilakukan penanganan dini. Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah:

  1. Keputihan Patoligis

Gejala yang pertama adalah ibu hamil mengalami keputihan patoligis saat kanker serviks tumbuh didalam masa kehamilan. Kondisi tersebut juga sering disebut sebagai flour albus atau adanya kondisi dimana sejumlah cairan keluar dari organ intim wanita. Keputihan Patoligis pastinya berbeda dengan keputihan normal yang dialami wanita, karena apabila tidak ditangani dapat berakibat fatal.

  1. Pendarahan

Gejala kedua adalah terjadinya pendarahan pada ibu hamil, walaupun memang tidak semua pendarahan yang dialami oleh ibu hamil merupakan gejala dari kanker serviks tetapi anda juga perlu untuk tetap waspada, terutama terhadap warna darah kanker serviks. Namun pendarahan juga menjadi salah satu gejala yang umum terjadi pada kanker serviks. Oleh sebab itu, apabila anda mengalami pendarahan dari bagian miss v secara terus menerus dan tidak kunjung sembuh, maka anda juga perlu waspada dan berkonsultsi ke dokter karena pastinya dapat membahayakan bagi kesehatan anda juga.

Sponsors Link

  1. Sakit Pada Area Kewanitaan

Gejala selanjutnya adalah munculnya rasa sakit atau nyeri pada area kewanitaan. Kondisi sakit atau nyeri pada area kewanitaan karena kanker serviks disebabkan karena virus HPV yang sedang berkembang dan juga mengganggu imunitas dari tubuh anda. Sehingga dapat menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Kondisi ini juga perlu diwaspadai oleh ibu hamil, terutama adanya risiko kanker serviks pada masa kehamilannya.

  1. Nyeri Pada Saat Buang Air Kecil

Selain nyeri di area kewanitaan, kanker serviks pada ibu hamil juga bisa menyebabkan rasa nyeri pada saat buang air kecil. Hal ini disebabkan karena penyebaran virus HVP yang mengganggu kantung kemih, sehingga saat buang air kecil dapat menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil yang selalu merasakan buang air kecil disertai rasa sakit atau nyeri perlu waspada dan juga mengkonsultasikannya ke dokter kehamilan anda.

  1. Cepat Lelah dan Nafsu Makan Menurun

Gejala yang paling umum dari penyakit kanker adalah adanya kondisi dimana tubuh terasa cepat lelah dan juga nafsu makan yang menurun secara, sehingga sering berpengaruh pula pada penurunan berat badan secara drastis. Memang pada kondisi ibu hamil akan mengalami kondisi cepat lelah, tetapi apabila kedua kondisi ini terjadi di luar batas normal, maka sebaiknya waspada juga terhadap risiko kanker serviks pada masa kehamilan anda.

, , ,

Ada keluarga yang terkena kanker ? Jangan panik Silakan berkonsultasi dengan tim fakta kanker, silakan klik icon di bawah ini.

Doctors Talk

Ingin terbebas dari kanker ? Sudah saatnya rutin konsumsi herbal ini.